Wednesday, 27 June 2012

Giveaway Azzet : Sinergi Lewat Blog ~ Bercerita, Bersahabat, dan Berbagi




Giveaway Azzet : 

~ Sinergi Lewat Blog ~ 
:Bercerita, Bersahabat, dan Berbagi


Jam dua siang hari waktu Tegal. Aku menenggelamkan diri pada rak buku-buku yang sudah tua. Di perpustakaan kota ini, banyak sekali buku yang menarik, sebenarnya begitu. Tapi, aku kesulitan membaca cepat belakangan ini. Jadi kadang aku singgah ke perpustakaan, lalu membaca di sana. Itulah salah satu cara untuk membuatku mau tak mau menuntaskan bacaan sampai habis hari itu juga.

Kuarahkan kakiku berjalan menuju rak buku di pojok belakang Di deretan itulah buku-buku fiksi menjadi kegemaranku. Kuambil dua buku, lalu segera berkemas duduk kembali di kursi yang tadi kusinggahi sejenak. Perpustakaan ini tempat yang istimewa. Selain karena koleksi bukunya yang lumayan banyak, juga karena tempatnya nyaman untuk bertemu dan bertegur sapa dengan seseorang.

Hari ini untuk kesekian kalinya aku berjanji menemui seseorang. Seorang sahabat baru. Namanya Nur Aliah Saparida. Panggil saja Widhie. Dia baru kukenal setengah tahun belakangan. Agak rumit kami menyimpulkan apa yang terjadi. Perkenalan yang terjadi lewat dunia maya yaitu blog, bisa-bisanya berlanjut ke dunia nyata? Tapi begitulah takdir sering membuatku tercengang. Dan hari ini aku berjanji bertemu lagi dengannya.

Kami berkenalan berawal dari dunia blog. Aku yang sejak tahun lalu mempunyai kegemaran baru mengumpulkan informasi lomba-lomba menulis di blogku, mengantarkan dia untuk singgah di blog personalku dan bertegur sapa lewat komentar dan chat di fb. Agak lama aku intens berkomunikasi dengannya karena kami sama-sama mengerjakan beberapa project nulis buku antologi bareng. Dan tahukah kamu, saat ini dia jadi sahabatku. Banyak hal yang tidak bisa diceritakan pada orang lain, justru bisa dengan mudah kukatakan padanya. Seperti siang ini, aku menceritakan banyak kisah hidupku.

Ruang perpustakaan ini sunyi, karena sudah jam dua siang. Penghuninya yang sebagian besar berisi para siswa sekolah sudah pulang ke sekolah masing-masing. Satu persatu pengunjung di ruangan ini sudah pulang. Hanya ada aku yang menekuri buku-buku pilihanku tadi. Juga tiga orang staff perpustakaan yang sedang mengobrol lama di sudut ruangan. Hp ku berbunyi, tanda sms masuk. Dia sudah datang dan kami memilih buku-buku untuk dipinjam. Bersegera pindah tempat, karena jam sudah menunjukkan jam tiga sore. Perpustakaan hampir tutup. Kami pun beralih berdiskusi di sebuah tempat makan dekat masjid agung tegal. :D

Andai bisa kuurai bagaimana takdir mengantarkan kami bertemu, kujawab itu kuasa Tuhan. Takdirlah yang mempertemukan kami di blog. Lalu kemudian berkomunikasi di dunia nyata. Dan saat pertemuan itulah aku baru tau kalau dia adalah sahabatnya sahabatku. Dia sahabat Asti. Seorang sahabat yang juga kukenal dari dunia blog sejak tahun 2006 di multiply. Tapi baru bertemu di tahun 2008.  Aku dan Asti cukup dekat, bahkan aku lah yang menjadi sahabat satu-satunya yang menemaninya bertemu dengan calon suami yang sekarang menjadi suami asti.

