Tuesday, 16 April 2013

Srikandi Blogger 2013 Ajang Aktualisasi Diri Blogger Perempuan


Srikandi Blogger 2013
Srikandi Blogger 2013. Pertama kali saya menulis di blog adalah saat tahun 2006, masih imut karena saya baru semester tiga di kampus. Hehe. Awal menulis di blog berbasis friendster yang sekarang sudah tutup situsnya. Sejak itu saja mulai mengenal dunia blogging dari teman friendster. Sempat jatuh cinta pada multiply sampai 2008. Namun akhirnya memilih fokus pada akun blogspot ini di tahun berikutnya bahkan sampai sekarang. 

Ngeblog bagi saya suatu kebutuhan. Saya butuh bicara dengan diri saya sendiri, meraba apa makna yang saya rasakan setiap hari karena blog sudah menjadi diary online. Diary yang saya namai Celoteh Kiky -Diamond Wannabe ini awalnya adalah curhatan saja, tidak pernah terlintas dalam pikiran saya akan membuat blog saya lebih dikenal teman-teman. Namun, seiring perkembangan blog, makin banyak teman blog dan kenalan yang berkunjung ke blog ini. Saya pun merasa bahwa sudah saatnya merubah galau yang saya alami menjadi sebuah karya yang positif. Saat pertama kali menulis di blog, tak ada niatan sama sekali untuk mencipta sebuah gebrakan dalam hidup dengan menulis blog. Saya lebih menikmati proses, proses menjadi dewasa, proses menemukan jati diri dengan menulis apapun yang saya rasakan, saya hayati dan maknai di blog ini. 

Sebagian teman kampus saya menganggap bahwa kegiatan blogging hanya menghabiskan waktu. Iya, kami pernah mendapat tugas dari dosen mata kuliah komputer statistika untuk membuat blog (saat ini blognya sudah hilang karena berbasis multiply). Tujuan pembuatan blog karena dosen ingin agar mahasiswanya bisa mengaktualisasikan dirinya lewat blog. Blog menurut dosen tersebut adalah tempat untuk berbagi ilmu dan inspirasi. Di sana kami diajari untuk menuangkan ilmu tentang komputer statistika, yaitu penggunaan beberapa software untuk memecahkan data statistik dan menganalisanya. Karena itulah, saya dimintai tolong oleh kelompok untuk memuat tugas kami di blog. 

Senang rasanya ternyata kegiatan blogging saya bermanfaat, karena di ujung semester, sang dosen memberi nilai sempurna. Ya, saya dapat A. Nilai yang sangat sulit didapat di jurusan Matematika. Sejak itulah saya berinisiatif untuk menulis apapun yang saya tahu agar dunia pun mengenal bahwa ilmu tak hanya sebatas di bangku perkuliahan, asal mau belajar, asal mau membaca dan memahami, ilmu bisa ditemukan berserakan di jagat dunia maya, bahkan saat blogwalking. 

Dengan semangat berbagi itu, saya pernah mengajukan sebuah program pada kampus untuk mendanai kami membuat project ke sekolah-sekolah SMP untuk mengadakan workshop blogging. Sayangnya, niat itu hanya tinggal niat, karena proposal kami tak disetujui. Ternyata, dunia blog masih saja belum menguntungkan mungkin bagi petinggi kampus. Barulah, selang dua tahun terakhir saya dengar kampus memberlakukan kebijakan baru. Para mahasiswa diharuskan untuk membuat blog dan aktif mengirimkan tugas lewat media online. Bahkan salah satu unsur penentu apakah universitas tersebut masuk dalam daftar universitas terbaik adalah dalam situs pencarian. Saya pernah menuliskannya di sini

Srikandi Blogger 2013 Aktualisasi Diri Blogger Perempuan

Saat saya fokus menulis lagi di blog, saya menemukan komunitas Kumpulan Emak Blogger. Awalnya minder karena sebagian besar member KEB adalah para emak, Iya, dalam arti yang sebenarnya. Bayangkan saja, saya seperti masuk dalam sebuah dunia antah berantah dengan para emak yang berceloteh ria tentang dunia rumah tangga. Saya? Hanya memandang mereka dari sudut layar ini saja. :D Hanya beberapa yang saya kenal karena ada di komunitas yang sama, atau pernah masuk dalam daftar pemenang lomba menulis yang saya ikuti juga. 

