Quote of The Day

“Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebaikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai anak cucuku. Sungguh aku bertobat kepada-Mu dan sungguh, aku termasuk orang muslim.” (Q.S. al-Ahqaf: 15)

Thursday, 31 July 2014

Irhamna, ya Allah

Di antara sekian banyak drama yang terjadi setahun yang terlewat, semoga hanya kasih sayang-Mu lah yang membuat semuanya ada. Hanya yang terbaik yang diinginkan Allah pada setiap perjalanan hidupku. Dengan warna-warni pelangi dan hujan yang seringkali membuat aku tidak tahu harus bagaimana mengekspresikan perasaan. 

Irhamna, ya Allah....

Wednesday, 23 July 2014

#BGANia : Hajatan Adek Cowok

Agustus bulan penuh bahagia karena ada salah satu anggota keluarga yang akan punya hajatan (khitan) dan berulang tahun pula. Awalnya memang diniatkan khitan dulu baru deh syukurannya setelah sembuh. Tanggal 13 itu Ilham khitan, dan ulang tahunnya tanggal 27 sekaligus syukuran. Hehe. Dibilang rempong ya, gitu deh. Ribet pesen undangan, pesen makanan, nyiapin dekorasi, dll. Apalagi ini adek paling kecil yang emang demen banget riwil tentang segala sesuatu. :D Pas dibilang nanti mau dikhitan, dia udah heboh minta “Nanti aku undang temenku juga ya.“ Hahaha. Yaudah deh, entah berapa yang mau dia undang dateng ke rumah. Temen sekolah dan temen madrasah yang juga temen main di rumah.

Bersetia

Betapa tipisnya batas antara sabar dan amarah.
Betapa tipisnya batas antara gelap dan terang.
Betapa tipisnya batas antara hidayah dan jalan kelam
dan betapa betapa yang lainnya yang urung saya sebutkan.

Tuesday, 22 July 2014

Dieng : Pesona Negeri di atas Awan

Pegunungan sekitar Dieng
Wonosobo berasal dari dua kata yaitu Wono dan Sobo yang artinya mengunjungi. Wonosobo berarti sebuah kawasan hutan yang bergunung-gunung dan memiliki keunikan serta keindahan alam yang mampu menarik minat orang untuk mengunjunginya. Kota ini dikenal dengan semboyannya yaitu Wonosobo Asri (Aman, Sehat, Rapi dan Indah).  (sumber : Panduan wisata Jawa Tengah)

Dataran tinggi Dieng di daerah Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu destinasi yang saya favoritkan selama empat tahun terakhir. Alasannya saat ke sana, itulah pertama kalinya saya pergi jalan-jalan pakai gaji sendiri. Sewa mobil pula, jadilah boros bener. Hihi. 

pemandangan dari dalam mobil

Buku vs Ebook

Salah satu alasan mengapa saya berburu buku dari hadiah kuis adalah karena harga buku yang makin tinggi. Rata-rata malah sekarang rangenya antara 50-70 rb. Itu minimal loh. Yang tebel lagi biasanya nyampe 100 an. Haha. Kebayang kan berapa uang yang harus dikeluarkan kalo tiap bulan beli minimal 6? 

Buntelan Juli 2014

CD dan Buku Simfoni Satwa dari DTS Voice, bilingual
Alhamdulillah, masih dapet rezeki dari kuis. Qiqiqi. Padahal iseng aja. :D

Saturday, 19 July 2014

Mengintip Makan Pagi ala Pengunungan Alpen di Dunia Ely

Mengintip Makan Pagi ala Pengunungan Alpen di Dunia ElySaya kenal blog DuniaEly udah lama, lupa kapan. Seingetku pas itu mba Ely mention link di twitterku. Sebuah link undangan untuk diskusi di blognya dengan satu blogger sebagai host tamu. Habis itu, saya kadang menyempatkan komen di blog mba Ely. Ternyata dulu mba Ely blognya di wp, sekarang sudah ganti di domain sendiri. 

Valentine ala Agus Mulyadi

Meme valentine ala Gus Mul
Pas tadi saya buka twitter, ada twit @bentangpustaka tentang buku Agus Mulyadi alias Gus Mul yang baru terbit. Judulnya lucuuk! Jomblo tapi Hafal Pancasila. ;)) Saya jadi ingat kejadian Februari lalu pas Valentine, awal mula saya kenal blognya.

