Wednesday, 5 June 2013

Beasiswa Jerman vs Belgia

Frankfurt School of Finance & Management(credit)

Jadi ceritanya aku baru nyadar pas kemarin kalo ternyata mba Irawati Prillia itu tinggal di Jerman. Hadehhh, padahal sebelumnya udah ngobrol yang intinya sih aku tertarik sama Eropa dan pengen travelling di sana. Cuma aku kirain mba Ira ini di London gitu. Kebiasaanku emang ga terlalu suka ngecek siapa-siapa aja yang abis ngobrol sama aku. Maksudnya, ga terlalu liat backgroundnya, apa dia orang pentingkah, orang biasakah, dll. Jadi ya nganggepnya biasa aja. Ngobrolnya pun seputar travel writer doang. Sampe kemarin mba Ira upload foto di fbnya, aku baru nyadar dia ituuuu di Jerman. Wedehhh, kenapa baru nyadar sekarang? -.-" 
Heidelberg, Jerman
Aku juga baru nyadar mba Ely Meyer itu di Jerman waktu nanya sama Una. Dia padahal suka colek-colek aku di twitter buat ikutan program ngobrol atau komen di blognya. Nah kan? sebenernya itu semacam sign kali ya. Firasat gitu kalo Allah memang pengen aku di Jerman. *pede :P* Cuma akunya yang terlalu cuek. Secuek-cueknya. Sampe ga nyadar, eh mba Ely pernah bela-belain kirim email buat nawarin ikutan program ngobrol-ngobrolnya itu. Thanks, mbak. Kalo ga diemail pasti aku ga balik lagi ke link blognya dan ga tau kalo dia ada di Jerman. Hehehe :D

Trus akhirnya aku ngobrol sama mba Ira.
Halo Ila...
Kalau beasiswa bisnis, aku belum pernah tahu, Ila. Jerman, karena biaya kuliahnya gak mahal, gak terlalu banyak ngasih beasiswa. Dibanding dengan Belanda dan Inggris yg sering banget ngasih beasiswa.
Beasiswa yg paling terkenal kayaknya DAAD. Ila pasti dah kenal. Biasanya DAAD ngasih beasiswa ke profesional atau dosen. Jadi emang sesuai bidangnya. Ada lagi yg namanya BMBF. Yang ini lebih banyak ke program2 yg berhubungan dengan lingkungan hidup.
Buat yg S3, sering juga ada beasiswa dari institusi atau universitas. Yang ini mesti berhubungan langsung dengan profesor di universitas/institusi bersangkutan.
Kalau kerja sama dg Uni Eropa, ada yg namanya Erasmus Mundus. yg kuliahnya pindah2 negara itu.
Sebenernya sudah banyak program MBA dan sejenisnya. Kuliahnya pun dalam bhs inggris. Tapi aku belum tahu gimana jalur masuknya lewat beasiswa. Kalau orang Jerman sendiri yg masuk program2 seperti itu biasanya yg sudah bekerja. Jadi mungkin dapet beasiswanya dari kantor...
Kalau Ila sendiri sudah dapat info apa saja ttg beasiswa di Jerman? Mungkin bisa saling melengkapi...

Jujur, kalo aku disuruh milih matematika lagi aku ogah. :D Passionku bukan di situ, pasti bakal susah nyelesein. Dan bisnis memang passionku. Karena aku belajar tentang bisnis ini justru sejak tahun 2008. Udah 5 tahun ya? Pengen aja belajar di negara lain, yang memang bisnisnya bagus.
Iya, La... Jerman memang banyaknya di teknik/ilmu pasti. Kalau Ila S2 matematik, menurutku malah kesempatannya lebih besar.
Di RWTH Aachen ada juga MBA. Tapi yg mbayar krn memang untuk mereka yg pengen jadi manajer. Mbayarnya pun mahal buat ukuran orang jerman. 18 ribu euro per tahunnya. Sekitar 250 jt. Di Nuernberg, Bremen, Hamburg, dll jg setahuku ada. Tapi semuanya dg SPP tinggi. Mungkin uni yg Ila sebutkan di atas di Jerman termasuk yang gratis, ya?

Btw, kalau di London malah susah buat jalan2. Inggris gak termasuk Schengen penuh. Jadi kalau mau ke daratan Eropa, Ila bakal butuh visa. Mending coba cari alternatif di negara2 Schengen, La. Belanda, Perancis, Belgia?