Saya masih merasa takut untuk masuk dalam dunia emak-emak ini, yang berceloteh tentang rumah tangga dengan segala pernak perniknya. Saat dinyatakan masuk dalam daftar nominasi 50 unggulan Srikandi Blogger 2013, saya hanya tertegun. benarkah saya masuk? Bukankah saya belum menjadi Emak? Tapi, seorang teman pernah bilang, "Lho, syarat daftarnya memang bukan harus sudah menikah kan, mba?" Hihihi! Saya tertawa geli. Iya, saya memang belum menjadi emak. Tapi saya tetap perempuan. Dan KEB memfasilitasi setiap perempuan untuk menjadi diri mereka sendiri dalam jagat blogsphere. KEB ingin memberi harapan bahwa berbagi dan menginspirasi adalah juga hak setiap perempuan Indonesia, baik yang sedang ada di dalam maupun luar negeri, baik yang sudah menikah ataupun belum. Karena memang saya lihat beberapa blogger sedang ada di luar negeri menemani suami studi atau bekerja. 

Oya, bagi saya, Srikandi Blogger 2013 sebuah ajang yang menarik. Srikandi dengan perjuangannya sama seperti Kartini pada masa kemerdekaan. Srikandi versi Jawa memberi kita filosofi bahwa perempuan berjuang untuk kaumnya, berani mewujudkan cita-citanya. Maju ke medan yang sesungguhnya, mencipta sejarah baru dengan hunusan panahnya. Jika saya asumsikan, panah Srikandi Blogger adalah tulisannya yang menginspirasi dan memberi arti. Di luar sana akan ada banyak perempuan yang menemukan pencerahaan saat membaca tulisan kita, para blogger perempuan. 

Selain karena satu-satunya di Indonesia, saya mengapreasiasi atas kerja keras para panitianya untuk berjibaku membuat ide cemerlang Srikandi Blogger 2013 ini menjadi nyata. Bukankah kerja keras akan memetakan hasilnya nanti? Maka, saya pun berharap Srikandi Blogger akan menjadi sebuah gebrakan baru di mana orang tak akan lagi berkerut keningnya mendengar istilah "blogger". Ngeblog sambil berbagi inspirasi adalah juga impian saya. Sembari menuliskan sejarah hidup, saya juga ingin tetap menjadi diri sendiri. Semoga saja dengan adanya blog ini bisa menjadi ladang pahala bagi saya. 

Para Emak KEB di ajang kompasianival (sumber)
Program jika saya terpilih

Oiya, jika saya terpilih menjadi Srikandi Blogger 2013, saya akan memetakan beberapa langkah yang akan dilakukan. Yaitu :

1. Mengadakan workshop bagi perempuan untuk membuat blog.  Baik merancang template maupun membuat tulisan di blog menjadi indah dan enak dibaca. Workshop tidak hanya terbatas pada daerah kota besar saja, karena selama ini saya hanya bisa takjub di kota besar sering ada kegiatan offline, tapi daerah saya belum pernah ada. :D

2. Membuat kegiatan rutin seperti blogger hibah sejuta buku. Saya sudah berpartisipasi untuk ini sejak lalu, dan ini menyenangkan. Menulis tak hanya berhenti sampai ide tertulis, tapi juga mewujudkannya menjadi aksi nyata. Bukti nyatanya, ternyata jika blogger seindonesia bersinergi akan mencipta karya hebat. Faktanya, kegiatan yang digawangi mbak Anazkia dan beberapa teman volunteer ini sudah merambah beberapa pelosok negeri untuk berbagi buku bacaan. Bahwa pendidikan adalah hak segala bangsa, iya. Bahwa kita akan mewujudkannya sama-sama, tentu. Dengan dukungan banyak pihak ya. Kita akan mewujudkannya sama-sama.

