Quote of The Day

“Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebaikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai anak cucuku. Sungguh aku bertobat kepada-Mu dan sungguh, aku termasuk orang muslim.” (Q.S. al-Ahqaf: 15)

Tuesday, 31 August 2010

oleh2 ketemu mbak asma







sayang ga sempet foto bareng dan minta tandatangan! bukuku masih dipakin di kerdus, huhuhu... T_T mana banyak yang ilang, hiks. :(

whatever, tapi dah seneng banget ketemu idolaku yang satu inii.. hehe.. akhirnya ketemu juga ya, mbak? lebih cantik aslinya, dan lagi, pesan mbak asma insyaAllah saya laksanakan. hehe... "menulislah selama masih ada umur" , makasih, mbak cantik.. salam buat caca dan adam ya, bunda.. ^_^

Monday, 16 August 2010

Jerman semakin dekaaaattt! ^^

Rasanya jerman semakin dekat, memanggil2 dalam mimpiku lagi. huhu.... cepatlah segerakan, la... biar bisa jalan2 ke edinburg. hehe...semoga saja tahun depan, Aamiin... ^^


ini fotonya mbak iffa di sana... ^_^

Semarang,  16 agustus 2010 (hari ke enam ramadhan)

Friday, 30 July 2010

I like it!

SUCCESS is defined by HOW MUCH ACTION you TAKE and not just by how much knowledge and capability you have.

Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu'min akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan (QS. At Taubah: 105)



Suprise!! ^^

Saya terkaget pagi ini, ketika membuka akun fesbuk saya yang sudah beberapa hari ini saya terlantarkan, hm... ada yang membuat saya terpana. sebuah tag-an foto dari seorang kawan di khatulistiwa. namanya mas Anjrah atau biasa dipanggil mas aan, dia mengelola yayasan yarobbi. Ia nya menawarkan saya sebuah tawaran yang menarik. Pelatihan bekam gratis selama 4 bulan dengan dokter2 spesialis handal di bidangnya. ini dokter lho, nah... bekam disinergikan dengan ilmu kedokteran kan keren! hehe....

nah, ini pamflet yang dikirim ke fesbuk saya.. ^^ 

5 juta untuk investasi sehat seumur hidup. sebagai perbandingan pak, untuk masuk ke kedokteran dikampus negeri baru masuk sudah ada pilihan minimal 20 juta. misal ndak di fak kedokteran, masuk ke keperawaan juga kurang lebi...h dana masuknya sama. belum biaya bulanan dan dana sehari-hari. ada teman masuk program ners, juga totalannya sekitar 20 Juta.

dana 5 juta untuk mandiri...
investasi yang pas, untk modal berwirausaha mandiri, mengembangkan sunnah nabi, dan membantu sesama... 


Tau apa yang membuat saya terpana? nilai nominal yang ia berikan untuk pelatihan tersebut! seharga 5 juta! wowww!! beneran nih??! atau ini memang rezeki yang DIA telah persiapkan lama sebagai kado atas doa-doa yang terlantun selama ini. saya begitu mendamba pelatihan ini, bahkan sejak 3-4 tahun lalu, sejak saya kenal thibbun nabawi pertama kali. Ah, Allah... Engkau maha Baik. Alhamdulillah...^_^

Saya jadi teringat dengan kata2 pak General Manager, Pak Imron di pelatihan terakhir tim keluarga besar khatulistiwa persada.

ENERGI TIDAK DAPAT DICIPTAKAN MAUPUN DIMUSNAHKAN HANYA BERUBAH DARI SATU BENTUK KE BENTUK YANG LAIN
Rumusnya adalah; hasil usaha = hasil usaha tampak + tabungan energy
Masing-masing hasil sesuai dengan usahanya.  Jika usaha kita adalah kebaikan, maka hasilnya kebaikan pula, pun sebaliknya. Yang membuat saya merinding adalah: jika keburukan yang kita tebar banyak, siapkah kita untuk menerima keburukan serupa suatu saat nanti?
Hasil pencairan tabungan energy positifnya antara lain yaitu;
1.       Penghasilan naik, keuntungan bertambah, dan aset bertambah
2.        Karir berrtambah, kekuasaan bertambah, akses bertambah
3.       Ilmu bertambah, pendapatnya di dengar, tulisannya digemari
4.       Popularitas naik, tim bisnis solid, pengikut loyal, relasi meningkat
Dan hasil pencairan tabungan energy negative adalah;
1.       Kehilangan harta, kesehatan, atau usaha merugi
2.       Kehilangan jabatan, karir mentok, akses hilang
3.       Ilmu tidak berkembang, perkataannya tidak dipatuhi
4.       Dibenci orang, dikhianati teman, difitnah
bisa dilihat di sini

Nah, benar... jika kita menanam kebaikan, maka Allah akan membalas sama dengan yang ia tanam, bahkan mungkin berlipat2. saya ingat lagi, banyak sekali pelatihan2  atau workshop, dan seminar nasional yang datang berhamburan kepada saya, sedangkan saya pikir, saya tak punya dana untuk mengikutinya. yang kadang, nominalnya sampai 2-5 juta. tapi?? apa yang terjadi? mereka menggratiskannya untuk saya dan teman2. Allahuakbar!

Semoga saya benar2 bisa membagi waktu untuk ikut pelatihan ini, bekerja di khatulistiwa sebagai tour leader, dan bekerja sebagai Mitra Olah Data Sensus Penduduk sampai akhir tahun. Amiin... ^_^

*mohon doanya yaaa... ^^*



ini brosur yang di tempel di kampus2...

Semarang, 30 Juli 2010

Sunday, 18 July 2010

Dream listku. Hehe… ^_^

-->
Dream listku. Hehe… ^_^

Mimpi hari ini adalah kenyataan hari esok (Hassan Al banna)

Bermimpilah, maka Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu(Arai)

Dan di langit terdapat(sebab-sebab) rezekimu dan terdapat(pula) apa yang dijanjikan kepadamu. Maka demi Tuhan langit dan Bumi, sesunggguhnya yang dijanjikan itu adalah benar-benar(akan terjadi) seperti perkataan yang kamu ucapkan. (Q. S. Adz dzariyat: 22-23)



Karena mimpi adalah kunci dari sebuah keberhasilan, maka saya  menulis di blog ini sebagai pengingat, bahwa diri ini harus mengeksplorasi segala potensi yang ada, mengaktualisasikannya, membuatnya lebih bermakna di kemudian hari, dan berkarya untuk ummat dalam wujud nyata.

