Quote of The Day

“Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebaikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai anak cucuku. Sungguh aku bertobat kepada-Mu dan sungguh, aku termasuk orang muslim.” (Q.S. al-Ahqaf: 15)

Friday, 22 July 2011

Tentang teori spill over dan daya tahan

Saya bingung mau kasi judul apa untuk jurnal ini. Hehe..tp tema yg mau dbahas memang itu. Tentang daya tahan. :P

Terbangun dini hari dan bingung mw ngapain. Krna lg g shlat. :-| akhrnya, saya mengecek fb, ada postingan baru di grup inspiring keydo. Yg nulis bunda tatty sendiri. Judulnya "Mudah hadir, mudah pula sirna.".

Ini isinya ya, sebagian aj, cz sy g ol pake pc, jd sy tulis yg inti saja. :D

Tentang menghemat rasa dan menghargai proses.

Apakah memutuskan menikah dg manusia antah berantah itu pekerjaan baik?

Bukankah untk membangun komitmen butuh waktu guna mendapatkan keyakinan? Tidakkah semua yang mekar digegas juga akan layu digegas pula? Tengoklah buah yg dikarbit, soon ripe soon rotten bukan?

Nah, hidup adalah perjuangan, kata orang bijak itu. Semua apa yg kita inginkan, ghalibnya memang adalah sesuatu yg harus kita upayakan dg gigih, diraih dg sabar, termasuk urusan memilih jodoh yg baik. Memilih jodoh yg baik adl langkah awal membangun bangsa, membangun peradaban. Dan setiap perjuangan, apapun bentuknya adalah suatu perjalanan panjang penuh liku yg sarat ujian, membuat kita menderita, dan butuh pengorbanan, dalam meniti langkah demi langkah laksana menyusun batu untuk suatu bangunan yg kokoh. Yg tidak mudah goyah,tak bisa rubuh.

Karena itu ia mensyaratkan daya tahan, daya tahan dan DAYA TAHAN. Agar LANGKAH ITU TAK RAPUH. Sesuatu yg diperjuangkan dg susah payah, maka kita akan menghargainya, tak rela mengabaikan apalagi melepaskan!

Percayalah nak, sesuatu yg mudah hadir, akan mudah pula sirna.

Itu kutipan dr tlsn bunda, sy tls ulang. Saking senengnya. Haha :p

btw, saya bhs satu per satu ya.

Inti dr tlsn bunda adl, bhwa pernikahan adl perjalanan panjang. Yg akan dialami oleh qt, seumur hidup. Bukan hanya 1 tahun atau 2 tahun. Untk itu, untk membngun suatu ketahanan bngsa yg dimulai dr ketahanan keluarga, maka dibthkan daya tahan tinggi. Qt liat saja, diluar sana angka perceraian terus meningkat setiap thn. Pun bgtu, skrg org dg mudah menganggap WAJAR, bila ada yg tdk cocok lantas bercerai. Semudah itukah? Rasanya kok terkesan emosional sekali?

Bunda tatty menjelaskan, bhwa untk mendapatkan daya tahan tsb, dbthkan komitmen dr msg2 pasangan tsb. Komitmen td tdk serta merta bs didapat dg instan hanya dg mengenalnya 2 atau 3 bulan saja. Tdk bs semudah itu. Karena yg ditakutkan adl, kematangan yg dipaksakan(cnth matang karbit td) akan berdampak pula pada hasil akhrny. Tentu, matang pohon dg matang karbit rasanya bd kan? Nah, itu inti dr tlsn bunda.

Selayaknya, daya tahan adl proses yg melampaui waktu yg panjang, jd memilì pasangan didasarkan pd seberapa lama qt mengenal dy. Dlm arti bukan pacaran ya. Tp dg melihat track record slama slg mengenal td (bs kenal dr orgns, bs dr pershbtn) bs membuat qt tau, bhwa komitmen yg diambl untk menikah adl komitmen yg dlandasi keyakinan, dan jg daya tahan thdp sgla konsekuensi nanti.

Sy jd ingat tntg teori spill over d jaringan oriflame. Andai benar semua org menghargai jerih payah sebuah proses yg panjang, maka tdk akan ada ceritanya downline yg mendapat spillover upline, lalu si member baru tsb tdk terurus atw tdk aktf. Biasany yg jd kendala adl, krna si downline td tdk menghargai jerih payah upline. Yg udh jungkir balik rekrut sana sini sampe closing member tsb,dududuh...dan dg mudahny lepas tangan ngilang gt aj, memberny ga dibina. Itu yg membuat daya tahan member baru berkurang.