3. Mengadakan sebuah seminar parenting tentang pentingnya mempersiapkan kebutuhan perempuan menuju masa pernikahan. Mungkin bisa mengundang pembicara yang berhubungan langsung dengan dunia parenting. Saya tahu, ternyata sampai saat ini saya belum nikah mungkin karena memang belum ada persiapan yang berhubungan dengan mental dan kesiapan pasca nikah. Iya, pasca nikah. Hehe. Karena seringkali novel-novel yang pernah saya baca hanya berkutat seputar romantisme semu. Padahal yang dibutuhkan seorang perempuan adalah kesiapan untuk menjadi ibu dan seorang istri. Saya bahkan pernah dengar bahwa sebagus apapun pendidikan perempuan, jika dia tidak dididik sejak dini untuk mempersiapkan diri menjadi seorang ibu, ia akan gagap lakunya. Saya pernah baca kisah mbak Meuthia Rizki yang ternyata mengalami fase kekagetan menjadi seorang ibu, baby blues. Apalagi jika perempuan tidak diajari untuk menjadi seorang istri yang baik,  kemungkinan angka perceraian akan meningkat. Bukankah kita bisa mencegahnya dengan memberi pendidikan pentingnya menjadi seorang ibu dan istri sejak dini?

Menjadi ibu dan istri yang baik adalah hak dan kewajiban bagi seorang perempuan. Iya, perempuan tetap membutuhkan aktualisasi diri dalam ranah yang lebih luas lagi. Jika dengan adanya kegiatan Srikandi Blogger 2013 ini, maka saya mengharapkan akan lahir sebuah generasi sadar diri bahwa perempuan ada untuk kaumnya. Memberi yang mereka punya, ilmu, tenaga, pikiran dan impian agar kaumnya menjadi lebih baik lagi. 

Akhir kata, semoga siapapun yang terpilih menjadi 10 besar di ajang ini, akan mencipta sejarah baru dalam dunia blog. Dan mewujudkan cita-cita besar grup KEB menjadi wadah inspirasi bagi kaum perempuan. Saya menunggu kiprah blogger di tahun 2013 menjadi lebih cetar membahana. Hehehe! ;)

Sukses selalu ya, para Emak! Your amazing! ;)

43 comments:

  1. Eh, iya kayaknya Mbak Ila kemarin masuk 50 besar, semoga Mbak Ila bisa masuk 10 dan bisa melaksankan program yang sudah direncanakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, iya, kang sofyan. Makasih dukungannya ya :D

      Delete
  2. Setuju Mba Ila, perempuan memang butuh ruang aktualisasi. Jika dilakukan secara bertanggungjawab maka tugas utamanya takkan terlalaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mak Ety. semoga selalu bisa bagi waktu ya :D

      Delete
  3. waah..Sukses ya, mbak Ila.....saya blum pede ikutan Srikandi, blog nya masih belum ada apa-apanya, jadi gak daftar....hehee...good luck buat Srikandi Blogger 2013

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, mak Emi. Salam kenal ya :D
      iya, ini juga kaget, Makk. Ternyata kepilih. Jadi tetap harus semangat menuju 10 besar. hehe. makasih doanya, Mak. sukses juga buatmu ^^

      Delete
  4. Sukses ya makk programnyaa..^^
    smangattt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, mak Shinta. Sukses juga buat Mak ya ;)

      Delete
  5. Planningnya keren2. Semoga lolos ke tahap selanjutnya ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. planning calon srikandi lain juga keren, mbak akin. moga sesuai dengan keinginan juri. hehe. doanya ya :D

      Delete
  6. wih, kak ila keren . selamat ya mbak . . :D semoa bisa lolos lagi . . amin. . . .