Aku yang tertegun mendengar dia adalah sahabat Asti amat sangat tak menduga. Aku hanya berucap hamdalah. Bloglah sarana yang mengikat kami dari awal. Blog pulalah yang membuat kami berjanji bertemu untuk pertama kalinya. Blog pulalah yang membuat kami menjadi sahabat dalam waktu yang singkat. Kadang obrolan di kopdar kami sering berbincang tentang teman-teman grup nulis, juga teman-teman blog yang intens bertegur sapa via id grup Warung Blogger yaitu id twitter @warung_blogger.

Dari blog pula, mengalir banyak rejekiku. Blog menjadi pembuka jalan bagiku untuk mulai menulis lagi setelah vakum 2 tahun. Aku pernah menuliskannya di sini. Trauma masa lalu pelan-pelan hilang karena aku menulis lagi di blog. Kini aku intens menulis sampai saat ini sudah  menulis 34 buku antologi bersama teman-teman grup nulis.

Aku pernah mengalaminya juga, mendapatkan banyak hadiah lomba-lomba menulis di blog maupun kuis. Ada GA mba Rany Yulianti, Pak dhe Cholik, mba Fanny Sang cerpenis, dll. Juga bertemu banyak sahabat sahabat baru yang sering bertegur sapa baik secara personal maupun via blog mereka.


Dari merekalah aku belajar banyak tentang makna berbagi. Seperti saat tahun lalu aku ikut dalam kegiatan berbagi buku bersama para blogger. Kini sudah sampai fase ke 4. Sungguh tak menyangka respon gerakan hibah sejuta buku para blogger sangat menakjubkan. Untuk lebih detail tentang hibah sejuta buku bisa dibaca di sini.


Mari berbagi karena di luar sana banyak anak yang membutuhkan uluran tangan kita untuk membagikan buku-buku bermutu. Kurasa, kita bisa mulai program hibah buku ini dari diri sendiri, dari kita para blogger untuk mencerdaskan anak negeri.

Maka kuucapkan sekali lagi, terimakasih duhai pencetus blog. Karena lewat merekalah kita bersahabat, karena lewat merekalah kita bersinergi menjalin pertemanan. Bukankah silaturahim juga melancarkan rejeki? Semoga rejeki kita mengalir pula via blog. Baik rejeki berupa persahabatan maupun ketemu jodoh. Ya, siapa tahuu yaa,  jodohku yang belum nongol bisa ketemu dari blog. Wekeke. :D Semoga pertemanan kita selalu membawa berkah. Aamiin ;)


Tegal. 270612, 08:26

Tulisan ini diikutkan pada kontes Betapa Senangnya Ngeblog dan disponsori oleh Mahabbah.

12 comments:

  1. "Ya, siapa tahuu yaa, jodohku yang belum nongol bisa ketemu dari blog. Wekeke. "

    Kan sudah mbak ila...?? hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, kok tau sih, gan? kamu cenayang ya? :p

      Delete
  2. Salah satu tujuan ngeblog adalah untuk menambah teman dan saudara. Makanya sy ucapkan, "Salam persaudaraan ya, Mbak!" Semoga sukses dlm GA-nya Mas Azzet. amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, salam kenal juga, kak irham. salam persahabatan ^^

      makasih doanya, hehe :D

      Delete
  3. Bercerita, Bersahabat, dan Berbagi memang sangat bisa diperoleh dari ngeblog ya, Mbak. Hmmm...., saya telah membaca dengan cermat artikel di atas dan langsung saya DAFTAR. Makasih banyak ya, Mbak Ila Rizky Nidiana. Dan, salam blogger persahabatan....

    ReplyDelete
  4. Wkwkwkwk nek ketemu jodoh lewat blog, cerita2 ya mbak :D

    ReplyDelete
  5. wah setelah baca.. aku JADI tambah semangat blogging deh.. #KeepBlogging ^_^ salam blogger persahabatan ;D

    ReplyDelete
  6. jadi sama yang itu tuh mbak ila #kok jadi gosip yaa :P

    ReplyDelete
  7. Semoga cepat dapat jodoh blogger yah

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)