Saatnya mengerahkan segala potensi yang ada!

WiSh Me LuCky! Amiin… ^_^

Dreamlistku yaitu punya sendiri apa yang diimpikan, beberapa gratis, dan beberapa dari tabungan sendiri, hehe…:
1.       Rumah idaman, check this out. ;)
2.       Kamera Nikon DLSR
3.       Mobil mazda2. ;)
4.       S2 di Malaysia(beasiswa)
5.       S3 di Jerman (beasiswa juga…;D)
6.       Naik Haji bareng keluarga (mg dapet gratiiis… Amin.. hehee…)
7.       Travel cabang Khatulistiwa
8.       Travel cabang Haji dan Umroh ^^
9.       Perkebunan Teh dan Sayuran  di Lembang, Bandung
10.   Perusahaan dan Pabrik pengolahan teh ramah lingkungan di Bandung
11.   Islamic Hotel di bali
12.   Islamic Wedding Organizer di Jakarta
13.   Restoran Jepang di Bandung
14.   Klinik bekam Asy Syifa di Tegal
15.   Penerbitan buku &percetakan dengan anak cabang di 7 kota besar di Indonesia
16.   Rumah Tahfidz di Tegal, menampung sebanyak 700 santri. ;D
Segitu aja dulu deh… nanti disambung lagi… Bismillahirrahmanirrahim… semoga bisa terwujud, Amiin… ^^

Semarang, 4 dan 15 Juli 2010; 03:32
~menjadilah pribadi yang menyejarah dengan prestasi, La.. Smangaaattt! ^_^~


Belajar tentang logika langit yuk… ;)


Belajar tentang logika langit yuk… ;)

Bismillahirrahmanirrahim…

Tadi pagi, saya ikut kegiatan rutin, yaitu entrepreneur coach khatulistiwa tour&travel. Bedanya, pelatihan kali ini istimewa, karena merupakan penyempurna dari semua tahapan pelatihan yang telah dilakukan selama hampir  4 bulan terakhir. Yang menarik adalah, tema yang dibahas kali ini, benar-benar menarik dan membuka kesadaran saya lebar-lebar, bahwa selalu ada Allah dalam setiap hela nafas saya. Materi kali ini bicara tentang logika langit. Apa itu logika langit? Yuk teman, kita simak penjelasan pak Imron, General Manager Khatulistiwa. ^_^

***
Logika langit adalah logika yang sebenarnya sering kita temui. Logika ini dibandingkan dengan logika dangkal yang berasal dari pikiran manusia sangatlah berbeda jauh. Logika ini diciptakan dan dikendalikan oleh Allah. Hitungan matematis yang langsung dihitung oleh-Nya.

Berlakunya logika langit bukan untuk menjadikan manusia menjadi makhluk yang pasrah seperti wayang yang dikendalikan dalang. Berlakunya logika langit ini mengajak kita untuk sadar bahwa seberapapun kehebatan manusia masih ada Zat yang berkuasa atas segala sesuatu.

Misal, pernah dengar tentang kisah tragedy kapal titanic? Apa yang terjadi dengan kapal itu merupakan salah satu bukti bahwa kesombongan manusia merupakan bencana bagi dirinya sendiri. Dan bukti nyata bahwa ada Allah yang mengendalikan segalanya.

Ini dia rincian kemegahan kapal yang (konon) merupakan kapal paling megah dan mewah yang pernah dibuat dalam sejarah pembuatan kapal(bener ga ya? :D).
       Kapal Titanic merupakan kapal penumpang paling mewah dan terbesar yang pernah dibuat
       Panjang 269 meter dan lebar 28 meter , berat mati 46.328 ton, dan ketinggian dari permukaan air ke geladak setinggi 18 meter.
       Mampu membawa 3.547 penumpang dan awak kapal
       Fasilitas: kolam renang, ruang olah raga, pemandian Turki (Turki bath), perpustakaan dan gelanggang squash.
       Punya 3 ruang: Kelas utama (dihiasi seluruhnya dengan panel kayu,perabotan mewah dan perhiasan yang indah), ruang penumpang kelas 2, dan ruang penumpang kelas geladak

Saya bayangkan, titanic adalah sebuah kapal yang notabene merupakan kapal yang dibuat dari bahan-bahan terpilih, dari baja terpilih, kayu terpilih, dan segala aksesoris di dalam kapal merupakan barang2 terbaik dari maestro pembuatnya. Kekuatannya dihitung secara matematis oleh sang ahli sehingga dipastikan tidak akan tenggelam.

Ingat apa yang dikatakan oleh sang Kapten kapal saat akan melakukan pelayaran pertama kali?
Yap, betul sekali… sang kapten mengatakan begini; “Bahkan Tuhan pun tidak akan bisa menenggelamkan kapal ini. Saya yakin itu.”

Kesombongan sang kapten  ternyata berbuah hasil. Kapal itu pecah jadi dua, dan menjadi  tragedy dalam dunia pelayaran yang memakan korban paling banyak.

       Pelayaran pertamanya adalah pelayaran terakhirnya; Berangkat dari Southampton, Inggris, dalam perjalanan ke New York City, pada Rabu 10 April 1912, di bawah kendali Kapten Edward J. Smith.
        Titanic menabrak gunung es pada 23:40 (waktu kapal), Minggu, 14 April 1912, dan tenggelam 2 jam 40 menit kemudian pada 2:20 pagi hari Senin.
       Bencana tersebut mengakibatkan kematian lebih 1.500 orang, bencana laut terbesar sepanjang zaman

Logika semacam ini sulit untuk dinalar, bagaimana mungkin, kapal yang dibuat dengan susah payah, dengan menggunakan bahan2 terpilih bisa remuk dan menenggelamkan hampir separuh penumpangnya?