Kajian Ramadhan : 10 Keutamaan Menjalin Silaturahim

            Ramadhan sudah masuk di 10 hari terakhir. Cepet banget ya rasanya. Kayaknya baru kemarin-kemarin kita menunggu Ramadhan datang dengan debar yang sungguh membuat hati ingin melonjak riang. Di antara sekian banyak perbuatan baik di bulan Ramadhan yaitu menjalin silaturahim. Baik dengan orang yang baru maupun sudah lama kita kenal. Lalu, apa saja keutamaan silaturahim sehingga Allah suka jika kita melakukannya?

Friday, 18 July 2014

Puthut Kurniawan : Relawan KBT Bagi-bagi Takjil dan BASUH

            Bersedekah dengan berharap balasan kebaikan dari Allah itu baik, tapi lebih baik lagi jika kita bersedekah sebagai wujud syukur kepada Allah. Bersyukur bahwa Allah maha baik memberi karunia berupa napas hidup, keluarga yang dicintai, kecukupan harta dan nikmat iman dalam agama Islam. Bagi orang yang percaya bahwa ketika kita memberi pada orang lain itu Allah pasti membalas, amat mudah Allah menggerakkan hatinya untuk bersemangat menebar kebaikan di sekitarnya.

Wednesday, 16 July 2014

Masjid Baitul Hidayah Tegal


Sengaja menyambangi masjid ini karena penasaran dengan arsitekturnya yang unik. Kubahnya kelihatan dari jalan raya Perintis Kemerdekaan. Masjid Baitul Hidayah yang terletak di kampung sebelah yaitu di RW 16 Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal ini memiliki CCTV di samping masjid. Meski ukurannya kecil karena dibangun di kompleks perumahan padat penduduk, masjid ini ramai oleh para jamaah. Masjid ini pun pernah dikunjungi oleh Kapolres dalam rangka Safari Subuh. Foto ini diambil menggunakan kamera Casio Exilim EX-ZS6, tanggal 16 Juli 2014.


Sunday, 13 July 2014

Dimuat di Kompas 13 Juli 2014


Alhamdulillah, akhirnya resensiku untuk buku Itoko ingin Diet dimuat juga
Dimuat di Kompas tanggal 13 Juli 2014 setelah nunggu 2 bulan, hehe. 
Makasih Lana dan Mak Haya yang ngabarin berita ini. ^^
Resensi lengkapnya bisa dibaca di Resensi Kiky

Saturday, 12 July 2014

Kajian Ramadhan : 5 Hal yang Merusak Ibadah Puasa

      Taqwa adalah derajat tertinggi yang ingin diperoleh manusia yang beribadah pada Allah. Allah memandang kepada nilai keikhlasan dari ibadah yang dilakukannya. Dzikir kepada Allah, tangannya dijaga untuk tidak berbuat maksiat, yang akan selalu dijaga untuk selalu berbuat kebaikan.

Kajian Ramadhan : Tata Cara Membayar Fidyah dan Zakat

            Puasa Ramadhan bagi setiap muslim yang sudah akil baligh adalah hukumnya wajib. Namun, ada beberapa orang yang mendapatkan keringanan ketika tidak bisa melaksanakannya misalnya : sakit, wanita menyusui, maupun hamil. Jika tidak bisa berpuasa, maka ia bisa membayar hutang puasanya di bulan lain.

Friday, 11 July 2014

Cara Menampilkan Keyboard on Screen

Sejak laptop Acerku beneran mati, saya jadi mengurangi aktivitas nulis di blog dan jarang juga ol di socmed. Saya baru bisa makai laptop satunya kalo pas si lepi lain lagi nganggur. Tapi kemarin ada hal yang bikin gemes. Laptop mendadak rusak keyboardnya, pas pencet huruf ‘p’, huruf itu ga mau muncul juga. Hadeh. Akhirnya saya googling di google. Katanya sih ada cara buat menampilkan keyboard on screen. Jadi kayak keyboard biasa, hanya saja ini virtual. Muncul di layar ketika kita mengaksesnya.

Thursday, 10 July 2014

Kajian Ramadhan : Keutamaan Pahala Puasa

Rasulullah SAW bersabda, 
"Allah berfirman, ‘Semua amal anak Adam untuknya kecuali puasa. 
Ia untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya." 
(HR. Bukhari, 1761 dan Muslim, 1946 dari Abu Hurairah ra)

Ketika semua amal untuk Allah dan Dia yang akan membalasnya, maka para ulama berbeda pendapat dalam firman-Nya, "Puasa untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya."

