Saturday, 19 July 2014

Kajian Ramadhan : 10 Keutamaan Menjalin Silaturahim

            Ramadhan sudah masuk di 10 hari terakhir. Cepet banget ya rasanya. Kayaknya baru kemarin-kemarin kita menunggu Ramadhan datang dengan debar yang sungguh membuat hati ingin melonjak riang. Di antara sekian banyak perbuatan baik di bulan Ramadhan yaitu menjalin silaturahim. Baik dengan orang yang baru maupun sudah lama kita kenal. Lalu, apa saja keutamaan silaturahim sehingga Allah suka jika kita melakukannya?

  1. Silaturahim itu diperintahkan oleh Allah
  2. Menggembirakan sanak keluarga. Diriwayatkan dalam salah satu hadist, “Perbuatan yang paling utama adalah menggembirakan orang yang beriman.”
  3. Malaikat merasa gembira
  4. Mendapat pujian yang baik dari segenap kaum muslimin
  5. Membuat sedih iblis yang terkutuk
  6. Menambah umur
  7. Menambah berkah dalam rezekinya
  8. Menyenangkan orang-orang yang telah meninggal dunia, karena nenek moyang akan senang dengan adanya silaturahim yang dilakukan oleh anak cucunya
  9. Menambah kasih sayang
  10. Menambah pahala setelah ia mati. Karena silaturahim membuat orang mengingat kebaikan yang ia lakukan buat mereka selama hidup.

Nah, kamu sudah mengetahui keutamaannya? Yuk jalin lagi silaturahim dengan orang sekitar kita agar berkah Ramadhan makin terasa. :)

4 comments:

  1. bener banget selain itu yang paling super buat ku adalah silaturahmi menambah rezeki dan memanjangkan umur

    ReplyDelete
  2. subhanallah,,manfaat silaturahmi memang sungguh luar biasa,,,

    ReplyDelete
  3. Menjalin silaturahmi kini, di abad cyber sekarang ini, jauh lebih mudah,. Hanya dengan duduk manis di depan komputer saja, sodara dan sanak family di tempat yang jauh bisa dengan mudah dilakukan. Itulah gunanya sosial media. Manfaatnya yang saya rasakan adalah merasa "dekat" dengan sanak keluarga, dan handai tolan serta kerabat di tempat yang jauh. Bersilaturahmi melalui internet juga bisa kan

    ReplyDelete
  4. Waktu memangcepat berlalu ya, nggak terasa

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)