Ya itu tadi salah satu contohnya, nah skrg kita masuk beberapa tahapan logika langit:
1.       Logika kesuksesan
(buka Q.S. ali imron:104 yaa…;)
2.       Logika kecerdasan
Seseorang yang sempurna akal ialah yang mengoreksi dirinya, dan mempersiapkan amal sebagai bekal untuk mati.  Dan orang yang bodoh yaitu yang selalu memperturutkan hawa nafsu, dan mengharapkan berbagai angan-angan kepada Allah
(HR Attirmidhi, Tarjamah Riadhus Shalihin buku 1 hal 92)
3.       Logika kemenangan
Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi...
(Q.S. An Nur : 55)

4.       Logika perhitungan materi
Dalam logika perhitungan materi, berlaku hukum kekekalan energy. Yaitu;
ENERGI TIDAK DAPAT DICIPTAKAN MAUPUN DIMUSNAHKAN HANYA BERUBAH DARI SATU BENTUK KE BENTUK YANG LAIN
Rumusnya adalah; hasil usaha = hasil usaha tampak + tabungan energy
Masing-masing hasil sesuai dengan usahanya.  Jika usaha kita adalah kebaikan, maka hasilnya kebaikan pula, pun sebaliknya. Yang membuat saya merinding adalah: jika keburukan yang kita tebar banyak, siapkah kita untuk menerima keburukan serupa suatu saat nanti?
Hasil pencairan tabungan energy positifnya antara lain yaitu;
1.       Penghasilan naik, keuntungan bertambah, dan aset bertambah
2.        Karir berrtambah, kekuasaan bertambah, akses bertambah
3.       Ilmu bertambah, pendapatnya di dengar, tulisannya digemari
4.       Popularitas naik, tim bisnis solid, pengikut loyal, relasi meningkat
Dan hasil pencairan tabungan energy negative adalah;
1.       Kehilangan harta, kesehatan, atau usaha merugi
2.       Kehilangan jabatan, karir mentok, akses hilang
3.       Ilmu tidak berkembang, perkataannya tidak dipatuhi
4.       Dibenci orang, dikhianati teman, difitnah
Lantas, bagaimana dengan bayi yang dari lahir sudah mengalami Hasil usaha tampak positif atau negatif? Hasil usaha tampak pada bayi adalah down payment yang harus dibayar. Down payment alias DP yang harus dibayar ini merupakan kebalikan dari yang terjadi pada si bayi ketika besar nanti. Jika kecilnya hidup miskin, bisa jadi ia kaya raya saat dewasa. Pun sebaliknya. Jadi, siapkah kita menerima hasil usaha dari perbuatan kita selama ini? Wallahua’lam. 


Semarang, 4 Juli 2010; 22:56, ingatkan aku jika aku lupa mengingatMu ya, Rabb…



hmm

Padamu yang Allah pilihkan dalam hidupku...
Ingin ku beri tahu padamu
Aku hidup dan besar dari keluarga bahagia
Orang tua yang begitu sempurna
Dengan cinta yang begitu membuncah... See More
Aku dibesarkan dgn limpahan kasih yang tak terhingga.
Maka, padamu ku katakan...
Saat Allah memilihmu dalam hidupku,
Maka saat itu Dia berharap, kau pun sanggup melimpahkan cinta padaku
Memperlakukanku dgn sayang yang begitu indah...

Padamu yang Allah pilihkan untukku...
Ketahuilah, aku hanya wanita biasa dengan begitu banyak kekurangan dalam diriku,
Aku bukanlah wanita sempurna, seperti yang mungkin kau harapkan.
Maka, ketika Dia memilihmu untukku,
Maka saat itu, Dia ingin menyempurnakan kekuranganku dgn keberadaanmu.
Dan aku tahu, Kau pun bukanlah laki-laki yang sempurna..
Dan ku berharap ketidaksempurnaanku mampu menyempurnakan dirimu.
Karena kelak kita akan satu...
Aibmu adalah aibku, dan indahmu adalah indahku,
Kau dan aku akan menjadi 'kita'.

Padamu yg Allah pilihkan untukku...
Ketahuilah, sejak kecil Allah telah menempa diriku dgn ilmu dan tarbiyah,
Membentukku menjadi wanita yg mencintai Rabbnya.
Maka ketika Dia memilihmu untukku,
Maka saat itu, Allah mengetahui bahwa kau pun telah menempa dirimu dgn ilmuNya.
Maka gandeng tanganku dalam mengibarkan panji-panji dakwah dalam hidup kita.
Itulah visi pernikahan kita
Ibadah kepada Allah ta'ala...

Padamu yg Allah tetapkan sebagai nahkodaku...
Ingatlah,
Aku adalah mahluk-Nya dari tulang rusuk yang paling bengkok
Ada kalanya aku akan begitu membuatmu marah.
Maka, ketahuilah...
Saat itu Dia menghendaki kau menasihatiku dengan hikmah,
Sungguh hatiku tetaplah wanita yg lemah pada kelembutan
Namun jangan kau coba meluruskanku, karena aku akan patah...
Tapi jangan pula membiarkanku begitu saja, karena akan selamanya aku salah.
Namun tatap mataku, dan tersenyumlah...
Tenangkan aku dgn genggaman tanganmu,
Dan nasihati aku dgn bijak dan hikmah...
Niscaya, kau akan menemukanku tersungkur menangis di pangkuanmu
Maka ketika itu, kau kembali memiliki hatiku...

Padamu yang Allah tetapkan sebagai atap hunianku...
Ketahuilah, ketika ijab atas namaku telah kau lontarkan,
Maka di mataku kau adalah yang terindah,
Kata-katamu adalah titah untukku,
Selama tak bermaksiat pada Allah, akan ku penuhi semua perintahmu.
Maka, kalau kau berkenan ku meminta..
Jadilah hunian yg indah, yang kokoh
Yang mampu membuatku dan anak-anak kita nyaman dan aman di dalamnya.