Blogger Favorit

Pas rame-rame Liebster award tempo hari, ada temen blogger yang ngetag aku lagi yaitu mak Rodame. Mak nanya tentang siapa blogger favoritku. Kalo favorit itu artinya aku selalu baca tulisannya, mau ngacak-acak isi blognya dari awal sampe akhir dia nulis, kayaknya cuma hitungan jari deh. Sayangnya yang begitu itu sih udah jarang adaaa. Kebanyakan udah jarang update, sekalinya update 1 bulan sekali. Wkwk. Kadang pun, yang aku favoritkan malah seringnya ga pernah aku komen. Hahahaha. Semacam secret admirer gitu. :))

Wednesday, 9 July 2014

Gempita Pilpres

Pilpres kali ini rameeee. Dari mulai pengenalan calon, kampanye, debat, sampai quickcount ini bener-bener deh. Bikin saya ngeri juga kalo ada yang ngebet jadi presiden tapi ternyata ga menang. Takut nanti ada perang baratayudha. Heuheu.

Dongeng Semusim


Mungkin, awalnya kita nggak tahu siapa jodoh kita sampai kita bertemu. 
Tuhan tahu kita tidaklah sempurna, tapi menjadi sempurna saat bersama. 

~ Dongeng Semusim - Sefryana Khairil~

Sunday, 6 July 2014

Kajian Ramadhan : 3 Kualitas Berpuasa menurut Imam Ghazali

Bulan Ramadhan dikenal pula sebagai bulan untuk berinstrospeksi diri. Maksudnya adalah kita menilik kembali kualitas ibadah kita selama sebelas bulan sebelumnya. Adakah yang perlu ditingkatkan? Adakah sikap dan sifat buruk yang perlu dihilangkan? Benarkah selama ini kita sudah termasuk orang yang baik? Benarkah aktivitas selama ini kita sudah tergolong orang-orang yang diridhai Allah? Jika ada hal yang perlu diperbaiki, kita akan membuat perubahan yang banyak di bulan Ramadhan ini.

Kajian Ramadhan : Cukuplah Kematian sebagai Nasihat

"Cukuplah kematian sebagai nasihat."

Setiap amalan seorang di dunia akan dicatat oleh malaikat. Baik ataupun buruk, apa pun itu. Apa yang terpikirkan olehmu saat pertama kali mendengar perihal kematian seorang terdekatmu? Kalau saya, merinding pastinya. Bukan hanya merinding tapi juga membayangkan apa yang akan terjadi setelah itu jika saya mengalaminya. Terpikir juga catatan apa yang akan saya tinggalkan nanti, kebaikankah atau lebih banyak keburukan?

Friday, 4 July 2014

Kajian Ramadhan : Nasakh dan Mansukh dalam Al Qur’an

Nasakh dan Mansukh dalam Al Qur’an

“... Kecuali untuk Kami mengetahui siapa yang mengikuti Rasul, dan siapa yang berbalik kepada akidahnya semula.”

Nasakh dan mansukh adalah mengalihkan hukum syariat dengan hukum baru. Ini terjadi pada zaman Nabi Muhammad berdakwah untuk menyeru pada Islam. Para sahabat yang masih awal menerima syariat saat itu pelan-pelan harus menerima aturan yang ditetapkan oleh Islam jika mereka masuk sebagai muslim. Masalah muncul ketika aturan tersebut dirasa memberatkan. Pernah ada kasus nasakh dan mansukh yaitu perubahan arah kiblat. Ada yang mengira bahwa Allah plin-plan, karena mengubah apa yang sudah ditetapkan.

Kajian Ramadhan : Berkah Ramadhan

Ramadhan datang, alam pun riang menyambut bulan yang berkah.

Sebuah lantunan lagu yang akan selalu mengingatkan kita bahwa Ramadhan telah hadir. Ada sebuah riwayat mengatakan bahwa, ada angin yang hanya bertiup di bulan Ramadhan. Namanya angin masiroh. Bulan Ramadhan merupakan bulan di mana umat Nabi Muhammad mendapat anugerah langsung dari Allah bahwa pintu surga dibuka untuk para orang yang berpuasa. Allah berfirman langsung kepada malaikat Malik.