Friday, 22 February 2013

Pesona Desa Wisata Daya Tarik Wisatawan Asing


Pesona Desa Wisata Daya Tarik Wisatawan Asing

Pesona desa wisata agaknya akan membuat saya tidak bisa tidur malam ini. Hihi, pasalnya, saya harus menulis tentang desa wisata yang ada di kota sekitar tempat saya tinggal. Buat saya, istilah desa wisata ini hanya sesekali saya dengar dan belum terlalu terdengar gaungnya. Nah, kali ini admin ligablogger mengumumkan tema pekan ini adalah desa wisata. Tahukah kamu, bahwa di indonesia ada 72 desa wisata? Ada sebanyak itu dan tersebar di seluruh penjuru negeri. Beberapa bahkan lebih banyak dikenal di daerah jogja seperti desa krebet, kasongan, banyusumurup, kebon agung, dan ledok sambi. Dengan memanfaatkan pesona desa wisata ini, pemerintah bisa meraup keuntungan yang besar karena wisatawan asing lebih suka hal yang berbau alamiah apalagi nuansa pedesaan memang jarang dilihat oleh wisatawan asing di negeri asalnya.


desa wisata candirejo (sumber detiktravel)

Setau saya, di jawa tengah ada beberapa desa wisata antara lain yang sering dikenal masyarakat yaitu desa candirejo di kecamatan borobudur. Di sana, wisatawan akan disuguhi beragam sajian khas desa tersebut mulai dari tradisi budaya setempat, kerajinan rakyat, kesenian rakyat, menikmati keindahan kebun tanaman obat  dan juga kita bisa mempelajari sistem pertanian yang digunakan oleh desa tersebut.

wisatawan asing menikmati pesona desa wisata

Para wisatawan yang berkunjung ke desa wisata candirejo akan diajak untuk menikmati kehidupan tradisional khas pedesaan dan juga bisa menginap di rumah warga langsung alias homestay. Biaya menginap di homestay pun termasuk murah sekitar 40rb-100rb per malamnya. Yups, kalo kamu berminat, kamu bisa kok berkunjung ke desa wisata ini. Letaknya dekat dengan candi borobudur sekitar 2,5 km dari arah candi jadi kamu bisa mencapainya lewat jalur semarang, solo maupun jogja.  Wisatawan yang berkunjung akan sangat menikmati desa ini karena tempatnya yang alami khas pedesaan. Berminat untuk mencobanya? ;)

15 comments:

  1. yes komentar pertama!!!sebenarnya udah lama juga denger desa wisata. cuman belum sempet ke sana. selain karena kurang informasi yang akurat dan juga dana dan ijin heheheheh...well desa wisata kayaknya alternatif buat refreshing ya...jadi pengin kesana...bsia tuch ke candirejo lumayan murah juga ga ngabisin budget banyak hehehe...btw good luck ya mba ila..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kayaknya kurang informasi, mba. soalnya aku juga jarang denger tentang desa wisata ini, hehe. :D kalo biaya nginepnya emang murah, apalagi bisa bablas ke jogja juga abis ke candi borobudur dan desa wisata candirejo. ayo kapan ke sana, mba? ben bareng ^^

      Delete
  2. asyik juga ya kalau rumahnya dekat dengan desa wisata

    ReplyDelete
  3. wah . . . sepertinya liburan ke desa wisata lebih hemat ongkos ya . . . ?? pas di kantong anak muda hehe . . .
    ehm . . . tuh si bule lagi goreng kerupuk ya . . . ?? bagi2 dung . . . hehe . . .

    ReplyDelete
  4. ohh, deket borobudur ya tempatnya Mbak?
    btw wong tegal ya Mbak?

    ReplyDelete
  5. bareng2 aja ke sananya :p
    kirain mahal gitu pengingapannya, ternyata standart harganya

    ReplyDelete
  6. keren ya Ila. suasananya masih alami sekali, para turis pasti sangat menikmati keindahan ini.:)

    kapan2 pengen coba juga ah :D

    ReplyDelete
  7. Baru dengar ada Desa Wisata, kirain desa wisata apa ternyata namanya yah?? pengen deh..ntar klo pulang ke semarang, mampir kesana :)
    makasih infonya & salam kenal yah^^

    ReplyDelete
  8. waahh kelihatanya seru & gak ngrogoh kocek terlalu dalam :D

    ReplyDelete
  9. adduh jadi pengen ke candirejo. ntar ah lebaran pas pulkam ;)

    nice posting ila

    ReplyDelete
  10. ijin berbagi kata motivasi yaa
    " janganlah kau buat kekeliruan sebagai sesuatu alasan, dikarenakan semestinya ia jadi motivasimu tuk terus mengambil langkah ke depan"
    thx :)

    ReplyDelete
  11. asik ya La bisa jalan2 ke desa wisata. Jawa Timur ada nggak ya ?

    ReplyDelete
  12. wah.. saya malah baru denger ada desa wisata candirejo dideket borobudur, wajib kesana nih! ;)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)