Wednesday, 11 September 2013

Stasiun Semarang Poncol Benahi Pelayanan Publik

charging corner di stasiun Poncol

Stasiun Semarang Poncol Benahi Pelayanan Publik. Alhamdulillah, setelah berjibaku dengan urusan di Semarang, akhirnya sore hari, aku bisa pulang juga. Agak ribet tapi alhamdulillah, lancar. Karena Pak Dekan lagi ke Lombok urus Pimnas, jadi aku putuskan untuk pulang ke Tegal aja dulu. Tinggal nunggu hari Senin buat ambil berkas yang udah ditandatangani. Habis dari kampus, aku ke gramedia pandanaran, numpang shalat dan beli tiga buku. Pengen beli yang banyak sekalian. Haha. Tapi ntaran aja deh kalo ke sana lagi. Moga aja ada rezeki lagi. Aamiin :P

ada penunjuknya, jadi kalo bingung bisa nanya juga ke petugas atau liat penunjuk ini
Dari pandanaran, aku lanjut ke stasiun jam 2-an. Kok cepet jam segitu? Ya, karena ngira jam 4 sore udah berangkat keretanya :D Eh ternyata jam 5 sore baru berangkat. Btw, pas ngantri itu, antriannya sepi sih, masih lenggang. Setelah pesen tiket dan bayar, langsung disuruh masuk ke ruang tunggu.

langit-langit di ruang tunggu stasiun

Salut sama pemerintah kota Semarang dan terutama pihak PT KAI. Karena sekarang Stasiun Poncol benar-benar nyaman. Bisa duduk dan nggak lesehan lagi kayak zaman dulu waktu masih mahasiswa. Hahahaa.

papan berisi jadwal kereta api
Aduh, dulu tuh kalo nunggu kereta dateng dari Tegal pasti calon penumpang pada slonjoran di deket rel. Bahaya? Pastinya. Apalagi arus manusia yang masuk dan keluar dari stasiun bener-bener banyak dan membludak. Kayak nggak bisa dibendung aja. Sekarang udah diberlakukan satu pintu saja untuk masuk dan satu pintu untuk keluar. Jadi nggak akan ada acara berdesak-desakan lagi buat orang yang baru keluar dari gerbong. Biasanya kan orang kalo keluar dari gerbong kereta udah diserbu sama penumpang yang mau naik. Hadehh, bener-bener deh dulu derita banget kalo naik kereta.

kursi-kursi, nyaman lah, malah ada yang tiduran di sana. hahaha

Sekarang alhamdulillah, nyamaaaaaaaaaann :D

*yippiie, makasih, Pak Petugas* :D

kursinya lebih banyak dari stasiun Tegal hehe

Trus, setelah masuk ke ruang tunggu, aku jadi tahu apa aja perubahan yang ada di stasiun Poncol ini. Lumayan banyak juga ternyata. Sekarang udah ada fasilitas charger baterai corner, dua televisi, kursi-kursi berderet untuk calon penumpang yang sedang nunggu kereta api nyampe ke stasiun, daftar jadwal keberangkatan kereta, ada toko roti juga deket situ, ada mushala dan kamar mandi,  ada atm dekat ruang tunggu. Truuus, ada petugas yang jaga juga yang bantuin ngecapin tiket sesuai dengan identitas di KTP, jadi penumpang hanya boleh masuk setelah diperiksa.

Duluuu, wah... susah kalo mau masuk ke stasiun. Berdesak-desakan, udah gitu ga teratur. Rawan banget kecopetan. Sekarang penumpang keluar lewat pintu keluar, dan calon penumpang pun bisa masuk hanya lewat pintu di ruang tunggu. Jadi ya, nyaman aja arus manusianya lebih terkendali. Hehe. :D


Trus, setelah naik kereta, keretanya juga enak. Ada AC dan ada keterangan di dinding gerbongnya sebagai penanda kayak di Bank itu lho yang bisa berjalan, apa sih ya namanya, lupa. Ada tulisan gini, misal Kereta Semarang-Tegal PP, maka ada tulisan kereta itu udah nyampe stasiun mana. Jadi, santai aja kita bisa tahu perjalanan udah nyampe mana, Hehe.

nah, yang ada merahnya itu, papan penunjuk tempat yang udah dilewati
stasiun poncol
langitnya cantik. subhanallah~
Trus juga petugas yang jual makanan sekarang pake troli. Duluuu, petugas bawa makanannya ditenteng pake tangan. Hahaha. Berasa banget kan bedanya, sekarang juga stasiun membatasi pembelian tiket sesuai dengan kapasitas gerbong dan tiga menit sebelum kereta berangkat sudah tidak melayani pembelian tiket. Trus ada tong sampah juga untuk membuang sampah bungkus makanan/minuman. Petugasnya juga rajin bersihin 10 menit sebelum kereta berhenti di stasiun terakhir. Jadiii, sekarang kalo suruh milih kereta atau travel? Aku milih kereta aja. :D

pemandangan dari jendela kereta :D
Makasih, pak petugas atas kenyamanannya. xD

See you next post! ;)

5 comments:

  1. banggettt mbaaa....sayangnya aku pas balik ke tegal pake kereta yang subuh plus kaki yang cedera jadi ga bisa lebih santai menikmati stasiun..sekarang memang jauh banget berbeda ya...tapi sayangnya kursinya bikin pusing mba...hehehehe...kapan stasiun tegal kayak gitu ya...kursi buat nunggu penumpang kurang bangettt

    ReplyDelete
  2. uwah,bener2 nyaman bangettt ya mbk.blm pernah ke semarang,pernah dulu waktu kecil :D

    ReplyDelete
  3. Jadwal yang di papan itu tentunya selalu update dong ya, MBa. .

    Saluut, kinerjanya tambah baik. . .

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah sekalipun ke stasiun Poncol mbak, Ah~ lihat liputan mbak ila jadi pengen ke sana :)

    ReplyDelete
  5. serkrang semunanya nampak berubah kan jaman semakin canggih baik dari sisi teknologi dan sisi lainnya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)