Sunday, 5 February 2012

Bukik Bertanya : Diamond Wannabe

Bukik Bertanya: Diamond Wannabe_@ila_rizky

Daftar Pertanyaan
1.  Siapakah anda? Siapa nama anda? Siapa saja nama anda? Nama yang diberikan orang lain maupun diri sendiri. Apa cerita dibalik setiap nama itu?

Namaku Ila Rizky Nidiana. Di rumah aku dipanggil kiki, ii, sedang di sekolah, kampus, organisasi dan kantor dipanggil Ila. Nama ini pemberian kakek, dulu pas menjelang kelahiranku, mama 2 hari masuk rumah sakit, sudah mulai pembukaan tapi ditunggu sampai 2 hari belum muncul tanda-tanda kelahiran. Akhirnya kakekku ijin pulang dan sholat juga berdoa. Semoga kelahirannya lancar. Tepat pukul 00.10 tanggal 11 maret 1988 putri pertama kedua orang tuaku lahir.  Namaku berasal dari kata dasar Ila – entah bingung juga apa artinya. Tapi katanya berarti menuju. Kata “Rizky” adalah doa. Semoga selalu menuju dan dilimpahi rejeki yang selalu datang dari mana saja. Sedang kata Nidiana adalah kata gabungan dari kata Ni (penggalan nama ibu), Di(penggalan nama ayah) dan Ana yang artinya ada. Semoga kedua orang tuaku selalu mengiringi kehidupanku.

2.    Apa kejadian yang paling menggetarkan hati ketika bersama ayah anda? Bersama ibu anda?

Kejadian paling menggetarkan hati ketika bersama ayah. Saat aku nekat pulang sendirian dari les bimbel pukul setengah enam sore, padahal bapak sudah bilang bahwa akan menjemputku. Dia selalu berkata bahwa, setiap janjinya adalah benar. Aku pikir aku harus pulang segera karena sudah hampir malam. Begitu aku jalan sampai di ¾ perjalanan akhirnya beliau menemukanku di jalan raya. Katanya”kenapa tidak nunggu?kalau bapak sudah janji pasti akan ditepati. Bagaimana pun caranya.” Baginya, janji adalah amanah yang harus  dilaksanakan. Sejak itu aku selalu berharap bahwa aku akan memiliki seorang suami yang bertanggungjawab sepertinya. Janjinya adalah cinta yang diwujudkan dalam bentuk nyata. Perbuatan. Bukan hanya kata-kata. Tegas dalam bersikap juga simpatik dalam penampilan.

Kejadian paling menggetarkan saat mama sering bercerita tentang impian masa kecilku. Yaitu ingin mempunyai usaha restoran terkenal seperti Taguya di Tegal. Kata-katanya menjadi seperti doa yang terus dialunkan. Suatu saat pasti akan kuwujudkan, Mom. I’m promise for you.

3.    Ingatlah seluruh perjalanan hidup anda. Apa kejadian-kejadian (3 – 7 kejadian) yang mengubah diri anda hingga menjadi seperti ini, menjadi orang seperti saat ini? Apa saja perubahan dalam diri anda yang terjadi pada setiap kejadian itu? 

Saat memutuskan untuk masuk ke khatulistiwa Tour and Travel di februari 2010. Ada satu pertanyaan tentang prinsip hidup yang diajukan oleh General manager saat tes wawancara. Ada sebuah kasus yang diajukan kepadaku yaitu andai aku menjadi manager yang sedang melobi kepala sekolah untuk studi tour dan kepala sekolah itu minta uang suap agar tender dimudahkan, kepala sekolah akan memastikan semua anak akan menyetujui harga tender yang dia tawarkan, apakah aku akan menerima penawaran itu?. Aku menjawab iya jika berbentuk gift. Akhirnya selang 1 pekan setelahnya, aku ditanyai tentang hal ini  lagi via telepon oleh General manager tadi.  Dan dinasihati olehnya via telepon. Katanya, aku harus tetap memegang teguh prinsip bahwa seperti apapun suap bahkan sekecil apapun bentuknya, tetap harus mengatakan tidak. Prinsip hidup adalah prinsip. Dunia bisa berubah, tapi prinsip kebaikan harus tetap dipegang teguh, bagaimana pun caranya.  