Padamu yang Allah pilih menjadi penopang hidupu...
Dalam istana kecil kita telah hadir bidadari Rania.
Maka didiklah ia dan adik-adiknya kelak menjadi generasi yg dirindukan syurga
Yang di pundaknya akan diisi dgn amanah-amanah dakwah,
Yang ruh dan jiwanya selalu merindukan jihad
Yang darahnya mengalir darah syuhada...
Dan ku yakin dari tanganmu yg penuh berkah, kau mampu membentuk mereka
Dengan hatimu yg penuh cinta, kau mampu merengkuh hati mereka...
Dan aku akan selalu jatuh cinta padamu.

Padamu yang Allah pilih sebagai imammu...
Ku memohon padamu...
Ridholah padaku,
Sungguh Ridhomu adalah Ridho Ilahi Rabbi...
Mudahkanlah jalanku ke Surga-Nya,
Karena bagiku kau adalah kunci Surgaku...



Asti Latifa Sofi 

ga tau pas baca ini kok speechless ya.. heuheu... Allah, limpahilah karunia dan kasih sayangmu untuknya, dan keluarganya. amin.. luv u cz Allah, sist.. ^_^

semoga Dia juga segera mengirimkan pelindung untukku, dunia Akhirat, amin.. ^^

tes tes, 1, 2, 3..... ^^

Tipe Kepribadian: INFP
Profil kepribadian ini disebut “Idealis”
Tipe kepribadian ini mewakili:
  • Introversion
  • Intuition
  • Feeling
  • Perceiving
hasil test dari : sini

Saturday, 10 July 2010

Saturday, 3 July 2010

Aku menunggumu




pasti datangkah semua yang ditunggu…
detik-detik berjajar pada mistar yang panjang…
(barangkali tanpa salam terlebih dahulu)
januari mengeras di tembok itu juga
lalu desember…
musim pun masak sebelum menyala cakrawala
tibatiba: kita bergegas pada jemputan itu
~*Sapardi Djoko Damono*~
[1967]


Usai hujan kali ini

bahkan seberkas pelangi membutuhkan hujan untuk menampakkan keindahannya..

 Semarang, 3 Juli 2010



 

 

This is me(part2)

Iseng2.. hohoiii.. ;p
Ila menurut temen2 adalah...
o Kepribadian yang menarik.(kata kakak sih gitu.. bener ya ga? ;D)
o Penyayang. (betuull..betull... ^^)
o Pemalu dan tertutup. (he? masa??)
o Suka rahasia. (hmm..)
o Secara alami jujur, dermawan dan bersimpati. (laik diz!)
o Cinta kedamaian dan ketentraman. (ya dungz... hehe)
o Dapat dipercaya. (amin, insyaAllah...)
o Sensitive pada yang lain. (hm... lagi...mikir sik.. hekeke...;p)
o Suka melayani orang lain. (yupz..)
o Tidak mudah marah. (kalo gampang marah cepet tua. ;p)
o Pendendam. (agak sih... ;)) haha...)
o Menghargai dan membalas kebaikan. (insyaAllah...)
o Memperhatikan dan menilai orang lain. (bener juga..)
o Tergantung mood (perasaan). (yohaaa...moody beud....^^)
o Suka berfantasi dan bermimpi. (mimpi adalah kunci... nananana....*malah nyanyi)
o Suka traveling. (kerjaan sayah ituh... ;) hehehe... )
o Suka perhatian. (suka perhatian atau diperhatikan nih??)
o Suka menata rumah. (off course dong)
o Memiliki bakat musik. (bangeeettt.. denger musik bisa bikin hilang capeknya.. ;D)
o Suka sesuatu yang special.(tentu saja, saya selalu ingin menjadi yang istimewa) ;p

Tuesday, 29 June 2010

Hmmm.. :D

 
 
“Cinta adalah ketertarikan hebat yang tidak masuk akal, agar sepasang jiwa mengupayakan kebersamaan sebagai pasangan yang menghasilkan keturunan yang melanjutkan kehidupan.

Kasih sayang adalah keputusan sadar untuk menjadikan kebersamaan seseorang dengan pribadi pilihannya sebagai sahabat yang membesarkan kehidupan.

Cinta bisa berlangsung sesaat, dan kasih sayang-lah yang melanjutkannya sampai kapan pun.”

_Mario Teguh_
 
 
 

Monday, 28 June 2010

Terharu, dan kangeenn.. ^^


"Seumur hidup saya, saya ingin orang-orang mrasa lebih baik karena mengenal saya.
Terima kasih krna mbuat saya mrasa tlah mbuat perbedaan"

Thank Allah n my family.

I luv u full.


Yesterday at 8:28pm via Mobile Web


Itu status Nay di fb. Duh, engkau, nduk.. jadi kangen pas jaman2 kita bikin proposal buat distro desember lalu bareng Fiqi sing koplake puoll.. ;p hehe..


Now, sekarang kita kepisah2, fiqi dengan mozaiknya, aq dengan khatulistiswa dan BPs, ririn dengan S2 nya, dan kamu, dengan bisnismu. Yeahh...It's time to realize your dream ya, Nay. Tetep semangat berbenah yak! Love u, dear..^^

Sekaran, 28 Juni 2010, 10:30

Tuesday, 22 June 2010

Ideologi dalam Perspektif Islam (hasil diskusi dengan Yuni)



Menurut Yuni, pertama kita harus samakan persepsi. Apa itu ideologi? Sepengetahuan Yuni, ideologi adalah pondasi yang punya seperangkat aturan yang khas. Dari sana, tercipta aturan-aturan tentang hidup, semua aspek kehidupan diatur didalamnya. Sepakat?

Nah kalau definisi ideologi seperti itu, maka di dunia sekarang ini cuma ada 3 ideologi yaitu kapitalisme, sosialisme, dan islam. Kenapa ketiganya disebut ideologi? Karena mereka punya dasar-dasar dan punya peraturan hidup. 

Kapitalisme , apa yang terbayang dalam benak ila? Gantian dulu dong ngomongnya. Eike kan sedang diskusi, bukan seminar. :p

Kapitalisme punya dasar yaitu memisahkan agama dari kehidupan, dengan begitu mereka bisa leluasa mencengkeram negara-negara lain. Sesuai dengan sifat ideologi, adalah untuk menyebarluaskan ideologinya itu. 

