Friday, 28 June 2013

Belanja Online : Praktis, Aman dan Lancar

Belanja Online : Praktis, Aman dan Lancar. Sejak empat tahun terakhir, saya termasuk pembeli yang memilih berbelanja melalui website online. Salah satu yang saya sambangi adalah toko buku dengan website terpercaya yaitu Bukukita.com. Saya memilih bukukita.com karena iklannya sering tersebar di iklan banner PPC saat saya mampir di blog teman. Seiring kesibukan saya yang padat, saya memilih alternatif belanja online ini sebagai pilihan kedua jika saya tidak punya banyak waktu untuk berbelanja di toko buku konvensional. 


buku yang saya beli : tiga tentang beasiswa, satu tentang traveling
Bulan ini, saya mencari buku tentang beasiswa luar negeri. Ada beberapa alternatif judul, setelah saya sortir, saya pilih 3 judul. Dan ternyata saya masih bisa membelinya lewat bukukita.com dengan harga yang murah karena mereka sedang memberi harga diskon bazar untuk buku-buku tertentu. Saya tidak bisa menemukan buku yang saya perlukan di toko buku di Tegal, karena buku yang saya butuhkan memang buku terbitan lama. 

paketnya setelah sampai. :D
Toko buku online memang mempunyai link dengan jaringan penerbit mayor mana pun di Indonesia, sehingga saya bisa membeli buku yang bahkan sudah diretur alias sudah tidak terdisplay di toko buku. 

Ada aturan begini dalam penerbitan: ada masa tiga bulan untuk membeli buku di toko buku konvensional. Jika laris, maka buku akan dicetak ulang sesuai permintaan. Namun, jika tidak, sisa buku akan dikembalikan ke gudang. Artinya mau tidak mau jika status bukunya tidak terlalu laku/ tidak best seller, maka pihak toko buku konvensional akan mengembalikan buku tersebut ke gudang penerbit. Nah, stock buku-buku yang sudah tidak terdisplay itu masih tetap bisa dibeli hanya melalui toko buku online. Seperti kasus buku ShitLicious yang penulisnya terkenal justru setelah dia aktif di jejaring socmed, maka pembeli buku hanya akan bisa mendapatkan buku tersebut via toko buku online. 

Di toko buku online bukukita.com, member juga bisa memesan buku import yang berasal dari luar negeri. Untuk yang ini, saya belum pernah mencobanya. 

packing paket buku rapi diselotip di bagian tepi-tepinya

Saya juga memilih bukukita.com karena kemudahan dalam pemesanan dan juga sistem pembayaran. Saya membayar lewat teller bank BNI. Tidak ada biaya administrasi tambahan untuk pembayaran lewat bank kecuali ada tambahan berita. Saya pikir saya akan mengonfirmasi sendiri, jadi saya tak perlu menambah biaya administrasi dengan menambah berita "pembayaran untuk pembelian buku ila"

Setelah saya membayar buku tentang beasiswa tadi, saya belum sempat mengonfirmasinya karena terjebak hujan deras. Waktu saya cek di email, ternyata sudah ada email pemberitahuan bahwa invoice saya sudah tercetak dan pembayaran sudah lunas. 

Ada Invoice dalam paket yang dikirim kepada saya
Saya lega sekali, pembayaran saya tidak perlu melalui tahapan yang rumit apalagi jika harus scan bukti transfer. Setelah membayar, saya harus menunggu selama 2 hari untuk proses pemesanan di penerbit. Setelah itu pengiriman barang menggunakan kurir Tiki, termasuk cepat, 2 hari sampai ke rumah saya.

Pertimbangan lain saat membeli di toko buku bukukita.com dibandingkan dengan toko buku online yang sejenis adalah karena ada kejelasan bagaimana sistem kerja mereka. Para karyawannya memiliki jam kerja yang teratur seperti jam kerja kantor pada umumnya. 

Testimoni pelanggan juga saya perhatikan sebelum memutuskan untuk memilih membeli buku di sana. Saya juga mempertimbangkan hanya buku-buku tertentu yang tidak bisa saya temukan di toko buku konvensional yang akan saya beli. 

Saya pernah menghilangkan 3 buku di perpustakaan kampus padahal saat itu seharusnya saya sudah mendaftar wisuda. Hasilnya, saya tertahan untuk mendaftar hanya karena buku tersebut hilang. Saya harus mengganti buku yang ada. Bukukita.com benar-benar jadi referensi pustakawan yang menemani saya memilih buku yang saya perlukan untuk saya ganti. Jika pun saya tidak mendapatkan buku dengan judul yang sama, saya tetap boleh memilih buku yang dia cari di database judul buku di bukukita.com dengan keyword yang serupa misal : database SQL. 

Dengan membawa judul buku yang dipilih di bukukita.com, saya pergi ke Gramedia dan mencari buku yang diperlukan. Jadi, dalam kertas yang saya pegang ada dua judul buku. Buku yang hilang dan buku yang dicadangkan sebagai buku alternatif pengganti. Kata pustakawannya, asal judul bukunya dengan keyword yang sama, saya boleh ganti dengan judul tersebut. 

Saya akui, database bukukita.com termasuk akurat dengan memasukkan semua unsur yang diperlukan dalam sebuah buku, Seperti keyword pencarian, judul buku, ISBN, nama pengarang, nama penerbit, sinopsis, dsb. Sehingga sang pustakawan bisa memutuskan apakah memang isi buku tersebut mirip dengan buku yang hilang. Dan saya berterimakasih sekali untuk hal ini karena database yang akurat, saya bisa menemukan buku yang saya perlukan hari itu juga.

Kendala dalam berbelanja online ada, yaitu saat saya memesan buku ternyata stocknya habis di gudang. Saya ditawarkan untuk menunggu sampai buku ada, mengganti dengan judul lain, atau uangnya dikembalikan sebagai garansi yang ditawarkan oleh mereka. Saya memilih untuk mencari judul alternatif lain dan segera setelahnya buku saya diproses seperti biasa. 



10 comments:

  1. Terima kasih sudah berpatisipasi dalam Arr Rian's Giveaway...

    Yes! terdaftar sebagai peserta :D

    ReplyDelete
  2. Sy juga termasuk pelanggan toko online mbak Ila.. Dan jg pernah belanja di bukabuku, memang pelayanannya memuaskan ya.. :-)

    Sukses kontesnya ya Mbak Ila :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belanja di bukukita, mba thia. hehe
      aamiin. makasih doanya :)

      Delete
  3. saya jg hobi blanja buku online :) tp klo di bukukita blum pernah nyobain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bukukita adminnya bagus pelayanannya, mba. makanya aku langganan di sana. :D

      Delete
  4. Ratuuu Bukuuuuuuuuuu. . .

    Setelah selesai kuliah, saya jarang belanja buku, Jeng. .. :D
    Saya lebih memilih ke Gramedia ajaah, meski harus ke jogja. Itung2 skalian refreshing. .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. opo buku2ku tak dol wae yo, mbak? :P
      nek ke jogja berapa biayanya, mba? jauh juga ya. nek aku sih lebih milih beli ol. hehe

      Delete
  5. Ngilangin 3 buku? Kok bisa?
    hehe...

    Terima Kasih udah ikutan Arr Rian's Giveaway ya :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)