    ReplyDelete
  7. wiiihhh mbak ilaa.. semoga lolos :). Sukses yo.. biar programnya bisa jalan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. makasih, mba dwi. semoga bisa ya :D

      Delete
  8. sukses mak, aku dah mampir, menulis itu kan sharing karena kita caring ---- bukan wasting time dong yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, mak laras. temen-temenku meski punya blog untuk tugas kampus, tapi cuma buat tugas aja. habis itu ga diurus, hehe. makanya dikira habisin waktu xD

      Delete
  9. Sukses Ila, aq belum posting nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyiikk didoain srikandi lain :D makasih, Mak esti. cihuy, ditunggu postingannya, mak. biar aku komen hehe

      Delete
  10. sukses mak, buat hibah sejuta buku keren tuh... moga toko kite bisa bantu juga nanti
    oia, di foto itu kan KEB perempuan semua? ko itu ada lakinya satu ?hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, foto itu di web KEB, saya ambil aja. pas ada acara kompasianival, jadi kayak cemacam acara kumpul2 antar komunitas, jadi ada bapaknya yg dari komunitas lain :D
      semoga suatu saat bisa kerjasama ya, kak. makasih doanya :D

      Delete
  11. selalu mendukungmu, mak :)
    semoga terealisasi yah programnya semua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin aamiin. makasih doanya, mak rahmah. sukses juga buat planning mak rahmah ya :D

      Delete
  12. Semoga berjaya menggapai puncak Srikandi Blogger ya Ila..

    satu pesan saya jangan galau lagi hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. makasih doanya, uncle :P
      hyaaa, move on masih dibahas, rekkk :)) tengkyu yah :D

      Delete
  13. Semangat terus mba Ila, smoga sukses srikandinya^^

    ReplyDelete
  14. Manteppppppp semoga aktivitas seperti ini bisa terus berlangsung dan memberi dampak positif bagi indonesia kedepannya

    ReplyDelete
  15. Barakallahu fiik mbak ^^ moga jadi srikandi :)

    ReplyDelete
  16. ilaaa..planningnya keren deh..

    Sukses yaa..
    Semangaat menuju 10 besar Srikandi Blogger 2013

    ReplyDelete
  17. aku dulu punya friendster juga tapi gak pernah ngeblog disana

    ReplyDelete
  18. keren Ila. semoga segera dapat jodoh terbaik ya :D [#lho]

    apapun yg terjadi, Rencana2 semoga dimudahkan untuk diwujudkan. Pemberdayaan perempuan itu wajib adanya dilakukan bagi kita yang punya fasilitas.

    Semoga masuk jadi nominasi 10 besar yaa, sukses jadi Srikandi Blogger 2013 dan ketemu jodohnya, hihihi [teuteeuup]

    Loveyu,
    Heni Prasetyorini

    ReplyDelete
  19. Wow pengalama ngeblog nya TOP dah :D

    sukses buatmu ya Mak

    ReplyDelete
  20. ayo semangat..tunjukkan bahwa indonesia memiliki banyak srikandi jagoan blogger...keep happy blogging always...semoga bisa menjadi srikandi terbaik ...salam :-)

    ReplyDelete
  21. wah ... usulan programnya keren nih .. semoga sukses ya menajdi srikandi blogger :)

    ReplyDelete
  22. idenya keren laaa, workshop tentang blog itu penting juga, biar yang ngga tau jadi tau karena kadang kan malu bertanya yah. Semoga sukses la

    ReplyDelete
  23. mak ila rizky ini juga di BHSB ya. haduh ketinggalan berita saya. #tutupmuka
    sukses ya mak..

    ReplyDelete
  24. Sukes ya, Ky. Idemu bagus semua :)

    ReplyDelete
  25. Kalo lihat jumlah postingan, rata-rata ngeblog tiap dua hari sekali ya mak. Salut sama frekuensi ngeblognya.

    ReplyDelete
  26. saya dukung program2nya dech..pengin juga ikutan workshop biar blognya cantik gituuu kayak yang punya ehhh...hwakakak...semangat mba!!!

    ReplyDelete
  27. Tulisanmu rapi dan cantik, Mak. Isinya juga bernas. Selamat, ya. :)

    ReplyDelete
  28. Ila, sukses ya :)

    Ila keren, semangat berbaginya juga luar biasa. Sekali fase kadang mengirim buku berkali2 :)

    Semoga masuk 10 besar. Aamiin

    ReplyDelete
  29. Tulisannya ngalir banget, Mbak Ila. Enak dibaca deh.
    Semoga sukses dan terlaksana program2nya ya...:)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)