Thursday, 2 January 2014

[1Hari1Ayat] Jangan Judge Tuhanmu

Q.S. Yunus 10:44

Sesungguhnya Allah tidak menzalimi manusia sedikit pun. Tetapi manusia itulah yang menzalimi dirinya sendiri. (Q.S. Yunus 10: 44)
“Kalo duduknya anteng, ya ga bakalan jatuh. Tapi kalo duduknya angguk-angguk ya bakal jatuh.” Suara bapakku terdengar dari kamar. Ternyata ada anak tetangga yang main ke rumah di musim liburan seperti sekarang. Namanya anak kecil ya kadang suka eksperimen yang terkesan biasa aja padahal kadang membahayakan diri sendiri. Termasuk duduk di kursi plastik yang digoyang-goyangnya sendiri, akhirnya jatuh. Bersyukurlah hanya jatuh aja, belum sampai berdarah atau lecet.


Ya, seperti juga kemarin saya periksa ke dokter. Terus, kata dokternya, saya sakit nyeri di pinggang dan perut panas itu karena katanya kurang minum. Reaksi pertama saya waktu denger diagnosa dan saran dokter itu cuma, “Oh, gitu, dok?” Saya akui, saya yang salah. Belakangan memang hawa dingin mulai menyergap kotaku, Tegal dari awal bulan Desember sampai sekarang. Jadi karena hawanya dingin itu saya jarang minum. Kerasa panas juga enggak, kecuali pas keluar rumah di siang yang teramat terik. Itu kerasa banget panasnya. Tapi kalo di rumah karena atapnya pake atap anyaman bambu dan pake kipas angin juga, jadi adem di dalam ruangan. Efeknya, saya ga ngerasa panas, ga ngeluarin keringet. Lupa kalo tubuh perlu minum juga. Paling minum kalo pas habis makan aja. Kalo dihitung berapa air minum yang diminum seharian? Mungkin 3-4 gelas aja. Itu pun kalo inget. Saya lebih tahan ga minum, dibanding nahan makan.

Sakit seperti yang anak kecil itu rasakan ataupun yang saya rasakan adalah salah satu bencana yang ditimbulkan oleh diri sendiri. Saya baru tau setelah baca terjemahan ayat surat Yunus ayat 44 ini. Saya yang zalim sama diri sendiri karena  mengabaikan hak tubuh untuk nerima asupan zat yang dibutuhkan sesuai porsi.  Terkadang yang seperti ini sepele, lalu menyalahkan takdir. Padahal takdir juga bisa dibentuk oleh pilihan hidup, mana yang baik pilihlah. Dengan begini, saya juga tahu diri untuk memberi hak tubuh agar bisa tetap sehat. Agar saya tidak lagi menyalahkan Tuhan karena kelalaian yang saya lakukan sendiri. Semoga saya segera sembuh, aamiin. Doanya, temen-temen. Maaf juga kalo banyak salah selama ini ya. :)

6 comments:

  1. wah peringatan juga buat aku nih Ila , kadang suka lupa minum

    ReplyDelete
  2. wah, sama mbak, aku langsung kerasa kalau kurang minum. pinggang belakang pegel bangeeet. -_-
    Akhirnya harus digempor minum, yah walau[un harus bolak balik ke kamar mandi :D

    ReplyDelete
  3. sama kak, akhir2 ini jg sering akit perut dan kata dokter kurang minum.. ^__^

    ReplyDelete
  4. Wah keren nih,1 hari posting 1 ayat gt yaaaa...
    Iya,kl sy ngajarinny ke anak2 lwt warna air seni,kl dah pekat tandany minumny hrs ditambah..Alhamdulillah slama ini mrk menjalnkan la

    ReplyDelete
  5. penyakit datang dari kita sendiri,,

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)