Thursday, 21 June 2012

Rumah sakit atau rumah sehat?

Bismillah...

Maaf lama tak update di blog ini, hehe :D 
Semoga teman-teman masih ada yang suka baca tulisanku XD 

btw, aku mau cerita curcol bentar... bulan Mei lalu keluargaku mengalami musibah. Alhamdulillah, masih dikasih ujian. Artinya Allah sayang banget ya? :D 

Tgl 9 mei bapak pulang dari ngajar pake motor, habis slese ngirim berkas ujian anak-anak SD yang lagi UN ke kantor dinas. Trus, pulang mau jemput ibuku di sekolahnya. Ga tau nya di jalan kecelakaan, di area desa bongkok bapak kecelakaan. Kata temen-temennya, ga ada tabrakan yang fatal karena cuma kesenggol aja, cuma spion motor sempet patah, dahi bapak luka memar gitu sama di tangan kanan juga luka. Sampai akhirnya sempet dibawa ke RS texin buat dirawat. Setelah 2 jam dirawat di ICU, disarankan sama dokter buat CT scan di kepala, takutnya ada gumpalan darah. Jam 4, bapak dilarikan ke RSU harapan anda, masuk ruang scan, trus lanjut ke ICU. sempet kupikir sakitnya parah banget. Kalut? iya. Tapi ada beberapa hal yang bikin hatiku adem di rumah sakit kedua, yaitu RSU Islam harapan anda. RS ini bener-bener keren! Islami banget, makanya kubilang bikin hati adem. :)

Awalnya, aku ga tau kalo RS ini sudah banyak mengalami perubahan struktur bangunan dan juga kualitas RS dibanding 2-3 tahun lalu waktu budhe dirawat di sini. sampe pas bapak diputuskan dirawat itu, aku baru tau kalo RS nya udah keren. Pertama masuk, di ruang lobi, ada tulisan besar di dinding RS, 
"Dan apabila aku sakit. Dialah (Allah) yang menyembuhkan aku"(QS.26:80)
Baca itu adem banget rasanya. Mungkin karena pas masuk itu udah panik aja sih. Harus CT scan, sementara aku juga ga tau prosedurnya gimana, harus masuk ICU pula. Semua syarat-syarat yang ngurus tetangga sama sepupuku :) Jadi alhamdulillah, banyak bantuan dari sanak kerabat terdekat pas bapak sakit. Habis liat tulisan itu jadi adem. InsyaAllah gapapa, insyaAllah baik-baik aja, batinku gitu. 

Trus, di sebelah kiri, ada jam dinding besar yang terpasang. Dua jam sekaligus, dengan waktu yang berbeda. Yaitu waktu mekkah dan waktu WIB. jadi misal aku masuk ke sana jam 16.00, jam mekkah tadi menunjukkan 13.30 waktu mekkah (seingetku sih gitu)

Kyyyaa, baru kali ini ada rumah sakit sekeren ini. Ada jam mekkah nya segala. :D

Trus, pas masuk ke arah ruangan ICU nya, di depan ruangan itu ada banyak taman-taman yang ditumbuhi pohon palem. adem ijo-ijo. Deket ruang ICU, ada ruangan tunggu yang bisa dipakai penunggu pasien. karena biasanya ga boleh masuk ke ICU, jadi orang-orang yang nunggu bisa ikut numpang tidur di situ, kayak lesehan gitu sih, tapi masih mending lah, dari pada tidurnya sambil duduk :))  di situ ada Tv  dan kamar mandi jg 

Begitu aku ijin buat sholat magrib, aku menyusuri koridor RS ke arah masjidnya. Di sepanjang koridor, ada kaligrafi terpasang banyak. di situ ada kotak keluhan, per bagian lorong ruangan ada orang-orang yang sudah ditunjuk untuk mengawasi misal ada kebakaran atau apa, itu udah tanggung jawab koordinatornya/kepala bagiannya. Ada foto koordinatornya pula dan no kontak yang bisa dihubungi. Jadi kalo ada apa-apa bisa dicari yang bisa nangani langsung. 

Nyampe di masjidnya, aku bengong. Kupikir awalnya cuma mushola aja. :D ga taunya masjid besarrr.... beneran besar. Baru kali ini liat rumah sakit yang punya masjid besar dan ga menyatu dengan ruangan tempat pasien. jadi posisinya agak di samping RS. 