Sy kmrn smpt dengar ada tmen yg nyeletuk sm uplineny,mb arcita. "Akhrny upline gue elu,cit. Bukan si org dr negeri antah berantah yg ga gue kenal. Akhrnya nama2 aneh itu ngilang jg". Gubrakz! Haha. Segitu pentingnya pengenalan diri, lalu pengambln kptsn mw ikt siapa atw upline yg mana, lalu kmdian berkomitmen untk survive. Daya tahan td akan lenyap sekejap manakala member hanya kenal sbntr, bkn scra personal dan mendalam. Dan ah ya, lagi2 saya harus berkata. Secepat apapun keputusan yang diambil dlm hdp,aplg kptsn yg penting, entah dlm bisnis, kerjaan, keluarga, persahabatan, pernikahan. Smua bth proses. Ga bs instan. Jadeee, kloo soal nikah, sy katakan SAY NO TO ORANG ANTAH BERANTAH. Aplg mak comblang yg g jelas gt. :P * sory to say it,sist.heuheu ;)*


22 juli '11,3:00 , ini lnjtn jurnal sblmny: "(belum) siap". :P
diambil dari blogku : http://asri17.multiply.com/journal/item/138

Monday, 18 July 2011

Dari Talkshow dan Bedah Buku Keydo 17 Juli 2011

Aslinya dah ngantuk berat. Td ktiduran pas baca antologi asma nadia inspirasiku. Baru brapa lembar halaman awal dah tepar. Heuheu.. Kebangun bentar, bingung mau ngapain yak. Buka2 fb pake hp, d home ada postingan foto acara talkshow kmrn. Foto tarian khas padang. Lupa namanya apa, tp mb ika menyebut para penarinya indanger. Berhubung ol ny via hp jadul, haha..maklum ye, jd g keliatn jelas gambarnya.



Trus liat fb ny mb ika ada kmrn status dr mb aryantika yg di CCkan ke beberapa FIM-ers. Tulisan nya gini:

" Tweetnya ust salim. "Jangan kau tinggalkan ketika kekasih menutup pintu. Sebab dia berdiri di sebalik sana, menunggumu mengetuk lagi. -pak Elmir& bunda Tatty".

Hehe, aq jd inget acara kmrn. Bgs bgt! Ada bc puisinya, nyanyi diiringi gitar, jg piano sm putri bunda Tatty yg bernama Dira. Jg ada sesi pemaparan essay dr 6 peserta terbaik. Dan, ternyata! Ada 2 presentator yg ternyata keduanya pasangan suami istri. Huwaa, bener2 bukan cm skedar talkshow, tp liveshow. Suatu keajaiban Allah menghadirkan mereka setelah sblmny, kata panitia, 6 peserta td diplh smpe berkali2 karena ada yg berhalangan hadir. Amazing! Dan acara yg diniatkan menginspirasi kaum muda untk menyegerakan menikah,ternyata bnr2 menginspirasi seluruh peserta. Sampai akhr acara, aq sendiri masih takjub, Allah mengikat hati2 kami para peserta,pembicara, panitia menjadi seperti sebuah keluarga baru..hangat, slg menyemangati, slg menginspirasi dan menebar virus positif.

Ada beberapa kutipan yg aq suka dari buku ini. :D

Ini cnthnya yaa
"Bahwa untuk membangun ketahanan bangsa, harus ada yang berjibaku mengobarkan spirit membangun ketahanan keluarga secara terus menerus, konsisten, dan istiqamah. Dan semua itu harus diawali dengan kesadaran para pemuda-pemudi untuk memilih jodoh yang baik dan benar" (keydo, halm 136)
 dan

"Pernikahan adalah sebuah silaturahmi. Dan silaturahmi akan berbuah energi, dan energi selalu akan melahirkan sinergi."

jg kutipan dr ust salim..

Saat brcrta tntg kisah org amerika yg menikah atas dasar komitmen, dan bs langgeng sampai punya cicit puluhan. Jd, rumus matematika baku ga berlaku. Haha. 1+1 bukan lg 2, tp bs ratusan. Wkwk :P

ini kutipannya...
"Passion, intimacy, dan commitment adalah triangle of loue. Kami bersama dg perjanjian yg disaksikan oleh Tuhan, dan berjanji untuk saling membahagiakan."