Sosialisme, mendasarkan ideologinya pada kekekalan materi, bahwa tidak ada yang menciptakan kecuali materi itu sendiri. Percaya pada dialektika materialisme, yaitu pertentangan 2 hal secara terus-menerus yang menghasilkan sesuatu hal baru. Semboyan sama rasa sama rasa muncul akibat ketidaksukaan pada kapitalisme. 

Islam, punya fikroh dan toriqoh. Punya ide-ide yang bisa dipraktikan dalam seluruh aspek kehidupan. Idenya, rukun iman, rukun islam, dengan banyak aturan tentang kehidupan, metode menyebarkannya adalah dengan dakwah. Maka orang punya ideologi, akan memecahkan setiap masalah dengan ideologi yang dianutnya. Tidak bisa setengah-setengah, misal orang kapitalis,dia akan memisahkan agama dari kehidupan. Makanya, kenapa ada orang yang serba bebas, dan permisif. Karena dia punya ideologi kapitalisme.  Permisif , serba boleh, gaul bebas boleh, dugem, drugs, dsb. Tanpa merasa diawasi oleh Allah, karena menganggap agama hanya milik ulama atau rahib-rahib yang tak ada dikehidupan umum. 

Begitu pula dengan orang yang ideologinya sosialisme. Islam juga demikian, tapi kalo ada orang Islam  yang tidak mengembalikan semuanya kepada Islam tapi malah cenderung ke kapitalis atau sosialis, artinya dia belum menjadikan Islam sebagai ideologi, hanya agama. 

Fikroh ibarat pekala dan metode ibarat badannya. Islam yang hanya teori dan tidak diterapkan , ibarat kepala tanpa badan dan Islam yang tidak menerapkan ide-idenya , ibarat badan tanpa kepala. 

Ideologi Islam jelas beda dengan ideologi lain. Islam itu sesuai dengan fitrah manusia(salah satunya fitrah mensucikan sesuatu, maka penampakannya dengan ibadah). Islam juga punya pemecahan dari setiap permasalahan dan solusinya itu benar. 

Pertama sekali, kita harus menjadikan Islam itu pemikiran kita. Artinya, kita yang selama ini menganggap Islam cuma agama, maka anggapan ini diubah. Berarti cara kita berpikir berubah. Pahami Islam seutuhnya, dengan pembinaan yang rutin. 

Ideologi harus dilawan dengan ideologi. Umat Islam harus sadar kalau hanya Islam yang harus dipegang, bukan yang lain. Pemahaman ini butuh waktu dan proses pembinaan. Dakwah adalah jalannya. 

Kapitalisme : memisahkan agama dari kehidupan. Dia muncul dari masa kristen. Dikesampingkan akibat iptek dibatasi. Contoh, Galileo dibunuh karena teorinya yang mengatakan bahwa bumi itu bulat. Bertentangan dengan gereja. Maka, agama tidak boleh ikut campur dalam kehidupan.

Kalo kapitalis: membebaskan masyarakat  buat mencari keuntungan sendiri. Kalo sosialis justru mengekangnya. Negaralah yang mengatur keseluruhannya. Sampe2 kita harus kerja sesuai yang disuruh negara. Misal di negara Cina. Semua warga harus nanam padi, dll. Jatah makan juga dikasih. Gak ada kebebasan  untuk bekerja.

Jelas kapitalis dan sosialis gak sesuai dengan fitrah manusia. Mengesampingkan peran Tuhan didalamnya. Inget Marx yang berkata bahwa agama adalah candu. Ini karena adanya kapitalisme. Hampir gak ada kebaikannya. Kecuali hanya Romantisme  biadab yang tidak memahami potensi manusia. Kapitalisme lebih mirip sosialis, bahkan lebih ganas. Sosialisme, lebih mirip kerangkeng munafik yang menafikan adanya pencipta. Nietzhe pernah berkata bahwa Tuhan telah  mati. Nyatanya kini Nietzhe telah mati.

Saya belum begitu paham sama jalan pikiran Sukarno Hatta. Tapi kalau dilihat-lihat memang sekuler. Misalnya, dia adalah sahabat dekat Kemal Attaturk. Lalu dengan mengingkari janjinya pada Daud Beureuh untuk menerapkan Islam di Aceh. Keputusannya mengubah piagam jakarta juga tak lepas dari pemahamannya kan? Padahal saat itu dia pemimpin kan?

Bukankah sistem di negara kita sampai sekarang juga sekuler? Begitu banyak yang phobia pada Islam. Denger kata Islam langsung tutup telinga. Upaya menjauhkan Islam dari masyarakat sudah ada sejak zaman penjajahan. Dalam bidang ekonomi, kita sudah terbuai dengan ekonomi kapitalis. Pendidikan dan kesehatan juga diperjualbelikan. Sosialis komunis, muncul sebagi reaksi terhadap hegemoni kapitalis, sejak revolusi industri dan tenaga manusia diganti dengan tenaga mesin. Upah buruh-buruh  menjadi murah bahkan gak ada harganya. Mereka berontak. Akhirnya yang berkuasa sekarang adalah sosialis komunis. 

Ada perbedaan antara sosialis komunis, kalau sosialis masih percaya pada Tuhan, kalau komunis tidak percaya pada Tuhan. Pada kenyataannya, orang komunis justru menyembah perintis ideologi itu sendiri. Di Rusia, mereka  menyembah patung Lenin dan Stalin. Semboyan mereka , sama rata  sama rasa.


