Thursday, 31 January 2013

Manfaat Blog dalam Dunia Pendidikan



Manfaat Blog dalam Dunia Pendidikan. Blog bagi para blogger di jagat blogsphere dikenal sebagai tempat curhat dan diskusi untuk menuangkan banyak inspirasi yang bertebaran di sekitar kita. Setiap hari jika kita jeli, ada banyak inspirasi yang bisa didapatkan dari kegiatan sehari-hari bahkan yang paling sepele sekalipun. Dari sana kita bisa mendapatkan beragam informasi sesuai dengan latar belakang si penulisnya, ada yang ibu-ibu, penulis buku, desainer, politikus, pengusaha, pendidik, dsb.  Saya baru tahu bahwa sejak beberapa tahun terakhir ada peraturan baru bahwa universitas diharuskan menggunakan blog untuk meningkatkan perkembangan IT di kampus masing-masing.

Saat saya dulu pernah ditugaskan dosen untuk menulis tugas komputer statistika di blog multiply saya, saya tidak tahu tentang parameter ini, bahwa memang ada kebijakan baru. Saya hanya berfikir hanya sekedar menulis tugas saja, tapi sejak ada kebijakan ini, dunia IT di kampus sangat kental dengan segala hal yang berbau teknologi. Misalnya saja, KRS harus online, pendaftaran mahasiswa baru via online, dan yang paling baru yaitu mengunduh dan mengirimkan tugas lewat email/forum/blog.

Ternyata, ada sebuah istilah baru untuk kebijakan ini yaitu blogmetrics atau parameter blog universitas. Blogmetrics ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemanfaatan blog untuk mendukung kegiatan akademik, sarana publikasi, komunikasi serta sebagai sarana memperkenalkan universitas di dunia internasional. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas informasi serta pemutakhiran situs blog yang berkelanjutan di bawah domain universitas sebagai upaya memenuhi standar World Class University. Jadi makin banyak mahasiswa yang menggunakan blog kampus, makin dikenalah kampus tersebut di dunia internasional. Ini berkaitan erat dengan optimasi pengenalan kampus lewat google. Coba bayangkan ada calon mahasiswa dari luar negeri yang ingin studi di indonesia, mereka akan mencari tau apa saja kurikulum yang ada di kampus tersebut, siapa saja profesor yang bisa dihubungi untuk minta rekomendasi kuliah, dan apa saja syarat-syarat untuk masuk ke kampus tersebut. Inilah yang sedang dikembangkan di banyak kampus baru-baru ini termasuk oleh BPTIK Kampus Unnes. Kebutuhan blogging secara alami itu yang akan membuat kampus dikenal baik oleh warga dunia. Apa kamu salah satu yang menggunakan blog kampus untuk ngeblog? Share dong di sini. Makasih yaa. :D

14 comments:

  1. saya ibu ibu yang ngeblog, berbagi resep dan kegiatan sehari hari yang ga penting... hehehhe, biarlah...

    selamat siang Ila, selamat makaan!!

    ReplyDelete
  2. Saya mungkin termasuk satu dari sekian banyak mahasiswa yang tidak menggunakan fasilitas blog kampus. Mungkin karena selain kurang sosialisasi, dulu cuma tau ngeblog lewat wordpress dot com, atau blogspot dot com.
    Alhasil, ketika ditawari dosen kalab untuk mengajukan domain Procject Math Club ke pengurus domain Unnes, saya belum berani menggambilnya karena memang belum menguasai. Jadi daripada tanggungjawabnya tidak diurus dengan benar, akhirnya tidak jadi diajukan.
    Berbeda dengan sekarang, sudah tau sama yang namanya wordpress self hosting, custom domain, dan sebagainya. Kalau saja ada tawaran lagi untuk mengelola Project Math Club lagi ya udah pake domain Unnes :)
    Yang jelas, sekarang ini banyak dosen2 Unnes juga yang memberikan tugas via blog onlien, moodle, dan juga test onlen (lupa namanya apa, cuma dicritain aja :D)

    ReplyDelete
  3. wktu sy kuliah dlu blm booming internet, msh muahalllll

    ReplyDelete
  4. 1. neng, blognya sudah saya follow :D
    xixixixi, semoga berkenan followback blog saya yang jelek >_<

    2. Berhubung belum kuliah jadi ga bisa komen banyak tentang blog kampus :D
    Tapi waktu saya SMA dulu, blog jadi hobi yang lebih interest dari basket :D Pakai subdomain dari website sekolah juga buat ikut lomba. Biar beken gitu :D

    ReplyDelete
  5. Semoga program BPTIK Kampus Unnes sukses ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  6. saat saya SMP, ujian prakteknya disuruh bikin blog...

    ReplyDelete
  7. dulu waktu kuliah ada tuch mata kuliah e-commerce jadi kita disuruh bikin blog dan jualan..pura2 juga gpp...wahhh kalo inget jaman dulu kok jadi malu yaa...hehehe...di undip juga kayaknya krs udh online sech walau anehnya selalu saja ada masalah pas hari H..heheheh

    ReplyDelete
  8. Saya baru mengenal dunia daya sejak tahun 2002 itu pas saya SMA dan mengenal dunia blog pada tahun 2010, ternyata sekarang blog sudah dijadikan sarana untuk memudahkan segala urusan kemahasiswaan atau lainnya, dan untungnya lagi saya gak pernah kuliah heheh # ups

    ReplyDelete
  9. sayang waktu aku jaman sekolah belum mengenal blog. Menulis di blog itu menyenangkan :)

    ReplyDelete
  10. sepertinya makin banyak blog yang membahas pentingnya blog untuk pendidikan nih..

    ReplyDelete
  11. beberapa blog posting mengenai ini ya

    ReplyDelete
  12. kalau gia jadi guru, mau pakai blog juga sebagai salah satu media pengajaran nanti aaahh :)

    ReplyDelete
  13. waktu inyong kuliah dulu cuma dengar internet, ujudnya komputer belum tahu

    ReplyDelete
  14. Mencerahkan dan informatif... terima kasih sudah menuliskannya... :D

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)