dicatet yaa, SALING MEMBAHAGIAKAN. Kalo kata bunda Tatty, smg ketika masa itu tiba, ananda menjalaninya dg kebahagiaan, hngga tak ada air mata yg akan menetes. Aq terharu pas beliau blg tntg ini. :)

eh ya, ada sesi pak elmir mempersembahkan lagu adinda untk istri dan puterinya dira yg akan sgra menikah. Beliau nangis, terharu.. Aq jd bs membayangkan wajah ayahku. Mgkn begitu perasaan beliau saat akan melepas putri kesayangannya untk menikah (nanti), bukan tangis sedih, hanya bahagia, bahwa akhrnya ia menemukan seorng laki2 yg layak menggantikan posisinya kelak. Menjadi pelindung, jg imam bg putri trcinta. Memilihkan orang yg tepat untk membimbing putrinya menggapai surga dunia akhrt. Memilih lelaki yg tepat yg akan memuliakan dan tak akan menyakiti. Atas nama Tuhan, dan perjanjian besar mistaqan ghalizha yg disaksikan ribuan malaikat. :)

dan, yak..mari mengeja cinta yg menakjubkan ala kinang dan keydo. Cinta yg dpt menembus segala rintangan.;)

PS: kata pak elmir, kalo blm dtolak 21 x, tetep aja maju trooss. Perempuan kan ingin diperjuangkan. ;p

18 juli 2011

sumber dari blogku : http://asri17.multiply.com/journal/item/137


Sunday, 3 July 2011

Investasi... Hmm...

Bismillah...

Dari sebulan yg lalu kepikiran kata2 mb eka tentang investasi buku. Dulu, kata mb eka, dia bela2in buat nabung beli ensiklopedi islam (g tau ini yg versi apa) biar katanya anaknya nanti doyan baca. Nyatanya Qia putri mb eka yg sekarang udah masuk sekolah, suka banget baca sejak sebelum masuk TK. Q jd mikir beli jg ga ya? Soalnya dari pengalaman di rumah, buku jarang tuh yg baca. Minatnya beda2 semua. Haha. Ayie suka teenlit dan novel fantasi, aq suka novel romantis dan bisnis, uyang suka komik dan detektif. Hamham malah ga doyan baca sama sekali, lebhi suka belajar dari tivi semisal acara si Bolang, HandMade, Deni manusia ikan,dll. Trus hasil blajar dari tivi tadi langsung dipraktekin. Misal diajarin bikin kuda lumping pake bahan bekas, dy langsung bikin hari itu juga. Haiyaah.. Jadi kalo beli buku sesuai selera q, ya yang baca cuma aq aja. Haha.. :P

tp sejak dikasi tau sm mb eka, jd pengin ngumpulin uang buat beli ensiklopedi2 macam itu. Dicicil deh, kan ga bs langsung beli seabrek banyak buat menuhin lemari buku. Hmm, brapa ye harganya? :-?

Tapi kepikiran jg ama alat masak. Kekeke.. Kmrn liat di SS,ada alat masak yg buat prasmanan. Adududuh, namanya apa ya? Yg wadah besar buat naruh sayur, trus dbwhny ada tmpt buat naruh spirtus. Jd mskn tetep hangat. Aq pernah liat mas santo -sepupuku- nyewa2in perkakas prasmanan, mahal bo kalo nyewa. Emm, gmana klo ngumpulin uang juga, buat beli alat masak td. Heuheu, kali aja bisa join bisnis sama sepupu sendiri, sekalian buat inventaris pribadi kan?. :P

jadi, investasi ilmu vs investasi alat(ini aset jg kan?). Bingung bingung, pilih mana yg utama? Heuheu.. :-?


30 Juli 2011, 11:49
sumber blogku : http://asri17.multiply.com/journal/item/144/Investasi..hmm..


Iseng ajah.. ;D

 Iseng ajah jawab pertanyaan-pertanyaan ini:

1. Apa warna baju yg lg lo pake?
~ putih.

2. Mobil impian lo?
~ mobil alphard iteem.. keren lhoo interiornya..;)

3. Lagi dgr lagu apa?
~ Ruang rindu -Letto

4. Sering ke mal apa?
~ CL.

5. Paling bnci org kyk apa?
~ pembohong.
.
6. Takut sama banci?
~ cuek ajah tapi kalo dideketin ya pikir2 deh
.
7. Kalo ternyata cwe/cwo lo gay/lesbi?
~ ogahh....
.
8. Temen2 lo lg apa?
~ tidur kali ya, dah jam 01:43 ini.. ;D
.
9. Pernah ngalamin depresi berat?
~ pernah, sampe nangis tiap malem berbulan-bulan
.
10. Apa lo pernah difitnah?
~ pernah.
.
11. Ikan kesukaan lo?
~ yang ga banyak durinya dan ga amiis.
.
12. Baju kesukaan lo?
~ rok. hem .jaket