(sampe segini aja dl ya... capek euy  ngetiknya.. dilanjut kapan2 ya... :D)


Sekaran, kamar tercinta, 18 Nov ’08, 21:58:53 ~Belajar lagi ttg ideologi. Sebuah sapuan pemikiran untuk kearah yang lebih baik. Islam is my way of life!~



NB: Hasil diskusi begadang semaleman (dilanjut semaleman lageee ... :D ) ttg ideologi dalam perspektif islam dengan my sistah, Yuni Astuti. Makasih banyak ya, Bu...!! ^^ Dah bantuin kasih banyak informasi ttg ini. Jadi gak bengong2 amat pas masuk STIPOLID (Sekolah Tinggi Ilmu Politik dan Ideologi-nya KAMMI) . Hehe... Gak diem2 amat pas ditanya pak Agus Yahya, pak Ketu KAMMI Unnes. Padahal boro2 deh ikut screening, bc buku2 yg ditugasinnya aja blom sempeeett. :D (minimal baca 3buku , bo! ) Hihi.. sapa suru gak ikutan TM-na. (Jd gini kan, La?? :p ) Hatur Tengkyu buat temen2 yang lain juga yang udah kasih banyak penjelasan ttg tema ini.  Jangan kapok kalo ditanya sama Ila lagi yak! ^^

Friday, 21 May 2010

Belajar menjadi ‘perempuan’, so what gt lho..??!




Usai membaca tlsn di blog yang membahas kontroversi seputar film ‘perempuan berkalung sorban’,  yang berjudul perempuan berselimut kain perca, maka kali ini, saya bukan ingin membahas kontroversi film itu lagi. Tapi saya malah tergelitik untuk kembali mengingat masa2 dimana saya belajar menjadi sepenuhnya ‘perempuan’ (Hhe?? Kok bisa? :D) dan ingin menceritakannya kembali sbg bahan introspeksi diri saya....Hehe... ;D

Saya jadi teringat dgn istilah selimut perca yang dulu pernah dibahas oleh salah seorang teman MP, tulisannya ttg  cerita bahwa beliau sebagai seorang ibu RT ditengah kesibukan kerja-nya di LN, menyempatkan diri untuk belajar menjahit selimut dari kain perca pada seorang teman bule-nya.

Pertanyaan yang terlintas saat itu adalah, “Haaa... masa sih, kain perca bisa dijadikan selimut yang bagus??” Hei.. jangan salah terka yaa... ternyata justru dari banyaknya kain yang tersulam menjadi satu kesatuan yang utuh, saya malah tertarik dengan ‘unik’-nya motif yang terjalin... Gak ada bandingannya gt lho di Supermarket atau Mall-mall sekalipun..  Soalnya motifnya cenderung ‘nyleneh’... Hihi.. ^^

So, apa hubungannya belajar membuat selimut perca dengan belajar menjadi ‘perempuan’? :D  Nah, itu dia... tiba2 saya jadi teringat pada masa dimana saya masih muda.. (ciyeee... cicuwiiittt..:P ), maksudnya maaah.. Pas masih skula duluuu... Jadul kala gt... hehehe...

Jaman pas masih SD, praktik yang masuk mapel ketrampilan itu, cuma ada 3, seni suara, seni kerajinan tangan, sama memasak, ... :D Biasanya sih, diselang-seling gt. Jadi gak semua bisa dikerjain dalam satu cawu (dulu masih pake sistem Cawu-Caturwulan yaa? :D).

Nah.. giliran ujian seni kerajinan tangan, masuk nilai ujian praktik di raport, so... berbondong2lah para pencari janur kuning ‘dadakan’ buat dijadikan prakarya.. Ada yang sampe misah-misuh dan ngrayu sama tetangga yang punya pohon kelapa :D, minta diambilin (Hihi.. keliatan gak modal bgt ya?), atau kalo mau enak sih sebenernya bisa aja beli di jalan Ayam, (eh, ini tuh dideket pasar mana ya? :D saya belum pernah kesana je.biasanya cuman nitip ae....)

Biasanya pilihan untuk membuat prakarya pake janur kuning itu, ada macem2 modelnya... mau dibikin walang(belalang), keris Jawa, sarung ketupat, hiasan pengantin yang bentuk dibawahnya kayak lampion dgn diselingi buah2an, mirip yang ada di Bali, yang buat sesajen itu- coba liat di iklannya AXIS versi Kiara- , (hmmm... kalo yang ini mah ribet, kayakna gak pernah ada yang bikin deeh.. ehehe), truuus... hm... bentuk yang lain lupa euy... :D biar gak ribet2 amat, biasanya sih daku milihnya yang keris aja. Sing penting, simpel gt loh... (Hohoo.. padahal bilang aja iLa gak bisa bikin walang pake janur :p)

Ternyata, efek positif dari belajar membuat kerajinan dari janur itu, salah satunya yaitu... bisa mengemat pengeluaran menjelang lebaran, lho.. :D Soalnya, kalo pengen murah, mending beli aja janur yang masih panjang2.. belum dibentuk jadi sarung ketupat, trus, bikin sendiri deh dirumah, harganya jelas jauuuh beda dengan yang sdh jadi. Makanya, kadang suka ngiriii sama tetangga sebelah rumah, Hiks...kenapa dulu gak niat belajar bikin sarung ketupat ya? Kan lumayan tuh, sekalian ngirit duit gt. :D (termasuk seni manajemen rumah tangga kan yaa? Hehe...)

Trus, pas sesi ujian praktik masak-memasak.. nah, ini dia yang seru. :D Bisa dibilang yang paling hobi makan yang harusnya hobi masak juga. Hoho.. tapi ini gak berlaku buat saya.. soalnya, jaman masih sekecil itu, biasanya kalo dirumah, ibu yang masakin dong, masa saya? :P

Jadi, sekelompok itu (biasanya 6-8 orang), malah ‘dipaksa’ belajar masak.. padahal anak kelas 6 SD tuhh, disuruh bawa panci, wajan, pisau (heh? Buat apo, La? Yooo buat rajang2 brambang+cabe lan sodara2ne laah...:D masa mau rajang2 dikau? :P) , bawa telenan, dandang, kompor, piring, gelas, ember...(yang ini mah buat nyuci perkakas kalo udah dipake masak...) juga ke sekolah... Haha... ribet toooh? Apalagi sampe harus bela2in bawa semua itu dari rumah ke sekolah jalan kaki.. weew... Diliatin orang gt... Euuw.. Maluu.. *_* Dikiranya mau minggat ajaa. :D

