Thursday, 4 April 2013

ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013



Awal saya mengenal nama ASEAN Blogger adalah saat mbak Hani ikut serta dalam event tersebut di tahun 2011. Rasanya senang melihat mbak Hani sebagai peserta acara ASEAN  Blogger Festival tahun itu membagikan kisah uniknya di blog. Sempat merasa iri, namun saya berjanji semoga suatu saat saya akan memiliki kesempatan yang sama. Semoga suatu saat saya bisa mengikuti juga event akbar tersebut. Apalagi event ini ranahnya adalah se-ASEAN. Cukup besar kan bagi sebuah event berbasis blogger? :D

Nah, tempo hari, saya mendapat pesan dari Una bahwa Asean Blogger mengadakan event ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013(disingkat ABFI 2013) di Solo. Sebuah kota yang dekat dengan tempat saya tinggal. Ya, Solo masih terhitung dekat dengan Tegal karena masih satu provinsi yaitu di Jawa Tengah. 

ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 kali ini mengusung tema “Reinventing the Spirit of Cultural Heritage in Southeast Asia".  Sebuah perpaduan unsur acara yang unik dengan balutan budaya antar negara. Rasanya kok sayang kalau acara sebagus ini saya lewatkan begitu saja. Apalagi saya pernah menulis tentang Visit Jawa Tengah 2013. Sebuah kebanggaan, jika saya bisa ikut serta memperkenalkan Solo pada masyarakat luar maupun dalam negeri. Akhirnya, saya memberanikan diri untuk mendaftar pada panitia ABFI 2013. 

asean blogger community
Logo ASEAN Blogger Community
Kegiatan pertemuan ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 akan dihadiri oleh 250 peserta dengan 50 orang perwakilan dari berbagai negara di Asia Tenggara. Bertempat di Kusuma Sahid Prince Hotel, SoloMenurut Tempo, kegiatan dalam pertemuan ASEAN Blogger selama di Solo mempunyai beberapa agenda penting. Yaitu antara lain, seminar dan pelatihan menjadi blogger. Selain itu, ada agenda kunjungan ke beberapa obyek wisata di sekitar Surakarta, seperti Candi Sukuh, situs manusia purba di Sangiran, Keraton Kasunanan Surakarta, dan juga pergelaran Mangkunegaran Performing Art yang diselenggarakan pada 10-11 Mei 2013 di Pura Mangkunegaran. 

Tujuan acara ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 adalah agar para blogger bisa mempromosikan kota Solo melalui blognya. Harapannya, hal ini dapat menarik minat pengunjung dari wisatawan asing maupun dalam negeri agar bisa datang ke Solo untuk menikmati sajian aneka wisata kuliner, wisata budaya maupun wisata sejarahnya. 

Inilah yang pantas diapresiasi oleh kita sebagai blogger. Karena panitia bekerjasama dengan beberapa sponsor memberikan akomodasi bagi blogger, penginapan dan makanan selama ada di Solo. Saya tentu sangat ingin ikut serta dalam perhelatan menarik dan membanggakan ini. Saya warga Jawa Tengah, semoga punya kesempatan untuk menginjakkan kaki di Solo dalam rangka ikut acara tersebut.

Selain karena temanya yang unik, saya juga senang jika akhirnya akan mendapatkan kesempatan ke sana. Alasannya adalah karena di sana saya bisa bertemu dengan blogger-blogger seluruh Indonesia dan juga dari negara-negaa Asean. Saling bertukar cerita dan kebudayaan. Saling berdiskusi seputar dunia blogger. Saling menginspirasi dan membagikan kisah pengalaman yang saya dapatkan. 

Nah, ada satu hal yang membuat saya bertanya. Sebenarnya event sebesar ini, sayangnya sangat jauh dari sosialisasi. Saya belum menemukan keramaian di komunitas-komunitas blogger. Mungkin karena mendadak ya? Atau karena koordinasi panitia juga sibuk untuk membackup semua data peserta yang akan ikut. Saya tahu panitia berjibaku dengan banyak agenda lain mempersiapkan sponsor pula agar kenyamanan acara tetap dirasakan oleh peserta. 

Sebuah event bertajuk ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 ini juga berniat untuk membentuk ASEAN Community 2015. Apa yang menarik dari ASEAN Community 2015? Seberapa pentingkah sebuah komunitas blogger ASEAN tahun 2015? Saya rasa, saya akan mendapatkan jawaban pastinya saat acara berlangsung. Komunitas akan mempererat persaudaraan. Seperti halnya negara-negara yang tergabung dalam ASEAN yang berkumpul menjadi satu kesatuan. 

Blogger ASEAN pun memiliki visi dan misi yang sama. Ingin menjadi bagian dari terciptanya dunia blogging yang nyaman, aman dan memberikan sebuah kontribusi nyata bagi masyarakat. Apalagi berkaitan dengan tema acara ini, negara ASEAN memilik kaitan erat dengan kerajaan Majapahit sehingga persaudaraan antar negara ini  tetap terjaga. Diharapkan warisan budaya kerajaan Majapahit akan tetap lestari melalui cerita para blogger.

Semoga saya bisa mendapatkan kesempatan untuk datang ke Solo. Dan, bagi teman-teman yang berminat ikut bisa menghubungi koordinator komunitas di daerah masing-masing, karena undangannya lewat koordinator, kecuali yang personal ya. :D

Bagi teman-teman yang ingin tahu lebih banyak tentang perhelatan ini, bisa buka infonya di
Website, fanpage dan twitter Asean Blogger. 

Salam sukses. :)

Sumber : 
http://www.tatilturrehberi.net/otel/kusuma_sahid_prince_hotel_solo-otel.html
http://2013.blogfest.info/first-announcement/
http://www.sahidholiday.com/hotels-network/central-java/hotel-sahid-kusuma

16 comments:

  1. semoga Hani bisa datang lagi ke Asean Blogger :)

    dan bisa ketemu Ila

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. semoga bisa ketemu mba hani ^^

      Delete
  2. keren pisaaan.. walopun saya tak bisa ikutan asean blogger, ikut mendoakan deh semoga kegiatannya lancar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ikutan, mba dini ^^
      makasih doanya ^_^

      Delete
  3. wahh.. acaranya pasti keren banget.. jadi pengen.. bisa ikut gak yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, mba ayu. salam kenal. hehe. ayo ikutan juga, mba. bisa hubungi koordinator komunitas blogger yang mba ikuti :D

      Delete
  4. aihh.. kerennn.. semoga Ila terpilih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. makasih, mba ade :*
      *big hug*

      Delete
  5. Replies
    1. aamiin. makasih, mba anaz. ayo ikutan, mba. biar kumpul bareng temen lain :D

      Delete
  6. semoga menang ya Ila, aku dukung Ila aja. Gak mungkin juga aku ikutan dan berharap menang hehehe. Berat di anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, iya ya, jauh dan ada anak juga ya, mba lidya. :D makasih doanya :D

      Delete
  7. wish u luck ila....ngasih kesempatan yg masih single aja lah wkakaka *nggak nyambung

    ReplyDelete
    Replies
    1. qiqiqiqi... aamiin, makasih doanya, mba sarah. biasanya doa bumil dikabulin nih :D

      Delete
  8. salam kenal :)

    saya insyaallah juga akan ikut mbak, mewakili blogger tuban,., sayang memang acaranya kurang sosialisasi, tapi bagus juga sih kalau sosialisasinya kurang, soalnya kalo terlalu disosialisasikan nanti malah banyak blogger yg ngiri karena jatahnya cuma ratusan peserta....


    semoga nanti bisa ketemu disolo ya :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)