Saturday, 2 August 2014

Tips Perjalanan Sendiri

Postingan kali ini aku tulis untuk diikutkan pada Giveaway Naelil. :D Postingan Nae yang mau aku bahas berjudul Tips Perjalanan Sendiri *for the very first time*. Ya, namanya pengalaman pertama kali pasti ada rasa campur nano-nano ya. Kadang takut, kadang optimis. Makin terlihat dekat dengan tempat tujuan, makin semangat. Hanya saja, apa setiap orang pasti punya persiapan khusus sebelum perjalanan solo pertama kalinya seperti Nae? 

Nae cerita, dia melakukan perjalanan jauh dari Banyuwangi ke Banten, catet ya... sendirian! Cewek pula. Glek, kalo aku sejauh itu belum pernah, hehe. Dari perjalanan itu akhirnya dia pun punya tips untuk para pejalan tangguh yang ingin melakukan perjalanan sendiri untuk pertama kalinya. 
  1. Nggak percaya sama siapa pun, tapi kalo sendirian boleh nyari teman ngobrol. Kalo aku selama ini pernah sendirian paling jauh itu pas ke Solo. Pertama kalinya pakai kereta malam hari, aku pun masih samar siapa yang bakalan jemput karena baru kali itu ketemuan sama temenku. Di kereta ekonomi dengan jarak tempuh 8 jam yang penuh sesak, rasanya yang diinginkan hanya bisa istirahat sebentar. Asli, ga bisa tidur apalagi buat sekadar ngobrol sama orang. Akhirnya cuma bersandar di kursi, tapi ga tidur. :D
  2. Bawa minum dan camilan sendiri. Yups, sepakat. Harganya lebih murah kalo bawa sendiri. Bisa hemat dan higienis. Pengalamanku pas pergi ke Jogja, minum es di pinggir jalan, akhirnya tenggorokan sakit. Abis itu kapok kalo kepengen beli makanan atau minuman baiknya cari tempat yang terpercaya.
  3. Bawa uang kecil yang banyak. Iya, bedakan uang kecil dengan uang besar, biar aman. 
  4. Simpan uang di banyak tempat. Udah jelas ya kalo yang ini. Pisahkan di beberapa tempat. Barang penting semisal dompet berisi uang bernominal besar simpan di tempat yang sulit dijangkau orang jahat. Kalau sekarang sudah ada tas traveling khusus yang ada fasilitas resleting di bagian punggung. Bisa disimpan di situ tuh. Jadi aman kan? 
  5. Kasih nama barang bawaan. Kalau tasnya model koper bisa pakai name tag koper, kalau pakai kardus bisa ditulisi namanya. Agar jadi pembeda dengan bawaan milik orang lain. 
  6. Bawa P3K. Biasanya yang suka mabuk darat, bisa minum antimo dulu. Sediakan plastik kresek hitam, minyak kayu putih, dll. Intinya sih obatmu ya. Karena kamu sendiri yang tahu kondisi tubuhmu, apalagi kalau badan diforsir untuk melakukan perjalanan panjang, sendirian pula. 
  7. Bawa powerbank/baterai cadangan. Sepakat! Alat komunikasi itu penting lho. Soalnya aku ingat ada seorang ibu yang baterai hpnya habis justru saat dia kesasar di Solo. Jadi si ibu ketiduran pas kereta nyampe di Semarang, setelah lewat Semarang baru dia kebangun. Dia minta aku bantu smsin suami dan anaknya agar menjemput di Solo. 
  8. Aku tambahkan lagi ya. Berdandan biasa dan tidak bersikap seperti orang asing. Karena yang baju atau tampilannya kelihatan mencolok bak wisatawan kesasar, bisa dikerjai orang jahat. Orang bakal tahu kamu orang asing, kalau kamu 'gelagapan', bahasamu berbeda, atau pertanyaanmu terasa janggal. Jangan nanya sesuatu yang bisa memancing orang untuk memanfaatkan kondisimu yang sendirian. Aku pernah kelupaan soal ini. Selama ini aku santai kalo pulang dari Semarang ke Tegal sendirian baik pakai travel, bus, atau kereta pun, gpp. Karena baju yang dipakai ga ngejreng. Bawaan pun simple, 1 tas ransel dan 1 tas yang isinya oleh-oleh. Tapi pas di Bandung lupa deh. Karena agak 'asing' dengan bahasa, suasana, dll. Ya, mungkin aku mengalami culture shock. -_-" Intinya sih tetap tenang di situasi apa pun. 
  9. Gunakan hp saat penting saja, atau bisa dipakai tapi simpan di tas jadi bentuknya tidak terlihat mencolok.
  10. Tambahan lagi, kalau perjalanannya sangat jauh dan bus sempat berhenti di tempat makan(restoran), kamu bisa ikutan makan, trus ke toilet. Karena bus tidak bisa berhenti sesuka yang kita mau. Kadang ada sopir yang galak. :D 
  11. Yang penting, baca doa sebelum melakukan perjalanan. Percayalah, Tuhan bersama para pejalan. :)
Nah, itu tips perjalanan dari Nae yang pernah juga aku terapkan. 
Untuk saran blognya : ayo Nae rutinkan membuat postingan bertema setiap bulan, jadi blognya tidak sepi. Aku lihat ada 1 bulan di mana Nae menulis rutin sampai 17 postingan, ada yang 1 bulan hanya 1 postingan saja. Mungkin Nae juga perlu blogwalking agar pembacanya jadi beragam. Trus, blognya belum ada halaman 'About Me' ya? Bisa dituliskan perihal tentang dirimu, akun social media dan email yang bisa dihubungi. Biasanya sih ada agensi yang kasih job nulis dari situ lho. :D 

