Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Sabtu, 31 Januari 2015

Tips Diet untuk Pemula

Tips Diet untuk Pemula. Desember tahun lalu, bapak dinyatakan terkena diabetes. Awalnya lumayan shock, tapi setelah dipikir lagi ya mungkin ini efek dari kurang menjaga pola makan. Akibatnya berat badan bapak turun drastis sampai 18 kg. Kebayang kan menyusutnya gimana? Karena bapak sakit, pola makan juga berubah. Dilarang ini itu, termasuk mulai mengonsumsi low sugar seperti tropicana slim. 

Karena sakit ini pula, ibu sering ngingetin saya untuk mulai menjaga pola makanan. Tidak asal-asalan seperti dulu. Kalau bisa malah mulai mengurangi cemilan manis. Karena memang di rumah banyak makanan manis. Btw, karena anjuran ibu, jadi saya bikin list ini. Rencananya dimulai pelan-pelan mengganti beberapa hal, meski harus setahap sih ya, nggak bisa langsung berubah drastis gitu. Namanya juga berusaha. Semoga ada perubahan ke arah lebih baik. Demi apa? Demi hidup yang lebih sehat. :) 

Banyaknya pantangan untuk diet pemula sebenarnya karena perubahan pola makan.Yang dulu biasanya makan sesukanya, hanya makanan yang disuka aja yang mau dimakan, sekarang beneran diganti. Seperti mulai menambah sayuran dalam porsi lebih banyak. Nah, ini list yang saya buat untuk pedoman rencana hidup sehat *tsah* 
  1. kurangi nasi, ganti dengan sumber karbohidrat yang lain seperti singkong, ubi atau beras merah yang lebih kaya serat dibanding beras biasa.
  2. kurangi gorengan
  3. makan buah dan sayuran, bisa digado untuk menggantikan makan besar ataupun cemilan
  4. minum air putih yang banyak
  5. mengunyah makanan sampai halus
  6. mengatur pola tidur, makin sering begadang biasanya pola makan juga berubah, jadi lebih banyak ngemil
  7. usahakan makan malam terakhir sebelum senja tiba
  8. olahraga, bisa dengan bersepeda, lari pagi, maupun shit up dan push up. 
  9. mengurangi makanan seperti cokelat dan minuman bersoda. 
Ya, segitu aja deh. Hehe. Doakan ya, semoga berhasil. :D

5 komentar:

  1. Nah ini dia. Saya masih suka sembarangan. Semua poin masih belum saya lakukan hiks -_-

    BalasHapus
  2. Aku udh sering nyoba tp gagal terus.terutama yg no 1. Kalo ga ada nasi ga rame deh rasanya hahsha.btw gud lak la semoga sukses dietnya

    BalasHapus
  3. aku udah ngurangi makan, makan malam udah stop :)

    BalasHapus
  4. Dulu waktu sekolah, sukses nerapin makan mlm sblm jam 7 mlm. Skrg ancur bgt pola makannya. Sering begadang pula :(
    Sering sih nyoba buat perbaiki pola makan, tp susyaaaah... :(

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)

Komunitas