Yak, akhirnya aku nyari info tentang Belgia, Jerman, dan London. Untuk yang London, memang aku udah pegang buku The Manchunian Way tentang catatan mahasiswa yang belajar di Manchester University, dia ambil bisnis juga. Kalo yang Belgia aku dapet blog yang keren bahas tentang Belgia. Di sini nih : Hidup di Belgia, refleksi 5 bulan pertama. Ada juga contoh motivation letter untuk beasiswa luar negeri. Dan pembahasan tentang berapa uang beasiswa erasmus mundus yang dia dapat dan manajemen keuangan yang dia terapkan. Trus aku search di easyuni.com ternyata ada info beasiswa yang disediakan. 

Ini waktu chat sama staff web easyuni.com. Akhirnya nemu info ini
transcript sama staff web easyuni.com
Meski jelas tetap harus memprioritaskan apakah beasiswanya full atau tidak. Dari diskusi dengan mba Ira juga, ada info kalo hidup di Jerman dan Belgia lebih murah dibanding di Belanda. 
Biaya hidup lebih murah Belgia, La. Belanda mahal banget.
Trus kayaknya mending di Leuven. Brussel jg mahal, krn ia ibukota
Belanda sewa rumah mahal banget. Kota2 termasuk Rotterdam mahal banget. Konon yg paling murah Groningen. Ppn di Belanda juga lebih tinggi dibanding Belgia dan Jerman.
Dan yang bikin kaget itu, tadi pagi pas buka twitter, ada mensyen dari Bule. Hahahaha. AKu becanda sama gandi, aku kirain ini bule lokal lagi. Ga taunya bule Jerman beneran xD Daaaannn, dia itu orang kampus di Frankfurt yang aku sebutin di twitter. Welehhh, kok dia tau aku ngetwit gitu yak? Jangan-jangan emang dia searching pake tweetdeck buat lacak pake keyword nama kampusnya? :p
disamber bule. hahaha :D serius nih? dia dari Frankfurt? Wow!
Seneng sih tau ada orang yang welcome kalo negaranya didatangi buat belajar. Tapi aku justru bingung apa di sana memberi beasiswa sedangkan jurusan yang aku minati memang bukan jurusan yang dikasih beasiswa DAAD. Ya, nanti deh dicari lagi infonya. Moga nemu solusi terbaik. :D

Oya, aku share diskusiku di sini sama mba Ira, biar barangkali ada yang memang minat juga untuk cari beasiswa di Eropa. Bisa ada gambaran. Semoga postingan ini bermanfaat buatku dan yang baca juga, hehe :D 

Tegal, 050613, 10:32

13 comments:

  1. Wah.,wah.,.,wah.,., semangat go to eropa.,.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tahun depan tembus beasiswanya, kak. doanyaa :D

      Delete
  2. Replies
    1. makasih, mba Inge. insya Allah ikutan. pake undian ya, mba? :D

      Delete
  3. aku pinjem bukunya doonggg mbaaa..#ga nyambung yak...Alhamdulillah kalo semakin di permudah mba..jangan lupa minta doa sama orang tua mba biar di permudah hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, insya Allah, mba :D ayo main ke rumah. aku dah kelar baca The Manchunian Way. Keren, jadi ada gambaran tentang kehidupan di sana. :D

      Delete
  4. kak ila, mau kuliah ke eropa . . . . ??? wah, semoga berhasil dan sukses ya kak . . . . ??? aida jadi tambah semangat belajar kalo baca postigan yang seperti ini . . . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah, Aida. lagi berusaha penuhi syarat-syaratnya dulu. Daftarnya tahun depan. Doanya yaa :D

      Delete
  5. bahas beasiswa ke jepang dong.

    Sukses :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. di blog Ivan Prakasa ada, kak. lengkap. udah aku kirim via email ya. makasih doanya :D

      Delete
    2. makasih infonya. mbak kiky sukses juga ya.

      Delete
  6. Ekonomi jerman terbaik di eropa makanya pajaknya gede :D

    ReplyDelete
  7. hai mbak, aku mampir kesini, anakku juga rencana mau ke studi ke Jerman - mbak sendiri udah siapin bahasa dong ya? kursus dimana mbak? anakku msh kursus yg dkt rumah aja

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)