Diikutsertakan dalam Giveaway 1st Anniversary Naelil The Climber

11 comments:

  1. stop main hp,takut dilirik dan diincer hehehe.....

    ReplyDelete
  2. Tips memang jitu. Hal hal semacam ini memang patut diperhatikan oleh mereka yang akan mudik baik perorangan, sendiri sendiri ataupun berama ramai. Tips praktis ini terlihat remeh namun sangat bermanfaat buat mereka yang akan bepergian di dalam maupun ke luar kota. Salah satu tips yang oke banged menurut saya adalah membawa Power Bank atau charger sendiri. Power Bank adalah solusi yang jitu di saat Charger susah digunakan. Karena tidak setiap tempat ada colokan listrik

    ReplyDelete
  3. berdandan biasa dan tidak bersikap sebagai orang asing,,,,karena dandanan terkadang cenderung memancing minat orang utk berbuat jahat kepada kita...
    nice share tips....selamat berlomba..semoga menjadi yang terbaik,,,,keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  4. Ah iya! Duh, kok bisa lupa -_- Jangan lupa berdoa. Bener... bener.
    Hehee. Oke, Mba Ila. Terima kasih sarannya. Soalnya rada susah emang ya, konsisten untuk nulis beberapa postingan tiap bulannya, mengingat cuma ngandalin waktu luang. *alesan*
    Sebenarnya sudah blogwalking kok, Mba. Tapi jadi silent reader aja duh -_-
    Weh, betul juga ya. Belum kepikiran sampai kesitu, Mba. Jadi cuma kasih username twitter hehe

    ReplyDelete
  5. Iya bener tuh, kalau pakai bis bener2 memanfaatkan waktu di pemberhentian, walau ga pengin buang air kecil ya dipaksa2 hehe. Sama ini jangan minum minuman spt teh, kopi, soda, soalnya bisa memancing pengeluaran urine (air kecil) :)
    Keren Nae dan Ila, tipsnya :)

    ReplyDelete
  6. Saya juga menyediakan uang kecil kalau mbolang. Buat para pengamen. :D

    ReplyDelete
  7. Oke juga nih tipsnya

    Good luck ya

    ReplyDelete
  8. Bener banget ini semua tipsnya.
    Yang paling ngena itu yang naruh uang, bawa uang di saku tapi jangan kebanyakan, nominal dikit aja tapi jumlahnya yang agak banyak buat beli makan atau minum sewajarnya. Uang utama digembok aja dah di dalem tas.

    ReplyDelete
  9. Penting tuh mbak untuk tidak terlihat mencolok sehingga kita memang harus selalu tampil sederhana biar mudah berbaur :)

    ReplyDelete
  10. Tipsnya oke mak :) perjalanan sendiri saya paling dari Bogor ke Cimahi, dan dari Cimahi ke Bogor, hehe..gak terlalu jauh juga sih ya..

    ReplyDelete
  11. Aku pernah ke Semarang sendirian naik bus. Baca buku terus selama di perjalanan hihihi, ampe anggak berani tengak tengok. Thx tips nya mba
    salam kenal

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)