Friday, 1 August 2014

Kritik untuk Matthiday

Icon Matthiday.com
Hai, hai. Salam kenal ya, Rahmat. Akhirnya saya ikutan Giveaway ini juga. :P Mau kasih kritik untuk blog Matthiday.com yang lagi ngadain giveaway. Naksir hadiah kotak musiknya deh. *lho* :D

Salah satu yang sering saya amati setiap kali baca blog adalah EYD si penulis. Kebiasaan ini berlangsung setelah ikutan kelas editing Mak Haya di KEB. Saya menemukan kesalahan ketik di beberapa postinganmu. Misalnya saja di postingan ini. 


“Apalagi sakitnya itu gara-gara di maki-maki, di celain, di kata-katain, lalu di buka aib-nya pula sama adik sendiri.”

Kata di maki-maki, di celain, di kata-katain, di buka itu yang benar disambung penulisannya antara di dan kata setelahnya. Di maki ditulis jadi dimaki. Di celain jadi dicelain. Begitu seterusnya. Karena kesalahan penulisan yang tidak sesuai EYD nanti akan menjadi kebiasaan sampai skripsi. Eh, kamu udah skripsi belum ya? :D

Trus, penulisan nama orang di postingan ini, seharusnya ditulis huruf besar.

“Etapi ya, setelah gue pikir lagi, kayaknya lebih banyak kesalahan ahmad dani ketimbang gue.” 

Di postinganmu itu nama ahmad dani seharusnya ditulis Ahmad Dhani. Btw, Dani atau Dhani ya yang benar? :D Merujuk pada tip SEO yang pernah aku pelajari dari teman, setiap spasi yang longgar dan penggunaan nama/kata yang salah akan berakibat pada ketidakbacaan artikelmu di google. Jadi google tidak menemukan artikelmu yang memuat keyword itu saat seseorang mencarinya di google. Misal kamu mencantumkan nama “Agnes Monica” ternyata jarimu kepleset ngetiknya jadi Agnes Mnic. Nah, ini tidak ada masuk ke hasil pencarian.

salah satu contoh kesalahan pengetikan keyword
Blogmu pun sudah bisa dijadikan buku lho. Karena beberapa postingannya sudah dipisah dan masuk kategori tertentu. Pembacamu pun sudah ada segmen sendiri. Tulisan di kategori absurd bisa dijadikan satu naskah personal literature, lalu dikirim ke Bukune atau Gagas. Apalagi kamu sudah punya icon di blogmu yang bisa dijadikan cover buku dan salah satu award dari Blogger Energy bisa jadi portofolio untuk mengajukan nilai lebih naskahmu. Nah, minat mencoba peruntunganmu di penerbitan? Sukses ya! ;)

Tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway Matthiday

7 comments:

  1. Wah teliti sekali reviewnya ya. Hiehiehiee. Memang penulisan nama orang sebaiknya, bahkan harus menggunakan Huruf Kapiltal atau huruf Besar di awalnya. Ini memang sesuai dengan ejaan Bahasa Indonesia.

    Selamat Idul fitrie.
    1 Syawal 1435 Hijriah
    Minal Aidzin Walfaidzin
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin

    Salam : Asep Haryono and Family - Pontianak. Kalimantan Barat

    ReplyDelete
  2. Membaca tulisan ini membuat saya berintrospeksi: masih sering abai terhadap EYD.

    ReplyDelete
  3. Jadi teringat kala dosen mengoreksi karya tulis untuk di ikutkan lomba KTI. Hehe
    Bedanya naskah akan di corat-coret dengan pulpen merah :)

    Salam kenal mbak ila..

    ReplyDelete
  4. Wah, kritis banget si kakak ini. Memang saya masih kurang peduli dalam tata cara penggunaan EYD. Masih bodo amatan kak. Hehehe. Btw, makasih ya udah ikutan. Tunggu pengumumannya ya! :D

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)