13. Lg nyalain windows media player/winamp?
~ iyap..
.
14. Lo pake windows apa
~ ex pe
.
15. Punya sobat cw?
~ yup ;)
.
16. Pernah on air di radio?
~ blom..
.
17. Radio pertama yg lo dgr?
~ RRI. klo pas mau magrib suka dengerin tuch sandiwara radio kaya mak lampir.
.
18. Udah brapa lama sobatan?
~ sama sapa?
.
19. Makanan fav lo?
~ mie * skrng jg lagi mkan mie. ;D
.
20. Pernah ikut sanggar tari?
~ waktu SD.
.
21. Ekskul populer di skolah lo apa?
~ SMP : paskib, pramuka, osis, SMA: teater, paduan suara, osis, pramuka, pmr,
.
22. Campus lo dmn neh?
~ dah ngga pnya kampus.
.
23. Tetangga lo sapa namanya?
~ kenpa? mau kenalan? :p
  .
24. Temen yg suka miscall2 hp lo?
~ tak ade.

25. Ada apa sih dgn angka 9?
~ angka biasa, lebih suka angka 8. :p
.
26. Mending dikasih boneka ato bantal?
~ boneka gedhe.
.
27. Pengen ke mars?
~ mauuu...

28. Trus pengennya kmana lg?
~ keliling dunia!
.
29. Club favorit?
~ club paan? bola? ga ngerti
.
30. Terakhir lo blg apa?
~ yawiis
.
31. Kalo nonton tv sukanya chanel apa?
~ TransTV. Tv One
.
32. Lo suka Paris Hilton?
~ sapa tuh? ngga kenal
.
33. Lebih suka cowok/cewek gaya emo/hiphop?
~ wajar wae lah.
.
34. Minuman favorit?
~ es jeruk
.
35. Band favorit?
~ ada band - romantis lagunya
.
36. Lo suka nendang batu di jalanan?
~ ngga.
.
37. Terakhir kali minum teh botol, merknya apaan?
~ beli di warung, ga pake merk, haha
.
38. Hal pertama yg km lakuin setelah bgn tdr?
~ ngecek hp, ada sms masuk ngga
.
39. Mimpi apa semalem?
~ blom tidur ni, insomnia kambuh
.
40. Makanan yg km udah mkn hr ini?
~ mie n gorengan  * yummy
.
41. Skrg km ada dmana?
~ kamar
.
42. Hari2 km gmana?
~ seperti biasa. ke kantor, maen, pulang rumah, tidur.
.
43. No hp yang lage aktif?
~ cdma/gsm:  ... 8826
.
44. Mau ngomong sesuatu?
~ aku ngga tahu siapa jodohku yang aku tahu, saat ini Tuhan memasukkan namamu di kepalaku...hehehe.


++

1. Apakah d jari km ad cincin?
- ngga ada. tunggu ada yang beliin. haha.
* cincin kawin maksudnya :p
.
2. Apakh d leher km ad kalung?
- ngga ada.
.
3. Apkh d tgan km ad gelang?
- ngga ada. lagi ngga pake aksesoris apapun.
.
4. Skrg lg pgn minta apa?
- God, please send him to me :D
.
5. Mnrt km wajar g klo kt jdian?
- kita? siapa km?
.
6. Prnh mdi hujan bareng pcar?
- pacar? ngga pernah
.
7. Nge date/kncan impian km it yg gmn?
- makan. nonton bioskop midnight. trus muter2 kota.
.
8. Prnh dkhianati shabat?
- pernah
.
9. Prnh rawat inap d RS?
- pernah, pas operasi amandel, dan  smoga ngga pernah lagi, kecuali saat nanti aku melahirkan.
.
10. Klo km dcntai shbt km?
- mauu...:D
.
11. Prnh jd target ktakan cnta?Di TV?
- nope n ngga mau * malu
.
12. Prnh dremehin?
- ngga tau, haha... ngga pernah merhatiin sih
.
13. Prnh mrasakan cinta yg bertepuk sebelah tgn?
- sering! soalnya orang yang aku suka, ngga suka ma aku. orang yang suka ma, aku ngga aku suka. gmana dong?
.
14. Prnh dirayu pacar pk gitar?
- haha. nggapernah,  ntar kali kalo dah punya misua. :p

15. Pacar km siapa?
- ngga ada
.
16. Trakhir mimpi ap?
- white prince * is he the one?
.
17. Apa wrna buku diarimu?
- ijo :p
.
18. Trakir dpt hadiah ap?
-  modem smart evdo rev A, aslinya mau cincin, tp ngga jadi. hehe
.
19. Apa menurut km, cinta itu indah?
- cinta itu misterius, dan amazing
.
20. Apa km g bs diem anaknya?
- kalo lagi diem, berarti, something wrong with me.

21. Apa km sk nyanyi?
- suka. ;)