Saturday, 11 October 2014

Tips Menang dalam Lomba Rally Blog

Saat ini, kedudukan blogger sebagai netizen yang merangkap reporter di masyarakat udah sering dilakukan. Kegiatan blogging berkembang menjadi ajang untuk promosi, selain sebagai tempat untuk berbagi pengetahuan. Nah, bagaimana jika blogging dilakukan selama beberapa hari berturut-turut? Saya pernah mengikuti event semacam ini, beberapa kali malah ya. Seseorang menyebutnya Rally Blog, karena dianggap sebagai ajang kejar-kejaran. Bisa kejar-kejaran point maupun kejar-kejaran kualitas tulisan. Hihi. Ya, anggap aja arena rally kayak di Moto JP. :D 

Rally blog yang pernah saya ikuti antara lain : 30 hari ngeblog di blogdetik, 10 hari posting tentang ASEAN, liga blogger di tahun 2013, lalu yang terakhir saya ikuti adalah parade ngeblog yang diadakan Syaamil Qur'an. Untuk liga blogger dan parade ngeblog, saya terpilih menjadi juara favorit. Untuk 30 hari ngeblog, saya bisa menembus headline sebanyak dua kali. Untuk ASEAN belum rezeki saya. :D Saya juga pernah membuat event 30 project battle challenge tahun lalu bareng mba Esti. Lumayan ngos-ngosan karena dari 30 hari saya hanya bisa tembus 10 hari-an saja. Haha. Begitu deh kalo persiapannya ala kadarnya. :P

Untuk ikut event seperti ini memang butuh persiapan yang banyak. Nah, apa saja persiapannya? 

Yuk cek di list ini : 

1. Niat : Awali dengan niat yang baik, sebab nanti akan butuh perjuangan yang lebih besar untuk sampai akhir. Banyak hambatan seputar ngeblog, misalnya : mati listrik, koneksi modem lola, salah lihat tema, lupa pasang banner, lupa kirim email, lupa ngetwit, sibuk di luar seharian, laptop rusak, gagal submit, dll. Jadi jika niatnya sudah kuat, apa pun hambatannya inshaa Allah akan jauh lebih mudah dihadapi, karena mentalnya sudah siap untuk menyelesaikan event ini hingga finish.
2. Pahami aturan main dalam event tersebut. Misalnya tema, deadline pengiriman tulisan, kriteria penilaian, dll. Untuk menjadi pemenang, ikuti apa yang diinstruksikan oleh panitia, karena mereka pasti sudah memberikan aba-aba berisi apa yang boleh dan tak boleh dilakukan oleh peserta. Dengan mengikuti aturan main, peserta bisa mempersiapkan dengan lebih baik.
3. Pahami tema besar yang diambil oleh panitia. Biasanya panitia memberikan sub tema dari tema besar yang dibagi dengan memecahnya dalam periode yang sudah ditentukan. Misalnya tentang ASEAN, akan diberikan beberapa masalah krusial tentang negara-negara anggota dan setiap masalahnya di masing-masing negara. 
4. Pahami bahwa jika event tersebut menggandeng sponsor, itu artinya akan ada pembahasan seputar 'produk sponsor' yang akan diminta dicantumkan di tulisan. Jadi misal sponsornya dari IKAPI, ada kepentingan IKAPI di sini untuk mendapatkan ide-ide segar seputar apa yang dibahas dalam parade ngeblog. Jadi, beri ide terbaikmu, karena panitia pasti mengambil ide terbaik yang dijabarkan peserta. 
5. Ambil satu saja ide yang paling beda, krusial, dan matangkan penyajiannya. Gunakan sudut pandang yang berbeda dalam mengungkapkan idemu. Ingat ya, pesertanya banyak. Kalau kamu menguasai tema, kamu bisa cerita dengan mudah dari sudut pandang yang lain. Anggap kamu panitia, tanyakan pada dirimu sendiri, apa kira-kira yang harus kamu berikan, sesuatu yang bisa memikat hati juri. 
6. Sederhanakan gagasan dalam tulisanmu, sehingga pembaca dari kalangan mana saja bisa paham.
7. Mudahkan panitia untuk mengecek tulisanmu. Misalnya : menuliskan dengan detail link fb, twitter dan postingan setiap kali mengirim tulisan. Formatnya pun seperti yang diminta panitia, sehingga mudah dicek. Buat blogmu mudah diakses dengan cepat, jadi kurangi widget yang tak penting.
8. Berdoa. Percayalah, keberuntungan bisa diundang dengan ketaatan pada-Nya. 

Nah, sudah deh. Jika sudah dipersiapkan dengan matang, kamu akan menuai hasil dari apa yang kamu usahakan. Semoga tipsnya bermanfaat ya. ;)

17 comments:

  1. Tips yang benar benar jitu mba. Excellent
    Patut dicermati dan diperhatikan buat mereka yang akan bertarung dalam lomba BLOG manapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pak. Berlaku untuk lomba blog manapun :)

      Delete
  2. kalo rally blog aku belum pernah coba karena emang waktuku sempit :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung niatnya, hehe :D Aku pas ikutan justru ada hajatan di rumah, disempet-sempetin, kak.

      Delete
  3. aku belum pernah ikutan yang kayak gitu
    mau pas single apalagi udah punya anak kyk gini, ngeblog tiap hari aja udah susah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku klo udah niat inshaa Allah hambatan apa pun bisa dilewati, mba. Ada juga yang punya anak 5 ikutan lomba pas pindahan rumah. :D Kebayang rempongnya? Hehe

      Delete
  4. waaahhh...makasih tips-nya, Ilaaa...
    kemarin2 emang saya kurang 'niat', huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tergantung niatnya, tha. Kalo niatnya kuat, temanya susah pun bakal tetap dikejar.

      Delete
  5. 2 kali ikut rally blog, ASEAN sama 30 hari di blogdetik...yg paling berkesan yg ASEAN,berasa banget jadi duta asean hahaha...tipsnya mantap mbk^^

    ReplyDelete
  6. tipsnya patut dicoba, :)
    thanks for share, :D
    salam kenal ya mbakk, jngan lupa main main ke blogku, hehehe

    ReplyDelete
  7. Awesome tips.

    Btw aul bikin giveaway lagi nih mbak ilaa..
    lumayan ada 6 buku, parfum, pembatas buku dan pulsa.

    come come come! ^^

    ReplyDelete
  8. Banyak ritualnya ya, Jeng. Dicoba satu2 nanti, ya. :)

    ReplyDelete
  9. Niat sudah ada tapi kadang tengah jalan keok heheh aku itu sih

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)