Tuesday, 18 June 2013

Time is Money

Selama sebulan ini, aku bekerjasama dengan publisher dari Singapura. Pertamanya sih ga terlalu yakin juga tentang publisher ini. Apalagi klien mereka adalah perusahaan dari Indonesia. Kok ya mau-maunya bayar mahal untuk agensi marketing dari negeri tetangga ini? Ternyata memang standar kualitas perusahaan klien dan perusahaan agensinya termasuk tinggi. Ya jadi mereka maunya hasilnya juga bagus. Aku kerjain job hari itu, feenya langsung ditransfer hari itu juga. Mantap ya? Banget. Apalagi feenya lumayan besar.

Ada beberapa hal yang aku amati dari publisher ini yang aku sukaa banget :D
  1. Time is money : Prinsip ini benar-benar berlaku. Mereka hanya mau menghabiskan waktu untuk sesuatu yang menghasilkan uang. Pernah aku ngeyel soal pembayaran yang kok harus via paypal sih? Kok gini kok gitu. Kata mereka, kalo paypal bisa hari itu juga langsung ditransfer. Kalo via bank harus nunggu diproses dulu. Ya, mereka maunya cepat.
  2. Komunikatif : kalo ada yang memang ga sreg, bisa dibicarakan. Benar-benar dicari solusi terbaik. 
  3. Efektif : cepat ngerjain artinya ga habisin waktu. Jadinya bisa ngerjain banyak hal dalam waktu yang udah ditentukan. Mereka termasuk tipe praktis. Kalo bisa selesai dalam waktu cepat, kenapa harus ngulur waktu lama? Itu juga yang bikin mereka menghargai orang lain. Jadi feenya ya cepet dikirim. 
  4. Tepat sasaran : strategi marketing mereka menurutku bagus. Jarang ada sih perusahaan Indonesia yang pake sistem begini. 
Jadi mikir, hehe. Apa di sana ada ya orang-orang yang galau karena masa lalu? #eh 
Soalnya waktu buat mereka adalah uang. Sama sih kayak prinsipnya orang China yang selama ini aku kenal. Pantas aja negara mereka lebih maju dibanding negara kita. Lha, negara kita kebanyakan galaunya. xD Wajar aja kalo ekonomi kita kalah bersaing dan dianggap jadi warga negara dunia kelas ketiga yang ga ada apa-apanya. Mentalnya pun masih ya, perlu dipertanyakan(?). 

*jadi evaluasi diri sendiri* Fufufu. 

Tegal, 180613, 19:32

13 comments:

  1. sampe pagi gini,komentarku belum muncul ya. selamat pagi dan sukses selalu

    ReplyDelete
  2. eh ternyata langsung muncul, padahal kemaren itu sy bilang gini: semangat menulis, dan tetep waspada. karena beberapa waktu lalu ada blogger yg ingin diterbitkan tulisannya di sebuah publisher, dan ternyata, si blogger merasa ditipu karena bukti pengirimannya tidak ada. entah masalah ini sudah selesai apa belum. tetep semangat menulis. salam sukses selalu. untuk komentar pertama boleh lah dihapus ama mba ila rizky

    ReplyDelete
    Replies
    1. publisher mana itu, kak? wah, baru tau ada yang begitu.

      aku beberapa kali pake publisher berbeda alhamdulillah, mereka amanah. begitu selesai job langsung transfer fee. untuk yang singapura ini udah 3 kali payout. memang harus tetap waspada, apalagi kita modalnya kepercayaan. makasih sharenya, kak :)

      Delete
    2. gak enak disebutnya. makanya blogwalking, jangan seperti katak dalam tempurung. ulasan dan kronologisnya udah pernah ditulis di blog 'korban', mana pelakunya dari organissi kepenulisan nasional. sempet ribut juga di fesbuk. begitu pantauan saya. selamat sukses, super sekali. ditunggu kunjungannya di blog sy

      Delete
    3. eh, organisasi kepenulisan nasional, kak? jadi penasaran. yang mana ya? soalnya aku emang belum pernah tau soal publisher yang begitu.

      Delete
  3. ini yang kaka DM kemaren ya kak?
    :)

    Jadi penasaran banget deh sama publisher yang kak ila maksud. pengen pengeenn :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, yang kemarin aku DM-kan, Aul. hehe. kemarin udah ada 2 temen yang reviewnya diterima dan udah dibayar langsung. mungkin yang punya Aul nunggu antrian emailnya ya, rutinkan aja dicek emailnya. smg secepatnya. :)

      Delete
    2. DM juga dunk mbak, jd ikut penasaran neh.

      Tp klo blm pny paypal, hrs bikin dulu dunk # gk pny credit card

      Delete
    3. bisa pake vcc kalo ga punya credit card, mba Rie. ntar diverifikasi dulu, baru bisa dipake. gimana, mba?

      Delete
  4. wahhh.. penasaran pengen nyoba la, negara tetangga...hmm.. gmn caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah aku kirim di inbox ya, mba dwi :D

      Delete
  5. oh, sayang PR ku belom naik..
    huhuhu

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)