Upst...  masakannya kali ini, masih termasuk simpel, cuman bikin ketoprak (tau kan yang namanya ketoprak? Yang mirip gado2, pake nasi, dicampur krupuk sama sayuran+sambal kacang), waaah, saking kreatifnya, bikin sambalnya dirumah. Hihi.... lagian boleh kok sama bu gurunya, :P

Jadi bikin nasi-nya, di skula, tempat-nya gak strategis bgt, masa tempat-nya di perpus (dialihfungsikan sementara jadi tempat masak2) deket WC? Aww... kacau nian, tapi yang lebih parah lagi sebenernya bukan masalah tempatnya, tapi masalahnya, angin diluar saat itu kenceng, lagi musimnya kali ya, jadi bikin api aja gak jadi2... di perpus aja gak jadi, apalagi di halaman sekolah... T_T

Sampe tuh kompor harus diungsikan ke tempat lain, kemana lagi kalo bukan di deket kantin skula. Lumayan, teduh tempatnya, gak kenceng jg angin-nya, cz beda arah mata angin, :D Untungnya, anak si ibu kantin ikut kelompok kita, jadi terselamatkanlah semuaaa....^^

Bagian rajang2 bahan di kelas, ada yang misahin taoge dari kepalanya, trus, ada yang rajang2 tahu jadi kotak2, plus rajang2 juga bawang + cabe.. Ini sungguh penyiksaan! Cz yang paling menyebalkan sebenernyaa, bagian misahin kepala taoge itu, lama bgt  sekitar 15 menitan baru dapet ¼ kg... :D (Eh, itu termasuk banyak kali yaaa... hehe...Abis kerjanya juga keroyokan siih...), trus, pas sesi kupas dan potong bawang merah, merah nian mata iniii...gak kuat pedes-nya, berair deh..T_T (untung gak ada sesi motong jari tangan jg ya? Kayak di kisah nabi yusuf... Eleuuh, Saking terseponanya...;)) untung masih inget kalo yang dipotong tuh sayur mayur lauk-nya. Haha...)

Sesi masak-memasak itu baru sekelumit cerita, cz ternyata, di SMP, mapel yang sama, juga ada.. gak jauh bedaaa... cuman kali ini, bedanya, kita pas kelas 1 SMP, diajarin bukan masak makanan, tapi seni makan di meja makan.

Jadi di buku Tata Boga SMP yang covernya seingetku, beraneka macam masakan (e.g. nasi tumpeng dan saudara2nya...), diajarin gimana meletakkan sendok+garpu+pisau (yang jelas, sendok dan pisau-nya gak cuma satu macemm, tapi hampir berpuluh macem, sampe bingung mbedain pisau yang  buat motong buah itu yang mana, yang buat motong daging mana, buat motong roti itu yang mane? :P ), piring dan peralatan dapur lain juga gt... (ada yang mangkuk khusus untuk sayur, piring untuk menyajikan ikan, untuk dessert, atau untuk yang lain, lupa apa aja...).

Ehhm... soal penataan dan kegunaan gelas jugaa... (buat es cream, buat kopi, buat minuman dingin? Gelas piala buat apa ya? :D... dsb..dsb...)  , bahkaaann... serbet makann juga diatur penataannya! Dekat piring ada, buat habis cuci tangan ada, buat diletakkan di leher juga adaa... (heh? Emang kayak adek bayi apa ya? Makan pake ada serbet dileher segala??), buat ditaruh di paha juga ada... (biar makanannya gak ngotorin baju kali ya? ;D)

Hayaaahh.. Apa setiap kali ingin makan pun harus diatur kayak Putri Keraton ya?? Bingunggg saya.... T_T  Hoho.. lebih bingung lagi, sebenernya, kalo semua itu diterapkan dlm keseharian. So...berapa lusin nih perkakas dapur yang bakal dipakai dan harus dicuci tiap kali makan ya? (^^;)v

Juga di mapel Tata Boga itu, diajarkan pula bagaimana memilah bahan makanan yang baik dan benar serta halal! semisal, daging (ada banyak macamnya, e.g. ayam, bebek, kambing, sapi, dsb) yang baik itu seperti apa, ada ciri2nya... biasanya kalo daging  yang baik itu, yang warnanya merah muda... (bener tak ya? :D), ciri lainnya lupa2 dikit... ^^v

Trus, buah dan sayuran yang baik dikonsumsi juga, jadi... ada cirinya, bisa diterka dari luar.. Hmmm, ternyata hal seperti ini perlu lho, cz kalo gak, bisa saja kita keracunan makanan karena gak tau milih bahan yang baik itu seperti apa, misalnya, ikan yang baik dikonsumsi itu, yang segar, matanya bening, sisiknya gimana, dsb, trus... buah juga, kalau misalnya kayak singkong, ada yang bolang2 warna kebiru2an, itu artinya ada zat yang gak baik dikonsumsi tubuh. Jadi gak baik untuk dimakan.

Hmm... ternyata kalo diinget2, hampir semua bahasan di mapel Tata Boga pas kelas 1 SMP  itu, sekarang pas kuliah , diterapin dong... gimana nggak, klo di Pesma Basmala (Pesantren Mahasiswa) kan masak sendiri, jadi ya harus pinter2 milih bahan juga dong. So, satu bekal lagi bertambah, yap blajar masak! ^^

Sekarang, adalagi yang lain, sesi ketrampilan-nya pak Wintolo, guru kesenian sekaligus wali kelasku pas SMp kelas 1 dulu, ada pelajaran ini.... saat pak Win berucap... “Menisik adalaaahh...” sambil mengayun2kan kapur putih ke papan, seakan sedang membaca mantra paling ajaib seumur hidupnya.. :D

Hei kawan, tau gak, artinya menisik? Ada bedanya antara menisik dengan teknik jelujur, rantai, dsb...Banyak tekniknya, dan kini pun, saya sudah lupa apa saja nama2 teknik menjahit itu (kalo saya lebih suka menyebutnya teknik menjahit.... lha wong emang buat jahit pakaian kok... :D) Sayangnya, saya cuma praktekin teknik2 ini kalo pas baju ada yang robek dan gak sempet ke tukang jahit. Jadi ilmunya belum terealisasi dgn baik... Maybe perlu belajar lagi ya... ^^ (Catet Laaa, cateettt!!)