Setelah general manager itu bercerita panjang lebar, dia mengakui bahwa dirinyalah yang telah menolak suap itu. Dan kasus itu benar-benar nyata. Dia menolak tender  dengan perhitungan keuntungan 60 juta padahal semua persiapan mulai dari pesan tempat, pesan tiket, pesan bus, dan catering hampir fix 90 %. Setelahnya tanpa diduga sore harinya ternyata ada rejeki lain dari yang tak terduga. Kantor dinas provinsi meminjam jasa tour bahkan memberi fee lebih besar dari standar tour anak sekolah. Subhanallah... Sejak saat itu aku makin percaya bahwa rejeki manusia bukan berada di tangan manusia lain, tapi dari Allah lah semua rejeki itu ada.

4.    Bila mengingat perjalanan hidup anda, apa yang anda hargai dari
  1. Diri sendiri : semangat belajar untuk terus memperbaiki diri dan selalu memotivasi orang lain untuk bisa berprestasi sepertiku
  2. Keluarga : tempat pulang paling nyaman bagi hati, jiwa juga tubuhku. sejauh apapun perjalanan telah kutempuh, keluarga adalah tempat terindah dari segala tempat yang pernah kupijak di bumi ini.
  3. Orang lain : kepercayaan mereka padaku, support penuh dan persahabatan tanpa mengenal dari mana aku berasal.
  4. Indonesia : negeri dengan sejuta pesona keindahan alamnya. ingin aku jelajahi sampai ujung negeri.
  5. Kehidupan : mengajarkan banyak hal tentang hikmah dan kesabaran. tentang arti berjuang dan tersenyum saat segala hal tidak selalu bisa kuraih dengan kedua tanganku. Aku masih punya Allah untukku meminta perlindungan.
5.    Kalau memandang seluruh kehidupan anda secara utuh, apa sebuah benda/simbol yang paling melukiskan diri anda? Bagaimana cerita dari simbol lukisan diri anda tersebut?
       Matahari : sinarnya akan menerangi sekitar meski dia berjuang sendirian.matahari juga mewarnai hari dengan semangat berbagi. Aku ingin cahayaku bisa menyinari sekelilingku. Memberi manfaat lebih banyak pada masyarakat.

6.    Imajinasikan. Setelah ini anda tertidur panjang. Selama anda tidur, seluruh harapan positif anda terwujud. Dunia menjadi seperti yang anda idamkan. Anda terbangun dari tidur panjang anda dan menyaksikan Indonesia pada tahun 2030. 
  1. Apa yang anda dengar dan saksikan?Kehidupan dengan jutaan keindahan alam yang masih memukau,  danau dan gunung serta peradaban indonesia menjadi jauh lebih rapi dan tertata indah. Pemandangan alam ciptaanNya tetap terawat dan terjaga.
  2. Bagaimana orang-orang menjalani hidup? Masyarakatnya sejahtera dan saling berbagi dalam suka maupun duka. Islam meluas dan rahmatnya menaungi seluruh penjuru negeri. Tidak ada lagi orang kekurangan makanan dan mati kelaparan karena busung lapar karena nilai islam diterapkan dengan seadil-adilnya. Zakat tersalurkan dengan baik kepada para fakir miskin.
  3. Apa hal kecil berdampak besar yang ingin anda lakukan untuk mewujudkan imajinasi anda tentang Indonesia pada tahun 2030 tersebut?  berjuang agar bisa mempunyai perusahaan dan perkebunan teh sendiri pada tahun 2020. dan bisa mewujudkan indonesia setara di tahun 2030. menjadi salah satu icon pengusaha wanita yang sukses dunia akhirat.
7.    Pada suatu waktu nanti, seseorang membuat biografi tentang diri anda yang menjadi best seller. Apa kira-kira judul birografi itu?
      Judulnya Diamond Wannabe. Perjuanganku menuju impian terbesarku. memiliki perusahaan dan perkebunan teh di lembang, Bandung. Dan mencipta sejarah bahwa indonesia bisa terkenal di internasional berkat agrowisatanya.  

8.    Apa hal konyol yang pernah anda lakukan dalam hidup?
       Mengganti impian ketika impian itu tidak bisa kuwujudkan. Yaitu ketika aku menyerah di level manager. Sedangkan selangkah lagi bisa director.

5 comments:

  1. mbak ila...
    seperti riwayat ya :)

    gak nyangka loh mbak ila pengen punya perkebunan teh ^^ masyaAllah
    semoga terkabul

    ReplyDelete
  2. turut mendoakan impiannya bisa terwujud ya ? nanti undang saya untuk wisata di kebun tehnya juga..hehehe.

    ReplyDelete
  3. mantap ki...
    tetap semangat untuk berjuang!!!!

    ReplyDelete
  4. Tanya yg sangat bagus dan jawaban lebih bagus lagi, bisa menjadi bahan renungan.

    jangan kecewakan orang tua ya la.. :) Aamiin.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)