Sunday, 26 May 2013

Pemenang Kuis Berhadiah Oleh-oleh ABFI 2013

Bismillah...

Alhamdulillah, okee... akhirnya setelah selesai membaca seluruh jawaban dari peserta yang ikut Kuis Berhadiah Oleh-oleh ABFI 2013, saya pilih 3 pemenang. Pemenang dipilih berdasarkan kesesuaian tema yang saya minta. Saya minta tips mendapatkan beasiswa dan juga survive di luar negeri. Jadi inilah pemenangnya : 

Juara 1 :  Nurmayanti Zain
Saya pilih jawaban Nurmayanti Zain karena tipsnya jitu. Jawaban yang dia paparkan sebenarnya hal teknis tapi sering dilupakan oleh para pencari beasiswa. Kelengkapan berkas birokrasi adalah pintu pertama yang harus dilalui. Pastikan semuanya lengkap dan diurus jauh-jauh hari. Jangan ngeyel mengirim aplikasi beasiswa kalo jelas-jelas tertulis syarat IPK atau syarat-syarat lain yang tidak bisa kamu penuhi. Ini namanya bunuh diri di awal step. Kalau berkas sudah lengkap semua, baru bisa masuk ke step selanjutnya. Biarkan berkas-berkas itu yang akan bicara bahwa kamu layak mendapatkan tiket beasiswa. Rekomendasi dari pihak kampus juga bisa memuluskan jalan mendapatkan beasiswa.
Juara 2 : Ivan Prakasa 
Saya pilih Ivan karena dia bisa menjelaskan tentang step selanjutnya. Hambatan paling utama saat sudah sampai di luar negeri adalah mental. Budaya, bahasa, dan kebiasaan jelas beda jauh dari Indonesia. Mentallah yang membuat seseorang bisa menyelesaikan studinya di luar negeri walau sebesar apapun hambatannya. Short course/magang juga bisa jadi pilihan untuk masuk ke step selanjutnya, beasiswa S2.
 
Juara 3 : Hamzan Musthofa
Saya suka bagian Hamzan menjelaskan tentang mengembangkan potensi/skill untuk mendapatkan uang tambahan selain mengandalkan beasiswa. Karena saya pikir, jika kita punya skill, bukan otot lho, ya. Tapi skill dengan otak, insya Allah ga susah buat survive di sana. Think smart! Saya rasa pekerjaan di luar negeri bukan hanya kerja part time di restoran. Bisa menerjemahkan seperti yang dilakukan Teh Novi, menulis artikel travelling seperti yang dilakukan Mbak Ira Aprillia, menulis opini di media seperti yang dilakukan A Fuadi, atau menyanyi seperti yang dilakukan oleh Hamzan. 

Jadi, inilah kesimpulan yang saya ambil dari jawaban teman-teman. Terima kasih atas kisah-kisahnya ya. Semoga info yang diberikan bermanfaat bagi saya, juga teman-teman lain yang ingin mendapatkan beasiswa luar negeri. :)

Untuk para pemenang, silahkan kirim nama, alamat dan no hp yang bisa dihubungi ke email : sabilla.arrasyid@gmail.com. Subject : Pemenang Kuis Berhadiah Oleh-oleh ABFI 2013. Pake alamat Indonesia aja ya. Kalo luar negeri kirim paketnya kemahalan. Hehe. :P

Makasih atas apresiasinya, teman-teman. Semoga saya bisa bikin kuis lagi lain waktu. Jangan kapok ikutan kuis lagi ya. :D  

Tegal, 260513, 10:35


1 comment:

  1. Alhamdulillah ^^ syukran wa jazakillahu khair, mbak ila. Aku udah sms dan email yaa mbak. Mohon dicek :) barakallahu fiik.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)