Tuesday, 18 October 2011

Mission Impossible: Menulis Novel dalam 2 Minggu

Mission Impossible: Menulis Novel dalam 2 Minggu

Menulis novel 150 halaman dalam 2 minggu, sanggupkah?
Kalau pernah menulis novel anak 50 halaman dalam 10 hari, kenapa tidak?
Kalau pernah menulis apa saja 5 halaman sehari, kenapa tidak?
Push harder, bisa kok.
Dari 5 ke 10 kan nggak banyak nambahnya.

April lalu, aku menulis novak 80 halaman 10 hari. Jadi kenapa tidak 150 dalam 15 hari. Nambah dua lagi saja per harinya.

Lha, memangnya nggak punya kerjaan lain? Bagaimana membagi diri untuk tugas lain sebagai ibu atau istri?

Ini yang kulakukan sebelum mulai menulis:

  1. Mengukur kekuatan. Biasanya kuat berapa halaman sehari? Akan lebih mudah kalau kita rutin menulis setiap harinya, berapa pun dapatnya. Satu-dua halaman rutin tiap hari lebih baik ketimbang 7 halaman seminggu yang nggak jelas perincian waktunya, alias ngikuti mood.
  2. Memperhitungkan target. Kapan deadline-nya, ada berapa hari kerja efektif, berapa jumlah halaman yang harus ditulis. Misalnya kita cuma punya 15 hari, target 45 halaman. Artinya per hari minimal 3 halaman.
  3. Aim high. Push harder. Kalau kebiasaan cuma 1 hlm/hari tapi target menuntut 3 hlm/hari, berarti kita harus mencari cara untuk bisa bekerja lebih keras.
  4. Apa yang harus kita tambahkan, jam kerja atau tenaga? Kalau kita menambah jam kerja, mungkin bisa deh sehari 3 halaman. Bangunlah lebih pagi, tambah jam kerja di malam hari. Kalau perlu tambahan tenaga, delegasikan beberapa pekerjaan kepada orang lain, agar kita bisa mengalihkan energi untuk projek di tangan.
  5. Bicarakan dengan keluarga. Tunjukkan kesungguhan dan keinginan menyelesaikan projek ini. Bicarakan jam kerja yang realistis. Mintalah dukungan penuh dari keluarga. Anak-anak bisa mengerti kalau diberi penjelasan, apalagi kalau kebutuhan mereka sendiri sudah terpenuhi.

Memulai menulis:

  1. Singkirkan gangguan, termasuk FB lho ya. Berfokuslah. Kegiatan yang tidak berkaitan dan bisa ditunda, tunda saja dulu. Jangan bela-belain ke bank, kalau memang nggak perlu sekarang. Percayakan anak atau pasangan mengurus tugas mereka sendiri.
  2. Buatlah jurnal harian. Hari ini, target berapa, tercapai berapa. Upayakan pencapaian melebihi atau mendekati target. Kalau kurang banyak, berarti ada yang salah dengan perhitungan kita.
  3. Soulmate, seperti suami/istri, sahabat, keluarga, bisa dimintai tolong untuk menyemangati. Silakan pasang status progress, karena dukungan teman-teman bisa membantu, tapi jangan berlama-lama mereply, nanti akhirnya jadi mengobrol.
  4. Jam kerja diperpanjang. Dalam kasusku, aku bangun pk.03.00, karena dini hari paling nyaman dan ampuh untuk menulis.
  5. Gunakan musik, kalau suka. Ngemil dikit, sekadar menghilangkan kantuk, bukan untuk menambah berat badan, kopi atau teh kalau biasa.
  6. Selagi menulis, sesekali berjalan-jalan keluar, hirup udara segar, gerakan badan.
  7. Telepon teman, mengobrol dengan manusia, kalau lagi stuck. (dengan peliharaan pun boleh kok. Membicarakan ide dengan siapa pun apa pun bisa membantu kita mengurai kekusutan. Walaupun yang diajak berbicara nggak bisa jawab)

Bekal yang membuat Mission Impossible ini menjadi possible:

  1. Kita sudah punya gambaran besar ide, tidak blank saat mulai menulis. Tapi tidak harus mendetail, karena dengan ide-ide dasar, karakter yang sudah dipikir masak-masak, cerita biasanya mengalir sendiri.
  2. Kita sudah melakukan riset kecil, seperlunya. Kalau waktunya panjang, riset bisa intensif dan ekstensif. Tetapi dengan waktu terbatas, riset tidak perlu berlebihan karena bahan terlalu banyak justru membingungkan. Dengan bahan riset seadanya, sambil jalan akan muncul apa yang kurang.
  3. Gunakan waktu luang (duduk di angkot, menyetir dan macet, atau mencuci, mengepel, bikin kue dll.) untuk memikirkan percakapan, karakter, plot dsb. Jadi waktu duduk lagi, sudah ada yang akan dituliskan.
  4. Sudah membiasakan menulis rutin dan memiliki target harian, bukan mengikuti mood. Kalau punya 1 jam, menulislah 1 jam/hari, kalau punya 20 menit, ya rutinkan. Bahkan 5 menit pun bisa menulis 2-3 kalimat. Ini akan lebih mudah untuk dipush.
  5. Banyak membaca. Sangat melancarkan menulis.
  6. Apa lagi?

Sementara ini saja dulu.
Silakan kalau ada yang mau menambahkan.

Salam kreatif.

