Wednesday, 9 November 2011

[Januari50K] Awal Sebuah Cerita

AWAL SEBUAH CERITA

By TD Siswo 
Ide sudah menari-menari tetapi ketika akan mengawali cerita, mendadak pikiran seperti mati. Apa yang harus ditulis?

Mari kita belajar, bagaimana para suhu mengawali cerita...

a. Deskripsi tentang kota/kerajaan/negeri
Ada sebuah negeri indah dan mungil bernama negeri madu. Penghuni yang tinggal di negeri itu beraneka ragam. Ada hewan-hewan, peri, kurcaci, bahkan raksasa juga! (Kisah dari Negeri Madu – Haya Aliya Zaki).
Dahulu kala, negeri Totanua adalah negeri yang subur. Kehidupan rakyatnya sangat sejahtera. (Raja Buruk Muka – Sri Widiastuti)

b. Deskripsi tentang sifat/keadaan tokoh utama
Uli adalah seekor ulat pemalas. Ketika teman-temannya asyik makan daun-daun untuk bekal tidur panjang, Uli hanya bermalas-malasan. (Kupu-kupu yang Tak Bisa Terbang – Arumi Ekowati).
Pak Ruben, si penjahit istana, sudah sangat tua dan ingin pensiun. Namun Raja belum menemukan penjahit penggantinya. (Jubah Satu Mutiara – Rae Sita Patappa)

c. Deskripsi tentang kegiatan/aktifitas/perasaan tokoh utama
“Uwaaa....” Ulit menguap, membuka mulutnya lebar-lebar. Ia baru saja bangun tidur, padahal mentari sudah tinggi. (Peri Pagi – QS. Emmus).
Sepasang mata kucing tiba-tiba membentang di depan Lisa. Sangat besar! Membuat Lisa ketakutan. Ia berteriak nyaring, tapi tak seorangpun yang datang menolong. (Setelah Ipin Pergi – Benny Rhamdani).
---
Contoh diatas adalah yang banyak dipakai untuk mengawali sebuah cerita. Selain contoh diatas, tentu saja masih ada cara lain. silahkan gali sendiri dari cerita yang teman2 baca. Tetapi dengan bekal 3 contoh diatas, kurasa sudah cukup untuk memulai menulis. Jadi... Tak perlu banyak teori, segeralah beraksi (menulis).
*Tak lupa, mohon ijin kepada suhu dan teman-teman yang ceritanya saya kutip sebagai contoh.
Semoga bermanfaat.
Tedi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)