Monday, 25 August 2014

Pameran Buku : Dari Promo hingga Awarding Night

Pameran yang paling menarik bagi saya adalah Jateng Fair yang bertempat di PRPP Semarang. Setiap tahun pameran produk bergulir di event yang diadakan oleh Pemerintah Jateng ini. Bagi saya, ajang mempromosikan produk dan beragam keunikan khas Jawa Tengah akan selalu menarik minat. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata belanja, wisata argo, wisata bahari, wisata religi, wisata sejarah, serta wisata kuliner, dan multi produk swasta yang lain, dibarengi sebanyak hiburan serta bermacam rekreasi. 

PRPP dengan luas tempat yang mencukupi mampu menampung ratusan stan di Jateng Fair. Bagi pengunjung pameran seperti saya akan menyenangkan mengunjungi satu per satu stan untuk melihat produk apa yang diunggulkan. Saya sering juga mendapatkan buku-buku panduan wisata dan peta yang ditawarkan oleh stand kabupaten maupun kota yang ikut serta dalam pameran ini.
berburu buku
Berbeda dengan pameran produk yang lebih sering berisi pembagian buku panduan wisata atau flyer promo. Di pameran buku akan kita temukan aura yang berbeda. Masih tetap promosi, namun dikemas dengan cara yang menarik. Munculnya generasi gemar membaca serta cinta buku adalah faktor penting dari tumbuhnya pasar buku secara merata. Disadari oleh penerbit, buku yang terjangkau sulit diperoleh mengingat harga buku yang makin meningkat setiap tahunnya. Inflasi menggerus harga kebutuhan pokok, termasuk juga harga  buku. 

Nah, jika pameran buku, Jateng sering mengadakannya juga. Sering saat datang ke sana, pengunjung bejubel memenuhi stan, rata-rata yang menjual harga obral. Misalnya  5rb-10rb untuk 1 buku. Bisa dibayangkan keramaian yang terjadi? Ramai sekali. Membludaknya pengunjung sesungguhnya bukan hal baru. Ada daya tarik lain dalam pameran buku selain diskon buku. Misalnya :
  1. Lomba yang diadakan antar stan penerbit. Masing-masing stan berkreasi semaksimal yang bisa dilakukan agar menarik minat pengunjung. Biasanya dari IKAPI akan memberikan penghargaan pada stand-stand yang kreatif berupa trofi maupun penghargaan lainnya. Award dari lomba ini akan menaikkan branding penerbit yang memenangkan lomba tersebut.
  2. Talkshow/Seminar yang berhubungan dengan tema buku yang terbit. Misal : tema parenting maka akan diundang ahli parenting yang menemani penulis membahas bukunya di panggung umum yang disediakan oleh panitia event.
  3. Launching buku baru dengan penulis favorit, apalagi yang selebtwit. Pasti ramai. Launching ini bisa menambah daya jual buku yang akan diterbitkan.
  4. Awarding night. Penghargaan untuk buku terbaik tahun itu, berdasarkan kategori nonfiksi, fiksi, penulis pendatang baru, dll. Hal ini akan menambah minat penulis untuk menyambangi pameran buku. Sehingga penulis tidak lagi identik dengan berada di belakang layar laptop saja. Tapi juga berbaur dengan pembaca dan penulis lainnya untuk saling sharing di event seperti ini.
  5. Drop your draft book. Bagi pembaca yang memiliki obsesi menjadi penulis, cara ini membuat ia memiliki kesempatan untuk bertatap langsung dengan editor dari penerbit yang bersangkutan.
  6. Undian berhadiah/kuis-kuis di masing-masing stand. Biasanya diadakan untuk membuat pengunjung mau melewati standnya.
  7. Lomba resensi buku dan menulis cerpen. Lomba seperti ini masih banyak diminati para penulis yang ingin unjuk gigi.
  8. Lomba menggambar dan mewarnai, lomba band antar sekolah, lomba fotografi dan lomba tari siswa SD.
Nah, jika sudah banyak daya pikat yang disediakan pameran, yuk persiapkan untuk mengunjungi pameran buku di tempatmu. ;)

Artikel ini diikutsertakan dalam Parade Ngeblog IKAPI JABAR - Syaamil Quran #PameranBukuBdg2014 




10 comments:

  1. saya senengnya sambil jalan2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku biasanya sekalian kopdar sama temen2 pencinta buku, mba :D

      Delete
  2. Saya belum pernah sekali pun menghadiri pameran buku :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo diagendakan, kak. Tiap tahun banyak pameran buku, dari yang skala kecil sampai besar. Harga bukunya murah2 lho :D

      Delete
    2. Insya Allah. Mudah-mudahan setelah pulang ke Tanah Air nanti punya banyak waktu untuk mengikuti acara seperti itu.

      Delete
  3. jd kangen datang ke boofair di gedung wanita semarang deh mbak...
    bulan apa ya biasanya?

    ReplyDelete
  4. gimana caranya nih mak biar saya gak demen sama buku komik aja, tapi kata temen buku komik menyehatkan juga hehe

    ReplyDelete
  5. jadi kangen sama pameran buku,di batam g ada,di siak apalagi :(

    ReplyDelete
  6. sayangnyan di tegal ga segede itu ya mba...

    ReplyDelete
  7. aku sukanya sama buku anak kalau sekarang ke pameran buku

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)