Lain level, lain pula guru, dan teknik yang diajarkan, kalo bu Triatin, guru seni dan sekaligus guru Tata Boga-ku juga pas kelas 2 SMP, masakan yang diajarkan lebih ke makanan kering, dan kue2... jadi kue tart, black forest, kue kering untuk lebaran semisal nastar, putri salju, dsb.


Jadiii... gak ribeutt lagi dengan tata cara makan yang baik ala Putri Keraton. :D Dan bisa diterapkan di waktu2 istimewa.. heuheuheuu... kayak pas lebaran idul Fitri, kan gak perlu beli kue2 yang harganya melangit! Mending beli bahan dasar aja, trus bikin sendiri deh, nah, itu baru bagus! Ngirit ongkos! Hohoo... :D

Soal kesenian, pernah diajarin pas kelas 2 itu, bu Triatin Herawati (wali kelasku juga...:D) nyuruh anak2 didiknya bikin kerajinan tangan pake apa aja terserah, mau pake teknik pahat untuk bahan kayu (boleh kayu jati, meranti, atau kayu mahoni) , atau pake bahan gips juga boleh..

Nah, itu dia masalahnyaaa... mana ada anak cewek yang biasa dan bisa pegang Tatah (ngerti kan apa itu tatah? Buat mbentuk kayu itu loh... ) buat mbentuk kayu jati yang panjangnya gak lebih dari 25 centi itu, biar bisa jadi seni ukir yang indah??

Asli niatnya mau bikin gambar face-nya Si Bobo, cuman gak jadi, cz terlalu ribet, akhirnya, jatuhlah putusan buat bikin gambar bunga aja... Eleuuh eleuuuh, ternyata oh ternyataaa... anak2 tuh, pada gak bikin sendiriii! (Idiih, curang ih, pada dibikinin tukang .. ya iyalah jadinya bgus gt.. :P) Ada sih yang bikin sendiri, tapi biasanya hasil yang bagus itu, yang buat tuh cowok.. Hehehe.... (Nah, ini baru sesuai kodrat! :P)

Kalo bikinanku, berantakan.. Haha, soalnya, natahnya aja sampe berminggu2, tapi hasilnya tetep aja gt, tatahnya kan berat, biar kayunya diketok dan keukir bgs, perlu sampe ke detail2nya juga, trus buat menghaluskan , ada tatah lain yang lebih tajam dan biasanya ada nomor serinya juga... Lha, saya cuman beli satu doangg... Yang tatahnya ukuran sedang, jadi hasilnya acak kadut gt. :D Maklumlah... anak cewek, jadi gak bisa pake tatah itu wajar toh? :P Habis hasil ukirannya selesai, dipelitur (bener gak nih istilahnya??) juga, ini bikin sendiri, jadi warnanya... hehe... coklat agak kehitaman... (yah, masih lumayan laaah... daripada iteng ;))

Trakhir kali, kayu itu yang diblakangnya dipake buat kasih nama sama kelas, malah pas awal kuliah buat media kerajinan lain, buat bikin kerajian dari bahan dasar bubur kertas, seingetku, dibikin gambar mickey mouse deh... Ada tulisan HIMATIKA UNNES 2005 juga. Dulu semua barang2 kerajinan temen2 pas OKKA (Orientasi Kehidupan Kampus), ditaruh di sekret HIMA, tapi gak tau skrg, maybe dah menghilang atau malah terbuang seiring berjalannya waktu... T_T

Upst! Back to the topic ya, dari semua keahlian tadi, ya milih bahan makanan, masak2an, sampai penataan tempat makan, (sebenernya ada juga seni penataan dapur yang baik dan benar sesuai kaidah yang tepat, cuma lupa apa aja... :D) , dan seni menjahit (ini mah yang diajarin kan yang manual,pengen euy pake yang mesin, cuma pernah tuh, akhirnya malah jarumnya patah2 mulu. padahal satu jarum itu setau saya, mahal harganya), sebenernya masih banyak lagi yang lain yang perlu seorang perempuan wajib  bisa (kalo menurut saya sih semua yang diatas itu wajiiiibb exp. natah kayu kali yaaa, :D ), itu bekal, paling nggak dalam kehidupan ber-mahasiswa, belajar jadi nyonya rumah-lah, :D Cuman gak tega aja sih kalo harus nyiapin semua perkakas yang bejibun gt, hanya demi sebuah acara makan, kecuali kalo itu penting2 bgt sih gpp... ^^

OKe, See YoU  ya... Lain waktu iLa juga masih pengen belajar seni masak-memasak, cuman ada yang mau ngajarin gak nih? Hihi.. ^^ Secara, paling males kalo disuruh baca koran NOVA buat nyari resep2 masakan yang kayaknya variasinya itu2 aja.. :P , atau nodongin Tv  pagi2  pas Weekend buat mantengin si Koki Ganteng Bara Patiradjawane itu bikin kue2 yang nyummyyyy..:D  Hehe.. abis, si Koki suka pake bahan masakan yang aneh, dan susah dicari, kecuali musti pergi ke Mall dl baru dapet tuh bahan. Aduuw, gak deh kalo gt ya,  mending yang simpel bahannya dan ‘mak nyuus’ kalo dibikin masakan. So, ada yang punya resep masakan yang asyiik gak? Mauuu doong... ^^  Hoya, maaf yaaa... kalo tulisannya ngalar kemana2... :D Gak sengaja je.... :P


Kamar Biruku,  5 Februari ’09, 22:51,
Cuman lagi pengen review ulang pikiran ini aja..:D Uhhmm....Laper pulaa, pengen martabak maniiis..^^
~Menjadi perempuan itu mutlak kodratiku, tapi menjadi yang tangguh, itu butuh perjuangan! Smangat, La! ^^~

fototable manner-nya diambil disini, dan kuenya disini

tulisan diposting ulang dari blog mutiply lamaku