23 comments:

  1. Waaaa cool~
    Kapan ya aku bisa nulis panjang-panjang~

    ReplyDelete
  2. saya dulu pas semangat nulis pernah nulis cuma 5 hari 99 halaman.. hix hix, tapi cuma saat itu saja Ky.. :(

    ReplyDelete
  3. imposible is nothing, yes!? ;)

    ReplyDelete
  4. Hebat,
    Subhanallah kekuatan dan kebeningan fikirmu sungguh luar biasa, ini 'pasti ada turut campur' dari Allah dan ini karunia NYA kepadamu.

    Salam

    ReplyDelete
  5. aiih, saranny okeh nih...
    tapi dikasusku, mood juga mesti ngdukung mb
    =P

    ReplyDelete
  6. Dear.

    hhhmmmsss ternyata sang empunya blog adalah writer... senang bisa kenalan.... dan semoga sukses teruis usahnnyaaa.... kalo boleh pesan... buat novel yang mengakat akar budaya leluhur dan kearifan lokal kepada anak2..... karena takit mereka gak mudeng dengan khazanah dan kekayaan bangsa di masa depan....


    regards.
    ... Ayah Double Zee ...

    ReplyDelete
  7. Subhanallah! Serasa dibakar semangat untuk menulis....AKu harus mencobanya!!!!
    Makasih ya Mbak Ila

    ReplyDelete
  8. Mbak Ilaaaa.....

    Salam kenal *salaman

    Jiyahhh.. saya tuh nyari2 siapa Mbak Illa, rupanya ini tho?

    Alhamdulilah, dapet kabar dari Saidi kalau buku yang Mbak Ila kirim dah sampe. Makasih banyak, yah... deuuu, bisa ngelink deh. barusan menyebut nama Mbak Ila, tapi tanpa link hihihi...

    Btw, luar biasa tipsnya, saya sering males2an aja kalau mau nulis, gimana mau jadi penulis? Hiks :(

    ReplyDelete
  9. sekedar informasi.. buku yang mbak kirim.. udah lama sampai di tempat saya.. kira2 hari sabtu kemaren kalo saya tdak salah.. :)

    ReplyDelete
  10. Wuuuih :)
    tips2 dari seorang penulis nih :)
    asik2...
    sy bookmark ah :D

    ReplyDelete
  11. Tips nya bermanfaat sekali mba. Jadi semangat nulis nie....
    NIce Post!

    ReplyDelete
  12. tipsnya ok2 Rizky..
    sayang..dg 2 ank yg super heboh tanpa pembantu,..1 hal per hari aja dah alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  13. Wah.. rencananya matang banget, tipsnya aku bilang sangat ampuh... Jadi kedorong ingin menulis dengan target seperti ini. Bravo!

    Ohya, jika berkenan saling follow yuk. Kunjungi juga blogku: http://sejutaimajinasi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  14. wah, rame banget ya? :D

    @mb una : bisa, ayo kapan mau dicoba? hehe.. setiap orang bisa nulis karena terbiasa dengan obrolan, hanya beda media aja. dituangkan di tulisan.. hehe...

    @mba dhe : waww. kereenn! 5 hari 99 halaman itu mantappp! aq aja masih ngos2an pas ikut 11project11days nya nulisbuku, hehe...

    ReplyDelete
  15. abahgaul : yupps..

    obrolanblogger : insyaAllah, doanya aja, kak. :)

    rezkaokta : iya, mba... makanya dibolehin buat ngobrol atau cari aktivitas lain kalo pas bosen, hehe..

    ReplyDelete
  16. Ayah Double Zee : insyaAllah, hehe.. mohon doanya ya, kak.. ^^

    ar rian : wahh, kak rian smangat banget sampe ikut proyek nulisbuku kirim naskahnya awal2 hehe... :D aq seringnya jam 9-11 baru kirim, hehe... mepet ama deadline. :P

    ReplyDelete
  17. mba anaz : halow, mba anaz.. makasih atas tawaran hibah bukunya ya.. semoga bukunya bermanfaat untuk teman2 di papua. dan panitia juga mendapat pahala yang berlimpah.. aamiin :D aq jarang main ke mp, jadi jarang blogwalking disana, hehe..sering denger nama mba padahal... :D

    ReplyDelete
  18. kak saidi : makasih yah, kak. makasih atas bantuannya ya ^^

    uchank : itu dari temenku. :P liat deh nama penulisnya di bawah judul. hihi.. :)) kalo mau sering aktif nulis, emang harus masuk grup kepenulisan. di fb banyak grup2 kepenulisan yang gratis. nanti kalo butuh hub aq aja.. hehe.. daftar nama grupnya banyak, jd lupa apa aja. :D

    ReplyDelete
  19. hajarabis ; itu web apa yah? :D

    cikvee : insyaAllah bermanfaat, asal dicoba,mba.. :D silahkan langsung action! ^^

    mba ketty : di grup IIDN (ibu2 doyan nulis) juga banyak yang punya anak kecil, mba... dan ga punya pembantu, hehe... klo tau nama mba dedew dewi rieka, dia juga nulis disela-sela ngurus anak... ntar masuk ke grup aja, mba... insyaAllah banyak temen, jadi saling memotivasi.. ^^

    ReplyDelete
  20. wahyu : makasih.. :D

    basith : makasih, kak... sukses juga ya.. :D

    ReplyDelete
  21. kLo aku Lagi happy bisa sampai 15 haLaman per harinya ..

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)