Ini penampakannya kalo siang 

Ini dalemnya masjid, tapi ini ruangan yang buat cowok. kalo yang ruangan sholat buat cewek beda lagi, karena shaffnya ga menyatu, cuma dipisah sama satu pintu sebelah kanan yang bisa digeser buat liat imamnya... 








trus, kalo malem gambarnya ini...

Sampe di situ, aku belum berhenti takjub. Setelah kelar sholat magrib, ga taunya ada pengajian dari imam sholat. Isinya tentang nasihat untuk bersabar dan banyak berdoa. Intinya, kita yang mengunjungi pasien baik itu saudara kita atau teman kita, ga perlu takut atas takdir Allah. 


Kalau kita yakin bahwa Allah memberikan yang terbaik, insyaAllah kita akan ikhlas dan mungkin itu yang terbaik yang bisa Allah berikan untuk si pasien, baik berupa kesembuhan atau pun meninggal dalam khusnul khatimah, harapannya gitu. :) 


Dari situ aku menyimpulkan bahwa rumah sakit yang baik bukanlah murni tempat yang hanya menyembuhkan pasien secara fisik, tapi juga menyembuhkan trauma psikologis pasien dan juga kerabat yang menjenguknya. Agar terasa bahwa pertolongan Allah itu teramat dekat untuk kita. Bahwa ada takdir terbaik yang kita akan alami, insyaAllah itu yang terbaik. 

Ikhlas, sabar, syukur. 

Itulah tiga hikmah utama selama ada di rumah sakit ini yang membuatku tertegun takjub. 

Allah, betapa Engkau begitu mencintai kota ini dengan menghadirkan rumah sehat, bukan rumah sakit. Allahusyifaa... Allah yang akan menyembuhkan. :) Keep positif ya teman, jika ada ujian apapun baik sakit maupun ujian lainnya. InsyaAllah ada jalan keluar. :)

Tegal, 210612, 00:26
~buat mba akin, semoga cepet sembuh batuknya ya. :)


10 comments:

  1. Setuju, seharusnya itu Rumah Sehat agar masyarakat senantiasa menjaga kesehatannya, kalau Rumah sakit kesana pas cuma Sakit aja, hahaha... #Geje

    Semoga ga ada lagi musibah, la #AndaiBisa, aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, cukup sekali aja lah, gan. lama di RS bikin banyak merenung juga soal hikmah ini. RS yang baik ya gini, memberikan acuannya bahwa bukan dokter yang menyembuhkan, tapi Allah. :D

      Delete
  2. rumah sakit islam yah la?? kalo disini ada juga tuh rs semacam itu. kalo dari fisiknya sih mirip2 maksudnya ada kaligrafi sama masjid yang cukup gede
    dulu pas di rawat ada ustadznya yang keliling ke tiap ruangan kasih nasehat buat pasien. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, RS islam, fanz. hehe :D
      ada ustadznya pula pas di masjid, kayaknya sih rutin selama 5 waktu sholat pasti ada imam sholatnya :D
      suka sama RS yang begini bentuknya. bikin ati adem. ^^

      Delete
  3. 3 tahun lalu, aku juga nemenin kakekku yang sakit di rumah sakit islam. bawaannya seneng banget liat susternya yang pakaiannya busana muslim sopan-sopan. Apalagi, dokter jaganya ganteng pula, ya makin betah. hehe.
    Bapaknya udah sembuh???? semoga kembali sehat wal afiat ya

    ReplyDelete
  4. Wah mesjidnya keren banget. Iya ya kalo lingkungan rs nya bikin adem, otomatis pasien dan keluarga pst lbh tenang dan mungkin mnjd lbh ikhlas ya :)

    ReplyDelete
  5. Iya ya, kalo Rumah Sakit lebih beraura negatif ya, Mbak. Beda kalo Rumah Sehat atau Rumah Sembuh, semacam ada sugesti positif dr penyebutan istilahnya ya..

    ReplyDelete
  6. Wuisshh, masjidnya gak kayak masjid rumah sakit pada umumnya.... :D

    ReplyDelete
  7. Masjidnya bagus banget, bikin sejuk :)

    ReplyDelete
  8. itu masjid di rumah sakit mana ila?
    orang tegal yah???? aku lumayan sering ke tegal loh :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)