Tuesday, 8 November 2011

Mari Menulis Agrihome

Sumber ; Fb Ayo Menulis Buku

Mari Menulis Agrihome

Agrihome adalah budidaya tanaman pertanian yang bisa dilakukan di area pekarangan terbatas (rumah). Kami dari Redaksi Penerbit Buku Nuansa Cendekia Bandung
...
merencanakan program penerbitan buku berkaitan dengan budidaya tanaman yang cocok dibudidayakan di pekarangan. Tujuan penerbitan ini bukan sekedar menerbitkan sebab pokok-pokok bahasan yang kami tawarkan memang sudah banyak diterbitkan. Tetapi kami melihat banyak buku bertebaran itu bersifat praktis, tetapi hanya praktis pada judulnya. Banyak pembaca yang berniat menggali ilmu dari buku-buku agribisnis itu kurang merasa puas saat diimplementasikan. Oleh karena itu kami bermaksud melakukan perubahan mendasar pada beberapa hal berikut:
1. Model penulisan harus mengombinasikan antara riset bacaan yang valid dari literatur disertai riset lapangan. Sample-sample dari pendapat praktisi bisa didapat melalui wawancara. Karena metode penulisan ini sifatnya kombinasi, maka tidak menjadi masalah manakala naskah Anda sebagian berisi liputan atau feature.


2. Gaya bahasa harus dengan pola tutur (cerita mengalir) agar setiap pembaca bisa menyerapnya secara praktis. Agar setiap golongan pendidikan mampu menyerap ilmu dari buku Anda, maka sangat ditekankan agar saat menulis, Anda mestinya berpikir lawan bicara Anda harus memahami secara detail setiap kata, istilah, terlebih istilah asing sampai menghasilkan paragraf yang bisa dipahami secara mudah. Hindari penggunaan istilah-istilah akademik/textbook yang sulit. Sekiranya istilah tersebut sulit, setiap penulis harus memberikan penjelasan secara khusus sampai pembaca lulusan Sekolah Dasar punbisa memahami.

3. Skema penulisan tidak perlu lagi mengacu pada gaya akademik yangserba simple tetapi membosankan sebagaimana kita baca dari kebanyakan bukuyang sudah terbit selama ini. Jenis penulisan Feature Ilmiah lebih menarikuntuk masyarakat ketimbang jenis penulisan ilmiah.

Pada desain yang kami tawarkan, (yakni dengan skema tiga jenis tanaman di bawah ini), kami ingin membuat pembaca mendapatkan satu buku dengan tiga ilmu pengetahuan sekaligus. Agar satu tema (tanaman) yang diulas nyambung dengan jenis tanaman lain, maka kami petakan jenis tanaman satu rumpun. Misalnya, Pepaya, Pisang dan Labu Siyam.

Apa saja yang harus dibahas dalam setiap tanaman itu? Pada prinsipnya akan mengacu dari poin-poin berikut:

1. Penjelasan tentang tanaman: asal muasal, rumpun tanaman, kecocokan tanah, iklim, umur dan musim. Bisa juga Anda jelaskan lebih luas.

2. Cara Menanam: Proses ini dimulai dari mencari bibit pilihan,penempatan di pekarangan, pemupukan, pengobatan, penyakit dan penanggulangandari umur awal tanam sampai perawatan masa panen. Inti pada bagian iniadalah mewujudkan keberhasilan tanaman dari mulai menanam sampai berhasil.

3. Masa panen. Setelah panen mau diapakan? Dijual atau dimanfaatkan untukkeluarga? Karena acuan dasar penulisan buku ini adalah menghasilkan panenterbatas, maka untuk urusan penjualan tidak perlu dibahas secara mendetail.Cukup diberikan ilustasi secukupnya untuk kemudian masuk pada pembahasanpemanfaatan. Manfaat utama sebagai tanaman pekarangan ialah untuk konsumsirumah tangga. Bagaimana memasaknya? Ini harus dijawab secara detail.

4. Bagian empat adalah bagian terpenting di mana Anda harus menjelaskanmasing-masing manfaat gizi dari setiap tanaman atau buahnya. Misalnya padapapaya terdapat manfaat pada buahnya. Selain bisa dikonsumsi langsungsetelah masak di pohon, papaya juga bisa untuk sayuran dapur. Daun papayamemiliki banyak manfaat. Bahkan getahnya pun bermanfaat. Penjelasan detailsangat dibutuhkan karena di sinilah konstribusi besar setiap penulis kepadapembaca akan diuji.

5. Bagian kelima akan masuk pada pembahasan lain-lain yang sekiranya padabagian sebelumnya tidak dijelaskan. Sekiranya setiap bercocok tanam bisadiberikan tips-tips organic, maka itu akan menjadi nilai lebih yang luarbiasa.

Berapa panjang setiap tanaman harus dijelaskan? Panjang-pendek penulis bagi kami tidak penting. Panjang tetapi kalau tidak memiliki bobot nilai keilmuan dan praktis juga percuma. Karena itu sebaiknya Anda tidak berpikir panjang pendek, melainkan mengacu pada asas kebutuhan (Kebutuhan untuk menjelaskan secara detail dan praktis hingga pembaca merasakan benar manfaat dari buku yang Anda tulis). Kami membebaskan kreativitas Anda untuk benar-benar memberikan manfaat yang baik bagi pembaca yang telah berkenan membeli buku yang Anda tulis.

Berikut ini adalah contoh inspiratif yang menjadi harapan kami:
Cara Tanam, Perawatan dan Pengolahan Pasca Panen; Pisang, Pepaya dan Labu Siyam: Tiga tanaman bermanfaat untuk gizi keluarga.

Pisang, Pepaya, dan Labu Siyam adalah tiga tanaman yang akrab dengan kehidupan kita. Saking akrabnya, ketiganya bisa hidup berdampingan dengan kita tanpa membutuhkan syarat luasnya tanah. Pisang, papaya dan labu siyam memiliki manfaat komersil untuk penghasilan tambahan. Lebih dari itu ketiganya juga sangat praktis untuk dimanfaatkan sebagai makanan bergizi guna menunjang kesehatan keluarga. Bagaimana ketiganya harus ditanam secara baik? Bagaimana memanfaatkan hasil panen?

Tema-tema yang akan kami terbitkan:

1. Pepaya, Pisang dan Labu Siyam (Jipang). (Tema sudah ada yang mengambil)
2. Singkong, Talas, dan Ubi Jalar
3. Tomat, Cabe dan Terong
4. Seledri, Daun Bawang, Seledri
5. Sukun, Mangga dan Sirsak
6. Belimbing, Delima dan Jambu Air
7. Pare, Kacang Panjang dan Kecipir
8. Kangkung Akar, Bayam dan Caisim
9. Jahe, Kunyit dan Serai
10.Tema lain boleh diusulkan, termasuk perikanan, peternakan dan pengolahan pasca panen.

CATATAN: Setiap Naskah akan diseleksi melalui tim redaksi Nuansa Cendekia. Butuh waktu antara 2-3 bulan untuk masa seleksi naskah.
Ditekankan agar setiap penulis membaca buku-buku sejenis yang sudah terbit agar mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing buku sehingga bisa menciptakan nilai lebih pada buku yang sedang ditulis.
Konsultasi, nuansa.cendekia@gmail.com

4 comments:

  1. harus banyak membaca mengenai tanaman ya,gak bisa asal nulis kan

    ReplyDelete
  2. Yupps, iya, mba Lidya. Dicoba aja barangkali sesuai dengan passion, mba.. hehe.. :D

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)