Monday, 11 January 2010

Back to nature with honey :D



“Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia” (An-Nahl:69).


Saudariku, taukah kalian bahwa penyakit itu ada dua macam? Yup…!! Betul sekali. Penyakit itu ada dua yaitu penyakit hati dan penyakit jasmani. Kedua penyakit ini mengandung hikmah ilahi dan kemukjizatan yang hanya bisa dicapai oleh kalangan medis di pertengahan abad ke-18.

Sesungguhnya kepada Allah dan para Rosul, yaitu akidah yang tertanam dalam hati, merupakan solusi pengobatan yang terpenting bagi hati, yakni bagi penyakit jiwa.

Sedangkan untuk penyakit jasmani, kita bisa menengok pengobatan ala Rasulullah saw. Pengobatan ini lebih populer dengan istilah Thibbun Nabawi. Pertama kali dimunculkan oleh dokter muslim sekitar abad ke-13 M untuk menunjukkan bahwa ilmu-ilmu kedokteran harus berada dalam bingkai keimanan pada Alloh sehingga terjaga dari kesyirikan, tahayul dan khurafat.

Salah satu obat yang dianjurkan oleh Allah dalam Al Qur’an  selain habbatus sauda adalah madu. Cairan yang dihasilkan oleh si mungil lebah ini, ternyata punya banyak manfaat lho… Mau tau apa aja manfaatnya? Simak yuuuk penjelasan berikut ini… :D

Beberapa hasil penelitian tentang madu:

  1. Bakteri tidak mampu melawan madu, dianjurkan memakai madu untuk mengobati luka bakar. Madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan (inflammatory activaty anti).
  2. Madu kaya akan kandungan antioksidan, Antioksidan fenolat dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oxidative stress).
  3. Madu dan kesehatan mulut, Bila digunakan untuk bersikat gigi bisa memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi, mengobati sariawan dan gangguan mulut yang lain.
  4. Madu dan kulit kepala, Dengan menggunakan cairan madu berkadar 90% (madu dicampur air hangat) dua hari sekali di bagian-bagian yang terinfeksi di kepala dan wajah diurut pelan-pelan selama 2-3 menit, madu dapat membunuh kutu, menghilangkan ketombe, memanjangkan rambut, memperindah dan melembutkannya serta menyembuhkan penyakit kulit kepala.
  5. Madu dan pengobatan kencing manis, Madu mampu menurunkan kadar gloukosa darah penderita diabetes karena adanya unsur antioksidan yang menjadikan asimilasi gula lebih mudah di dalam darah sehingga kadar gula tersebut tidak terlihat tinggi. Madu, nutrisi kaya vitamin B1, B5, dan C dimana para penderita diabetes sangat membutuhkan vitamin-vitamin ini. Sesendok kecil madu alami murni akan menambah cepat dan besar kandungan gula dalam darah, sehingga akan menstimulasi sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.
  6. Madu mencegah terjadinya radang usus besar(colitis), maag dan tukak lambung di piring percobaan.
  7. Selain itu madu amat bergizi, melembutkan sistem alami tubuh, menghilangkan rasa obat yang tidak enak, membersihkan liver, memperlancar buang air kecil dan cocok untuk baruk berdahak.
  8. Buah-buahan yang direndam dalam madu bisa betahan sampai 6 bulan.

Lalu, bagaimana cara memilih madu yang baik?

Madu terbaik adalah yang paling jernih, putih tidak tajam serta yang paling manis. Madu yang diambil dari daerah gunung dan pepohonan liar memiliki keutamaan tersendiri daripada yang diambil dari sarang biasa, dan itu tergantung pada tempat para lebah berburu makanannya.

Nah, sudah tau kan bagaimana hebatnya madu? So, back to nature yuukk dengan memanfaatkan khasiat madu ini. Biar tubuh tetep fit dalam melakukan segala aktifitas … Ok 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)