Friday, 25 January 2013

Fashion Blogger

Dian Pelangi saat fashion show

Fashion blogger adalah tema postingan Liga Blogger Indonesia untuk pekan ketiga ini. Bagi saya yang baru dua tahun mengenal istilah fashion blogger,  segala hal tentang fashion blogger masih banyak yang harus dipelajari jika ingin tahu lebih banyak. Fashion blogger memulai karirnya dari ngeblog di jagat dunia blogsphere. Blog fashion blogger memang lebih berfokus pada all about dunia fashion, baik padu padan baju, hijab, sepatu, tas maupun dengan aksesoris lainnya.

Awal saya mengenal fashion blogger karena dikenalkan oleh seorang teman-Ririn- yang saat itu sedang mencari desain baju. Dia biasanya mencari desain baju yang unik-unik untuk diaplikasikan di baju yang akan dia buat dan pakai sendiri, jadi desainnya saja yang sama tapi bahan kainnya dari dia sendiri. Beda dengan orang yang suka praktis-praktis aja dengan membeli baju yang langsung jadi, teman saya ini bela-belain beneran nyari desain baju yang unik itu. Katanya lumayan menghemat pengeluaran daripada beli yang langsung jadi. Dengan menambah kreatifitas, baju-baju yang semula biasa saja bisa dia ubah menjadi lebih cantik inilah yang disebut DIY alias do it your selfNah, dari dialah saya kenal fashion bloger seperti Diana Rikasari dan Dian Pelangi. Dua orang yang memang dikenal sebagai fashion blogger muda, berbakat dan dikenal di kalangannya sebagai pioneer. 
Dian Pelangi
Bagi saya, fashion blogger seperti Dian Pelangi dan Diana Rikasari merupakan salah satu panutan yang membuat orang menjadi kreatif pula dan ingin mengikuti jejaknya. Fashion blogger memulai mendesain untuk diri sendiri, dipajang di blog untuk kepentingan pribadi, ada juga yang menggunakan brand lain dan mulai membantu mempromosikan sampai akhirnya kemudian merambah dunai fashion yang sesungguhnya dengan menggunakan brand sendiri. Bisa dibayangkan kan keuntungan dari menjadi fashion blogger? Mereka akan mendapatkan income dengan menjadi desainer untuk baju-baju unik tersebut. Bagi saya sendiri, tak ada salahnya memulai mencoba menjadi fashion blogger, tentunya dengan tetap bisa menempatkan kapan kita akan menggunakan pakaian apa di tempat mana. Kepekaan fashion blogger dalam hal fashion bisa dilihat dari pilihan warna dan desainnya yang ciamik dan ga pasaran. Inilah yang dicari anak-anak muda. Biasanya mereka rela antri untuk desain yang istimewa ini.

Diana Rikasari dalam Koran Pikiran Rakyat (diambil di blog pribadinya)

Fashion blogger bisa disetarakan dengan desainer yang memulai karirnya dari dunia majalah. Bedanya, mereka punya webnya sendiri, asyik kan kalau bisa mempromosikan keahlian kita pada dunia? Dian pelangi salah satu yang rajin diundang ke luar negeri untuk mempromosikan hijabnya. Bayangkan jika karena desain Dian Pelangi lautan hijab mulai merambah dunia fashion Indonesia yang terkenal dengan pakaian minimnya? Lihat saja sekarang banyak yang sudah mulai berhijab setelah melihat kiprah Dian Pelangi dan tidak lagi memandang muslimah itu jelek dan cenderung kumal. 

Saya rasa, tak ada salahnya melirik untuk berkaca, bahwa cantik itu wajib bagi perempuan. Tidak hanya cantik hati, tapi juga cantik fisik apalagi jika sudah memiliki suami.  Bahwa cantik itu juga bisa menginspirasi dan membuat orang ingin melakukan hal yang sama; menjadi perempuan yang indah dipandang. Berminat menjadi fashion blogger

16 comments:

  1. Aku udah tertarik sih, tapi belum cukup berminat :D hehe,
    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga, mba aini. makasih sudah berkunjung ya :D

      kalo berminat, biasanya fashion blogger menggunakan brand orang lain lebih dulu, hehe. bisa jadi lahan bisnis baru, mba. ;)

      Delete
  2. Pengeeeen kyk dian pelangi,berjilbab,cantik,modis tp tetsp syar'i. Tp kyknya ga bakat jd fazhion blogger :)

    ReplyDelete
  3. mungkin karena aku laki-laki, jadi yang aku tangkap hanya kecantikan dari berfashion-nya. kalau nggak salah, untuk wanita muslim dalam berjilbab disarankan untuk tidak terlalu mencolok dengan corak warnanya.

    ReplyDelete
  4. saya jadi random blogger aja deh hehehe

    ReplyDelete
  5. Hay hay ... lama banget nggak nengok-nengok blog-nya Mba Ila. Aiiih, makin keren.

    Btw, ngomongin fashion blogger, keren tuh, Mba!
    Ngeliat fashion sekarang lagi booming banget di Indo. Aku dukung 100% deh. Apalagi kalo berbau hijab.
    Tapi, semoga hijab nggak cuma hanya sekedar mode, harus lebih menjadi jiwa dan tetep syar'i. *nah lho?

    ReplyDelete
  6. duuhhh...aku belum berani jadi fashion blogger dechh...tau sendiri khan mba ngeblog aja baru hehehehe...tapi memang sekarang hijab lagi ngetrend gara - gara hijabers ya...cuman terkadang ada jilbab yang rasanya kurang pas bila di gunakan untuk sehari - hari hehehe..sebenarnya saya suka banget kalau liat fashion..kagum aja sama model yang bisa jalan dengan hak segitu tinggi..ga nyambung ya mba hehehe...

    ReplyDelete
  7. kirain cuma ada Liga olah raga aja , ternyata blogger juga ada liganya ya :) sukses ya Ila

    ReplyDelete
  8. suka liatnya tapi sekedar liat aja dulu :)

    ReplyDelete
  9. saya cuma suka melihat2 blog nya aja, lihat modelnya tapi klo ditanya berminat utk jadi fashion blogger keknya jawabannya adalah tidak, tidak pede maksudnya, xixiix

    ReplyDelete
  10. fashion blogger seperti sedang marak di dunia maya Indonesia saat ini...memang cantik itu perlu, cantik hati dan cantik fisik, namun terutama cantik hati...karena bila hatinya sudah cantik,,,,maka insya ALLAH fisik-nya pun kan bercahaya dan menjadi cantik dalam pandangan manusia, juga dalam pandangan ALLAH :)

    ReplyDelete
  11. Saya baru saja baca dari sebuah majalah ttg bbrp Fashion Blogger "kelas dunia". Di antaranya ada orang Jepang, muallaf, namanya Hana siapa gitu (majalahnya pinjaman, sudah dikembalikan jadi gak bisa ngecek lagi hehehe). Heran saja tdk ada nama orang Indonesia dalam majalah itu padahal berbahasa Indonesia, rupanya ada ya. Baru tahu saya. Ini gunanya ngeblog ya, saya jadi tahu.

    Thanks infonya Ila. Sukses ya liganya :)

    ReplyDelete
  12. sy suka liat blog2 para fashion blogger tp kl bikin kayaknya blm pede :)

    ReplyDelete
  13. Fashion blogger suka sih, banget lagi... Tapi ya itu aku ga bisa menuangkan dalam sebuah gambar..
    Pengen sih punya brand sendiri... Tp kpn ya??? Bt mulainya aja hmmm

    Sukses ya bt ila, in review bukan la? Yg kt ila kmrn?

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)